Select Page

Tips Menulis Artikel – Bagaimana mencari ide tulisan sering kali menghambat para calon penulis berbakat dalam mengkreasikan artikel yang mau dituliskannya. Apakah sulit? apakah memang susah mencari ide buat artikel kita? Adakah Tips Menulis Artikel yang terspesialisasi kepada tema pencarian bagaimana mencari ide tulisan? Mari sebaiknya kita diskusikan saja.

Kalau kita mau berbusa-busa membahas bagaimana teori agar bisa mendapatkan ide saat menulis, jelas uraiannya akan panjang lebar kali tinggi sama dengan Luas bangunan, eh lah kog malah ngelantur ke sono? he he,, Bagaimana lagi, namanya juga teori, konsep pikir ringkas yang memang dibuat agar si pembaca mengakui bahwa si pembuat teori itu terkesan intelek ataupun pintar. Padahal aslinya, bagaimana teori itu dibuat, kitanya kurang tau. Apalagi yang ada dimasa sekarang ini dimana orang bikin jurnal ilmiah, skripsi, thesis, bahkan disertasi bisa beli dimana-mana. Ih, udah ah,, kog malah bahas ginian??

Tips Menulis Artikel : Bagaimana  mencari ide terbaik buat menulis?

Kalau saya, Cara mencarinya, biasanya hanya dengan melihat apa-apa yang ada disekitar kita. Gampangnya, kita lihat diakuarium ada kura-kura. Oke, kita bertemu dengan kata kunci kura-kura, so, bagaimana agar bisa menjadi tulisan yang bagus? Yuk kita coba oprek ke beberapa pertanyaan dibawah ini:

  1. Kura-kura kayak apasih? sama kah dia dengan enthok?
  2. Susah nggak kalau kita mau piara kura-kura?
  3. Tempat-tempat yang rekomended buat beli kura-kura?
  4. kura-kura itu beranak apa bertelor sih?
  5. Kenapa punggung kura-kura banyak yang berwarna hijau dan keras gitu?
  6. Doyan nggak kura-kura kita kasih makan nasi?
  7. Kuliner kura-kura biasanya dikasih bumbu apa?
  8. Bisa nggak kura-kura ini sebesar rumah, kalau ada, mau diapain?
  9. dibikin cerpen, legenda kura-kura dan pria ganteng bernama “saya”, dll

Tips Menulis Artikel agar tulisan nggak tersendat-sendat

Banyak kan yang bisa dibahasa dari satu tema kura-kura. Mulai dari bahasan bagaimana mendeskripsikan kura-kura itu apa sampai kemungkinan dibuat cerpen maupun puisi berbahasan kura-kura. Lalu apa yang masih suka menghambat kita dalam menulis? Kalau hasil renungan yang kemudian dinasehatkan oleh penulis besar indonesia mr. Fauzil Adhim adalah karena “keinginan kita supaya tulisan kita dianggap baik, keren, bagus, saat nantinya di baca oleh orang lain”.

Nah karena spirit yang salah itu, kita jadinya ragu-ragu, nulis dikit dihapus, takut pakai kata-kata, dan nggak menulis-menulis. So, coba kalau visinya, saya menulis buat berdakwah, buat belajar, sarana sharing, berbagi, kan enak aja, mengalir,,, ya macem pas kamu bikin diary atau pas nulis keselnya kamu sama seseorang dibuku catatan harianmu. Kog bisa ya, mengalir begitu. Wakakaka,,

Nah semoga, Tips Menulis Artikel kali ini bisa bermanfaat buatmu dan menginspirasi pencarian ide tulisanmu. Makasih đŸ˜€