Select Page

Dulu, saat mau online saja rasanya setengah mati. Nggak semua penyedia internet memberikan visi layanan yang cepat. Jadi musti bener-bener selektif buat menaruh harapan ber online ria. Sekarang Alhamdulillah dah lebih mudah. Modem ada, laptop ada, wi Fi sudah dimana-mana jadi sangat sering online.

Dulu, sampe di bela-belain sampe sumurboto (posisi kost saya di margoyoso 13 Tembalang) sekedar mendapatkan koneksi yang lebih cepat. Walah, kadang sudah sampai sumurboto, kabinnya sudah penuh. Ya Allah, akhirnya asal mampir ke warnet ujung-ujungnya dongkol bahkan ketularan virus flashdisknya.

Hanya setelah aku renung-renungkan. Justru dengan banyak kemudahan begini, aku kurang konsisten dengan visi yang sudah dulu dicanangkan. Visi saat sudah bisa lebih mudah onlinenya adalah bagaimana bisa mencari tambahan penghasilan, tambahan ilmu, dari dunia online. Weh lah sekarang malah kurang terjaga visinya.

Untung aku kemudian ketemu komunitas positif yang bisa cerdas menggunakan internet. Mereka menghasilkan banyak uang dari internet. Sampai akhirnya aku memulai ide dari berbisnis lewat internet. Proyek pertamaku itu mengerjakan yarobbi.com. Ilmunya otodidak, makanya sampai pernah suatu hari aku salah delete, eh berefek webnya menjadi hang berwarna putih semata.

Ya nggak papa. Setiap kesuksesan ada harga yang dibayar. Kepanikan, rasa stress, sedikit putus asa menjadi semacam learning succes buat saya. Alhamdulillah sekarang web Yarobbi.com sudah lebih stabil pengunjungnya. Insyallah juga kemanfaatannya lebih luas.

So, sekarang visinya saat sudah sering online adalah bagaimana menggunakan resourches online yang ada demi berkarya bagi dunia dan islam. Ambil visi ketika online gak sekedar buang pulsa, namun demi mendapatkan banyak kebahagiaan dalam hidup.