Resep Puding Kacang Hijau

Resep Puding Kacang Hijau | anjrahuniversity.com|  Semua sudah mengenal Puding juga  resepnya. Biasa  kita menemukan aneka jenis  yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang pada hidangan penutup. Padahal sebenarnya puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang bukan jenis makanan penutup aja. Maka kita dapati banyak varian resep puding.

Kalau melihat sejarah, Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti “sosis darah”, dari bahasa Latin, botellusyang berarti “sosis kecil”. Istilah pudding digunakan Eropa abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Tidak semua puding rasanya manis, suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi. Di Britania Raya, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Varian resep Puding

Ada Puding dengan Resep Puding Kacang Hijau, Resep Puding Karamel, ada yang berbahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa. Salah satu yang mau kita bahas disini adalah Resep Puding Kacang Hijau dan resep puding karamel .

Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti “sosis darah”, dari bahasa Latin, botellus yang berarti “sosis kecil”. Istilah puddingdigunakan Eropa abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Tidak semua puding rasanya manis, suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi. Di Britania Raya, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Resep Puding Kacang Hijau


Resep Bahan Puding Kacang Hijau

  • 250 gr Kacang hijau, rendam semalam dan kukus hingga empuk
  • 1000 cc santan kental
  • 250 gr gula pasir
  • 150 cc putih telur
  • 2 bungkus agar putih
  • pewarna makanan coklat
  • garam secukupnya

Cara membuat Puding Kacang Hijau

  • Rebus semua baha kecuali kacang hijau hingga mendidih
  • Kocok putih telur hingga mengental
  • Masukkan bahan yang telah direbus kedalam kocokan putih telur
  • Masukkan kacang hijau
  • Siapkan cetakan kemudian basahi dengan air hingga merata
  • Ambil sebagian adonan putih dan masukkan ke loyang sebagai bahan dasar
  • Masukkan sebagian adonan coklat baru sisa adonan putih
  • Terakhir masukkan adonan coklat diatasnya.
  • Dinginkan dalam kulkas
  • Sajikan setelah mengeras.

Ketika Resep Puding Kacang Hijau Siap dihidangkan

Puding biasanya tidak dimakan secara tunggal. Akan tetapi boleh saja sih Resep Puding Kacang Hijau divariasikan dengan bahan tambahan lain seperti ketan hitam atau yang lainnya. Sehingga tidak bosan bagi sesiapa saja yang mau makan puding kacang hijau atau saat mau memakannya, masak juga menu puding lainnya seperti Resep Puding Karamel.

saya yakin, membuat Resep Puding Kacang Hijau  bisa, buat Resep Puding Karamel pasti bisa!

Resep Puding Karamel Spesial

Setelah sukses membuat puding dengan resep puding kacang hijau, lanjutkan ke Resep Puding Karamel. Bahan yang harus disiapkan Resep Puding Karamel antara lain:

 

BAHAN KARAMEL :
150 gram gula pasir
1 sendok teh air jeruk lemon


BAHAN PUDING :

600 ml susu cair
6 butir telur
1 sendok makan tepung maizena
125 gram gula pasir

 

CARA mengaplikasikan Resep Puding Karamel

  1. Buat karamel, gosongkan gula pasir, tuang air jeruk lemon. Aduk rata lalu tuang ke dalam pinggan tahan panas dengan diameter 6 cm. Karamel perlu dipanaskan terbentuk dengan memanaskan gula pada suhu 170°C (338°F). Ketika gula meleleh dan mendekati suhu tertinggiya, molekulnya memecah dan membentuk menjadi cairan lengket berwarna cokelat.
  2. Kocok telur bersama gula hingga lepas dan gula larut. tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan tepung maizena. Aduk rata.
  3. Rendam pinggan di dalam loyang berisi air hangat. Oven selama 1 jam sambil direndam dengan suhu 160 derajat Celsius.
  4. Angkat dan setelah dingin, sajikan.

 

He ehm,, membahas Resep Puding Karamel dan puding kacang hijau membuat ngiler aja nih. Harus belajar lagi lebih semangat agar bisa menguasai varian puding lainnya.

 

1 thought on “Resep Puding Kacang Hijau”

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?