terapi suportif pada pasien kanker dengan obat herbal THL

::MAXIMAS::: Berikut gambaran membuat penelitian tentang kanker menggunakan herbal oleh A. HARRYANTO REKSODIPUTRO, ASRUL HARSAL, BUDIANTO KOMARI, Efek obat herbal terhadap respons imun pasien kanker nasofaring (KNF) dengan cara mengukur persentase sitokin intraselular (IFN-γ dan TNF-α) sebelum dan sesudah pemberian THL. Juga untuk memperkenalkan metode pemeriksan sitokin intra sel sebagai alternatif lain dalam penilaian respons imun pasien.

Metodenya melibatkan 15 pasien KNF selama empat minggu

Sebanyak 15 pasien KNF diikutsertakan secara konsekutif dalam penelitian ini dan menerima obat Tien Hsien Liquid (THL) sebanyak empat kali sehari selama empat minggu. Sebelum dan sesudah pemberian THL, dilakukan pengambilan darah sebanyak 10 mL untuk pengukuran kadar sitokin intraselular TNF-α dan IFN-γ, baik secara spontan maupun setelah perangsangan phytohemagglutinin (PHA) dengan menggunakan flowcytometric assay.

Hasilnya, THL dapat memodulasi respons imun selular dengan meningkatkan sitokin intraselular (IFN-γ dan TNF-α) dalam CD8+

Kedua jenis sitokin (TNF-α dan IFN-γ) baik sebelum maupun setelah perangsangan PHA mengalami kenaikan setelah pemberian THL. Persentase kenaikan IFN-γ dan TNF-α sebelum perangsangan PHA adalah 4.62+1.39 dan 4.89+1.39; sedangkan persentase kenaikan setelah perangsangan PHA adalah 3.98+1.29 and 1.65+3.82.

Pada laporan ini juga diperlihatkan bahwa pemeriksaan sitokin intra sel dapat dilakukan di laboratorium kami sebagai alternatif lain penilaian respons imun pasien. Pada pemeriksaan TNF-α and IFN dalam serum, kadar TNF-α and IFN yang diukur diproduksi oleh berbagai sel lain seperti makrofag, sel endotel, dan lain-lain, sedangkan dengan metode pemeriksaan sitokin intraseluler yang dikerjakan dalam laporan ini yang diukur adalah kadar protein yang diproduksi sel CD8.

THL dapat memodulasi respons imun selular dengan meningkatkan sitokin intraselular (IFN-γ dan TNF-α) dalam CD8+. Oleh karena itu, obat herbal ini dapat menjadi agen immunoceutical yang dapat digunakan sebagai terapi suportif pada pasien kanker, terutama pasien kanker nasofaring (KNF). Materi detailnya bisa dibaca di indonesianjournalofcancer.org.

Topik Diskusi:

obat thl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.