Select Page

Resep Pecel – Kuliner menyehatkan yang sangat mudah dijumpai di mana tempat di area pulau Jawa. Entah aslinya makanan yang kontennya berisi aneka jenis sayuran ini berasal dari mana. Sepanjang pulau jawa saya mencari menu pecel hampir selalu ada. Malah tidak jarang di Semarang saya temukan aneka warung pecel yang bermerek sesuai kota asalnya. Ada Resep Pecel madiun, pecel nganjuk, pecel lamongan, sampai aneka ‘merk’ pecel dengan Resep Pecel masing masing yang tidak menggunakan nama kota seperti pecel bu lastri, pecel barokah, serta yang lainnya.

Siapa yang tidak mengenal pecel?


Resep Pecel secara umum

Memang Resep Pecel yang satu dengan yang lain mempunyai ciri khas masing masing. Kalo secara umum komponen Resep Pecel kan bisa:

  1. Nasi/ Lontong
  2. Bumbu kacang
  3. Sayuran [bayam, kubis, bunga turi, kacang panjang,dll]
  4. Lauk tambahan [bisa bakwan, tahu isi, aneka jenis kerupuk]
  5. Khas Item [pecel semarangan khas dengan mie, rumput krokot, dll]

Kalau di tembalang, kebanyakan pecelnya menggunakan gaya Resep Pecel semarangan. Ada sih beberapa lokasi ber merk pecel jawa timuran, namun kebanyakan adalah pecel gaya semarang. Kebanyakan merknya juga merek-merek lokal seperti pecel mak mus, pecel mbok ju, dan pecel semisalnya.

 

Lalu kaitannya dengan kontes pecel?

Kontes yang saya maksudkan adalah sebuah pertandingan, bisa mulai dari kelas harga sampai peringkat enak. Kontes ini parameternya memang lebih banyak dari pengalaman pribadi uji coba aneka pecel selama lebih dari 6 tahun di Tembalang. Kesimpulannya adalah

  1. Resep Pecel yang enak adalah pecel yang seimbang antar manis dan pedesnya. Rating nomer satu menurutku pecel yang setiap hari mangkal di depan ujung Gang Margoyoso, Jl. Sirojudin, Tembalang. Lokasinya kalau malam dipakai buat kucingan Mas No.
  2. Resep Pecel yang khas ada sensasi kecut-kecutnya. Kecut itu bukan disebabkan saturannya sudah basi, tapi ya kecul dari batang atau rumput krokot yang dimasukan ke dalam pecel. Info aja rumput krokot sangat baik untuk kesehatan jantung. Penjual pecel enak yang pakai krokot hanya ada di ujung Jl. Gondang Raya, Kramas, Tembalang. Dekat pertigaan yang mempertemukan Jl. Gondang Raya dengan Jl. Mulawarman V, Kramas, Tembalang
  3. Warung pecel yang paling murah dan paling lengkap gorengannya. Gorengannya ada timus, mendoan, gembus goreng, pisang goreng, rempelo ati, sukun goreng, tahu isi goreng, tahu bakso goreng, tahu goreng dan tempe goreng biasa hanya ada di penjual pecel yang ada di ujung Jl. Gondang Raya, Kramas, Tembalang. Dekat pertigaan yang mempertemukan Jl. Gondang Raya dengan Jl. Mulawarman V, Kramas, Tembalang
  4. Warung pecel yang pagi-pagi jam 07.00 dah ready, alias dah buka, lumayan enak, dan nasinya tidak terlalu banyak, nominasi yang menduduki adalah pecel yang di dekat MAsjid Kampus undip yang masih dijalan Prof sudharto. Tepatnya dekat dengan mulut Gang Bulusari, tembalang. Detailnya, yang jual bapak-bapak yang warungnya diapit oleh fotocopyan dan penjual bensin. Murah banget dan warungnya komplet dengan soto. Asyiknya disini olahan sayap ayamnya uenak.

 

Pemenang kontes Resep Pecel itu ditembalang

Mungkin itu sih beberapa warung pecel yang memenangkan kontes pecel ditembalang. Aku rekomendasikan deh untuk datang ke situ. Waspada juga sih di tembalang ada penjual pecel yang memang dia tidak mempunyai Soul perpecelan alias Resep Pecel ndak rekomended deh. Mereka adalah penjual yang asal-asalan bikin pecel seperti asal pedes, sayurannya ndak lengkap, ulekan gula jawanya kasar, dan harganya mahal.

Oke, misal ada usulan nominasi untuk kontes Resep Pecel yang lain, kommen di bawah ya. he he, Makasih. Cinta pecel, Oye!