Tujuan membuat Blog sebagai visi awal perjuangan

Tujuan membuat Blog – Awal pagi ini ada pertanyaan dari salah satu relasi saya perihal keinginan beliaunya mau membuat blog. Dia bertanya mengenai Tujuan membuat Blog, “kalau saya mau membuat blog, bagusnya pakai apa?”. Wah ini pertanyaan sulit sebenarnya kalau dihadapkan kepada saya. La bagaimana tidak, ni pertanyaan sama halnya dengan ungkapan, “saya pengen jalan-jalan, menurutmu, mau jalan-jalan kemana?”.

Sebab, setauku mambuat blog akan spesifik kekhasannya seusai dengan tujuan yang di inginkan si pembuatnya. Ya sih masih ada yang pada awal Tujuan membuat Blog nya belum jelas, akan tetapi ditengah jalan dapat insight dan membuat web blognya makin keren setelah dapat ide ditengah jalan, namun yang bagus ya memang yang sudah sejak awal di pikirkan tujuannya mau buat apa.

Tujuan membuat Blog JUst For Fun

Katakanlah anda membuat web blog dalam rangka, blog for fun. Bisa jadi anda sekalian membuat dari blog gratisan dulu yang berekstensi blogspot.com atau wordpress saja. Atau bisa juga menginduk diportal-portal besar seperti detik dan web-web lain yang memberikan kemudahan bagi para visitonya membuat web. La google aja memberi kesempatan kita dengan blognya. Ada fasilitas khusus membuat web langsung menginduk ke gooogle [bukan blogspot] yang bisa kita buka setelah kita login pada akun-akun google kita.

Namun dari yang sekedar just for fun, banyak yang berkembang menjadi blog bisnis. Sebab, kadang banyak yang di fun-kan itu memang berpotensi memberikan pemasukan. Misal fun-nya ngeblog bikin tulisan mengenai taman, dari taman atau ide yang dituangkan itu bisa dikembangkan menjadi konsultan taman atau jadi designer taman atau menjual pernak pernik taman. Padahal awalnya sekedar just for fun, sharing masalah taman.

Ada yang Tujuan membuat Blog sudah spesifik sejak awal

Misalnya Tujuan membuat Blog ingin membuat blog bertemakan bisnis, so dia juga sudah tahu benar, bisnis yang mau dionlinekan yang mana dan kayak apa? atau bisnis online yang dia mau pilih yang seperti apa?

  • Realnya mau bisnis affiliate amazon: saranku pakai a store amazonnya aja langsung atau blogspot aja. Blogspot hari gene sudah terintegrasi sama layanan amazon dot com. Misal mau coba manusla self host pakai wordpress yang di plus Wp robot juga bisa, makin mantap sekali.
  • Bisnis adsense: sepertinya yang terbaik tetap pakai akun blogspot namun dibelikan pakai sistem custom domain sendiri.  Misal mau cepet dan banyak trik-trik gilanya, cobalah pakai wordpress sistem self host, dan silakan mainkan scriptnya. Sebab wordpress cenderung lebih mudah diotak atij ‘tune up’ mesinnya daripada sediaan blog dari blogger.com.
  • Tujuan membuat Blog mau murni jualan online: bisa pakai jasa web toko online. Atau kalau mau creatif bisa menggunakan wordpress biasa, nanti dibelikan theme yang tepat. Pakai blogger juga bisa, perkara ya tadi, kalau pakai wordpress self host, kitalah pemilik 100 % databasenya. Kalau custom domain pakai blogger.com/ blogspot, data kita sudah pasrah 100% ke penyedia layanannya.
  • Tidak harus selalunya menggunakan web blog, sekarang sudah banyak yang page page fb/ akun fb itu sendiri buat berjualan online.
  • Atau Tujuan membuat Blog memang ke arah personal branding. Artinya, anda sudah cukup terkenal atau pengen terkenal melalui blog, bisa dengan membuat nama blog dengan namaanda.com. lalu anda isi blog itu dengan segala kemampuan yang ada bisa. Lalu trust Yuor luck aja, order bakal mengalir.

Ya begitulah, silakan memilih apa tujuannya, baru setelah clear Tujuan bikin Blog maka akan tertata sendiri langkah kerja dan sistematisasinya pembuatan web itu sendiri.

So, yang terbaik mulailah dari saat awal, tentukan Tujuan membuat Blognya. Tentukan hasil akhirnya dulu sebelum membuatnya / memesan hosting / dan domain juga.

 

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?