Select Page

broker kos-kosan mulai menjalankan operasinya |anjrahuniversity.com | Seperti pagi tadi, aku lagi sarapan disalah satu warung di jalan sirojudin tembalang, tampak sedang ada negoisasi antara seorang broker kos kosan dengan orang tua mahasiswa baru. Kog tau? ya senior gini lihat mahasiswa culun gitu pasti paham, tu anak masih baru masuk tembalang.

 

broker kos kosan ajang bisnis baru bak pisau bermata dua

Broker kos kosan memang bak pisau bermata dua. bagaimana tidak, disatu sisi keberadaan mereka cukup memudahkan. Terutama bagi wali mahasiswa yang belum mengetahui area semarang terutama area undip. Para broker kos-kosan memiliki serangkaian informasi list kos kosan yang masih kosong. List kos kosan yang ada didalam jaringan dirinya jelasnya.

Mengapa saya katakan broker kos-kosan bak pisau bermata dua?

  1. Kualitas broker kos kosan belum teruji validitasnya. Mengingat mereka juga sebenarnya ilegal. Belum ada wadah resmi yang mewadahi mereka sehingga peluang penipuan, kualitas menunjukkan kos kosan yang bermutu baik atau ndaknya patut dipertanyakan. Meski, saya juga paham ada banyak broker yang jujur. Namun, seterusnya, “siapa yang jamin?”.
  2. Ya sebagaimana tadi diawal saya katakan, disatu sisi tetap membantu juga. Saranku sih, mending percayakan pada broker-broker yang jelas-jelas mengenal mahasiswa. Melalui stand stand rohis yang biasanya dibuka pada saat daftar ulang.
  3. Ada peluang penipuan juga sih. Bagaimana tidak, untuk DP biasanya broker akan meminta si calon penghuni kos. Maka berhati-hatilah saat sudah dimintai mentrasfer.

Solusi amannya bagaimana bersikap ke broker kos kosan?

  1. Pastikan survei. Survei lokasi yang ditawarkan, cek benar benar kelengkapannya. Termasuk masalah pengairan, kenalan sama yang punya kos kosan langsung.
  2. NIlai lingkungannya save nggak. Save dalam hal kemungkinan perilaku anaknya jadi baik atau nggak, campur lawan jenis nggak, ada bapak kos yang nunggu/ sekedar ada petugas yang nunggu, serta potensi keamanan lainnya.
  3. Mencari rekomendasi kos dari mahasiswa yang memang amanah. Saya rekomendasikan menghubungi siswa-siswa yang gerak dikerohanian islam [khususnya yang pengen mahasiswa-mahasiswanya insyallah mendapat iklim islami dan selamat]. Bisa di stand Insani Undip, atau Stand Kerohanian islam yang biasanya buka saat daftar ulang. Misal yang nasrani, juga coba hubungi ke stand kerohanian kristen.
  4. meminta rekomendasi saudara yang ada di semarang. beberapa lokasi memang murah, namun secara keamanan tidak bagus.
  5. Kalau anak baru, bisa ngekos dulu satu tahun di kos kosan resmi milik undip

Ya apa yang sudah saya sharekan disini, emmang tidak 100 % bisa memberikan solusi. Hanya saja, kami berusaha menyampaikan agar berhati-hati dan agar jeli memilih broker kos kosan. Malah saran kami, mending langsung cari sendiri kos kosannya tanpa melalui broker yang jelas mereka akan meminta uang jasa tersendiri kepada anda. TErima kasih, semoga bermanfaat.