Select Page

::anjrahuniversity.com:: | Growmap Anti Spambot Plugin | Berhari-hari aku mencari plugin antispam yang bagus, sederhana, tidak memakan banyak bandwidht, dan mudah dalam instalasinya. Aku mengunjungi beberapa blog, aku dapati banyak metode yang mereka gunakan untuk menanggulangi pengaruh para spammers di kolom komentar mereka. Jelas yang paling populer menggunakan plugin anti spam CAPTCHA. Plugin CAPTCHA mengharuskan pengunjung yang ingin berkomentar menuliskan gambar yang tampak atau suara yang muncul.

Growmap Anti Spambot Plugin vs anti spam CAPTCHA

Akan tetapi, aku pikir Plugin anti spam jenis CAPTCHA terlalu merepotkan pengunjung. Kadang malahan kita sudah coba mengetik kan CAPTCHA-nya masih belum benar juga sehingga mbikin emosi. Ya sih, aku pikir lebih aman, akan tetapi ya tadi itu cukup merepotkan.

Ada keterangan dari teman-teman blogger, konon plugin captcha itu juga menguras bandwidht kita. Ya meskipun aku belum bisa klarifikasikan kebenarannya, ya sementara aku percaya aja. La dari pada webku bola balik minta ditambah bandwidhtnya padahal pengunjungnya ya biasa-biasa aja, he ehm,, syukurnya sejak aku ganti theme, terus ganti ke Gasp ini, lalu mengurangi gambar-gambar sekarang aman-aman saja, alias tidak kekurangan lagi. Ya alhamdulillah, cuman ya itu tafficnya belum naik naik,, yA Allah,, piye ya,, aku harus bisa, aku harus bisa,, bisa bisa bisa,,,naikan trafic.

Plugin anti spam lain yang terkenal menggunakan metode matematika. Biasanya di dekat menu submit comment muncul tambah-tambahan dengan angka ringan. Bisa sekedar 3 + 3 atau sebagainya. Aku pernah coba sih, namun, aku ingin yang lebih praktis dan sederhana saja. Tujuannya sederhana biar nggak merepotkan visitor dengan perhitungan yang ada. La bagaimana sih, kita mau comment aja suruh mikir lama lama he he, tapi apapun sih pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja, kemampuan membuat contrengan ala GASP diatas, konon sih juga sudah mantap jaya. Mesin-mesin spam bot, belum pada bisa otomatis bikin contrengan gitu.

Anti Spam bawaan asli wordpress juga jangan dilupakan, karena dia itu lumayan bagus kog buat memberikan benteng pertahanan bagi website kita. Apa coba? Ya benar, Akismet. Lumayan lo, beberapa web aku pasang akismet itu lumayan terlindungi dari penspam alat vital viagra gitu. Lagian instalasinya mudah. Ya sih berlepas dari banyak keluhan pengguna Akismet yang mengatakan bahwa akismet kadang memblok juga spider-spider penting yang bermanfaat bagi blog kita. Lah, namanya aja mesin, pasti ada keterbatasannya dong.

Sampai jatuh hatiku pada Plugin anti spam GASP alias kependekan dari  Growmap Anti Spambot Plugin

Plugin anti spam GASP ringkas sekali. Pengunjung yang menghendaki memberikan komentar cukup mencontreng opsi bertuliskan Confirm you are NOT a spammer di kolom yang dekat dengan tombol submit comment. Semudah itu, bagus, dan aku pikir cukup ringkas. pakai Growmap Anti Spambot Plugin, visitor tidak perlu mengulang-ulang mengisi form hitung-hitungan atau tebak huruf seperti plugin anti spam lainnya.

Plugin anti spam Growmap Anti Spambot Plugin mudah di install

Pada praktek instalasi Plugin anti spam GASP juga relatif mudah. Seperti biasa masuk ke bagian plugin dari wpmu, lalu klik adnew. Klik dimenu search di nama GASP. selah itu enter dan lakukan pencarian. setela ketemu tinggal install lalu aktivasi. Nah Tidak terlalu banyak opsi yang harus di isi. Di satu sisi cukup customized akan kata-kata yang mau dituliskan disamping kolom contrengan. kata kata confirm you are not spam boot bisa diganti yang lain. Kesimpulan saya, plugin Growmap Anti Spambot Plugin, patut di coba dan di pasang di blog wordpress anda. Selamat belajar.