Proses Pembuatan Batu Bata Tradisional

0 3165

proses membuat batu bata tradisional - Alhamdulillah bisa mendokumentasikan sebuah proses membuat batu bata tradisional yang dilakukan oleh Om saya di samping rumah saya sendiri. Saya dokumentasikan beberapa tahapan dimana pada awalnya batu bata dibuat tatanan tertentu yang memungkinkan batubata yang dari tanah itu bisa menjadi batu bata merah beneran. Penataan itu sangat penting, kalau saja tidak pas, panasnya bisa tidak merata yang berefek batu batanya tidak matang atau sampai berwarna merah.

Tahapan proses membuat batu bata tradisional

Tahap pertama

Batu bata mentah di tata sedemikian rupa sehingga ada konstruksi area yang digunakan memasukan bara api, area batas area tepi, dan area tengah yang menjadi fokus kerja api menyulap batu bata mentah hitam menjadi batu bara merah yang bisa digunakan buat membangun rumah kita. Gambar tahap pertama detailnya bisa seperti di bawah ini:

Tahapan awal proses membuat batu bata secara tradisional gambar

Tahap 1: Menata batu bata mentah

Tahap ke Dua

Setelah ditata, fokusnya adalah menyiapkan bara melalui tungku area samping konstruksi pembakaran batu bara tradisional.

Area memasukan bara pembakar alias tungku gambar

Tahap 2: Tungku Pembakaran dari samping

Tahap ke Tiga

Kalau bara sudah siap, maka area tepi dan samping akan di tutup menggunakan sekam alias bekas sisa penggilingan padi. Di buat semacam pembatas, dimasukin ke dalamnya sampai nanti menutupi seluruh konstruksi pembakaran batu bara tradisional.

masukan kulit ari padi ke bagian tepian hingga menutup semua area pembakaran

tahap 3.1: Tutup pakai kulit padi area pembakarannya

menutup sekam padi sampai area atas konstruksi pembakaran batu bata

Tahap 3.2: Nantinya sekam sampai area atas

Tahap ke empat

dinding tepian proses membuat batu bata secara tradisional

Tahap 4: Di tutup sampai menyelubungi seluruh ruang pembakaran

proses membuat batu bata tradisional di sesi akhir

Ya, tahapan-tahapan bagaimana membuat batubata secara tradisional ditutup sampai demikian. Intinya, pada proses selanjutnya,tugasnya adalah menambah kulit padi melalui area atas begitu sudah terbakar habis. Biasanya proses pembakaran bisa berlangsung selama maksimal satu minggu. Wah coba deh dicek pada gambar 3.2, kalau kita mau taruh singkong diatas situ, he he,, lumayan jadi singkong bakar. he he he

sumber:  proses membuat batu bata tradisional

Suka Artikel ini? Dapatkan Updatenya GRATIS via Email!
author
Aku Geek Psikologi. Trainer. Pembicara Publik. Passionku sekarang utak atik wordpress dan Jualan Melalui Internet. Pastikan Like Fanspage Kami ya di Fanspage Anjrah University agar bisa terus dapat info terbarunya. Makasih.
No Response

Leave a reply "Proses Pembuatan Batu Bata Tradisional"