Tipe-Tipe Kepribadian menurut Teori Wu Xing| INSPIRASI PAGI

Tipe Kepribadian Wu Xing – Pagi ini materi kuliah bekam sinergi mastery di yarobbi.com membahas teori lima unsur atau yang biasa dikenal dengan teori Wu Xing. Sebuah teori dasar yang luar biasa lengkap khazanahnya keilmuannya ketika diaplikasikan dalam kehidpan sehari-hari. Mulai dari bidang kesehatan, perhitungan waktu yang tepat bagi para petani, ilmu pelayaran, bidang pemahaman fengshui rumah, sampai pembahasan tipe-tipe kepribadian. Wu Xing bisa memberikan panduan  yang bisa kita pertimbangkan. Spesifiknya pada kesempatan kali ini kita bahas yang berkaitan dengan kepribadian, semoga bisa menjadi inspirasi pagi yang bermanfaat bagi kita semua.

Sebelum jauh melangkah, ada baiknya kita pahami dulu diagram Wu Xingnya. Orang cina masa lalu menyusunnya berdasarkan tafakur alam yang penuh dengan ketekunan selama ribuan tahun. Berdasarkan tafakur itu mereka menyimpulkan bahwa alam semesta terdiri atas lima unsur pokok yakni kayu, api, tanah, logam, dan air.  Kajian literatur ada yang memulai dari api atau kayu sebagai permulaan. Lebih lengkapnya perhatikan gambar:

Tipe Kepribadian Wu Xing menghubungkan lima unsur dialam dengan manusia

Pada literatur diterangkan bahwa manusia juga memiliki kemiripan dengan sifat-sifat dasar unsur-unsur alam. Misalkan kita mau memperhatikan, ada saudara kita yang orangnya berkembang bebas, bersifat mengekspansi, dan aktif seperti kayu yang dia selalu tumbuh, berkembang. Ya seperti kayu, kalau sedang tumbuh malah terhadang sesuatu dia akan meliuk bagaimana caranya terus mencari jalan agar terus naik ke atas. Begitu pula sifat akarnya, sering kita jumpai akar kayu bisa menyelinap bahkan pada area-area yang tidak logis dalam alam pikir kita.

Secara detail mari kita cermati Tipe Kepribadian Wu Xing lainnya:

WuXingFigurePersonalityNeedsMust avoidWuXing
Fire (Api)MagicianCompassionate, intuitive, communicative, likes pleasure, looks for excitement, loves being in love, gets bored easilyContinual stimulationHeatFire
Earth (tanah)DiplomaticModerate, loyal, harmonious, loves being sociable, pays attention to details, loves company, can be stubbornTo feel usefulDampnessEarth
Metal (logam)
PhilosopherImaginative, honest, intelligent, seeks knowledge, original, difficult, independent, can be reservedTo be rightColdMetal
Water (Air)CatalystOrganised, loves to control, precise, loves order and cleanliness, appreciates qualityTo be protectiveDrynessWater
Wood (Kayu)PioneerExpansive, resolute, active, practical, loves to be busy, can be dominatingTo winWindWood

Manfaat pengenalan Tipe Kepribadian Wu Xing dalam organisasi dan hubungan interpersonal

Misal kita menemukan seseorang yang lebih suka menjadi folower, menjadi pengikut, lebih suka diatur, sangat menghargai kualitas dari apa yang dilakukan atau dikerjakan, dia juga suka hal-hal yang teliti, maka kita bisa pahami bahwa dirinya adalah tipikal water (Air). Maka sikap kita sebagai teman atau pemimpin hendaknya bisa menempatkan dirinya sebagai orang yang tidak berposisi sebagai pengambil kebijakan atau pemimpin. Tempatkan dirinya sebagai support sistem para pemimpin. Insyallah tipikal water memberikan kinerja yang terbaik mensupport apa yang dikerjakan pemimpin atau jobdesk-jobdesknya.

Imbal baliknya, agar si Water bisa bekerja secara optimal, kita harus perhatikan neednya. Tipikal water membutuhkan perlindungan (tobe protective). Tentu saja makna perlindungan selalunya berarti harus dibuatkan sel khusus sebagai tempat berlindung, namun perlindungan juga bisa diartikan sebagai suatu ‘garansi/perlindungan’ yang proporsional dari atasan. Misal, “Teman (nama teman kita), saya minta tolong selesaikan job job ini. Nanti kalau mau tanya lebih detail, silakan kontak langsung ke saya, ini nomor hp saya“.

Meresapi Tipe Kepribadian Wu Xing

Ungkapan yang saya kasih penebalan secara tersirat jelas-jelas memberikan suatu nuansa garansi/perlindungan bahwa ketika dirinya mengalami kesulitan, ada orang yang siap mendukung atau memberinya bantuan. Secara langsung juga dapat dikatakan sebagai tipikal kayu jangan sampai merasa dryness. Kasih support, kasih dukungan, “Wah yang sudah kamu lakukan benar”, “Sudah tepat. Sebab,Tipikal water tidak tipikal logam yang bisa di tinggal sendiri dalam melakukan banyak hal.

Oke, semoga pembahasan sederhana mengenai tipe-tipe kepribadian berdasarkan teori Wu Xing bisa menginspirasi pagi anda. Anda jadi lebih bisa memahami diri sendiri, orang disekitar anda, sampai dalam tataran manajemen organisasi juga lebih baik. Semangat belajar selalu!

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.