Select Page

Ada beberapa pengetahuan basic stronghold crusader yang sebaiknya diketahui oleh sesiapa saja yang mau memainkannya dengan sukses. Ya bagi yang sudah mahir dan terbiasa memainkan, memang pengetahuan basic stronghold crusader ini kurang begitu bermanfaat. Sebab, sudah pasti terbiasa menggunakan dan melakukannya tanpa perlu memikirkannya lagi.

Apa pentingnya mengetahui basic basic stronghold crusader?

Saya mengamati dari adik saya yang step by step memainkan game stronghold crusader namun kog dia masih kebingungan. Owh, aku sadar, bagi yang bener-bener newbie apalagi dulu-dulunya kurang sering bermain game yang model kolosal begini pasti cukup kesulitan membagi konsentrasinya mau melakukan apa dan melakukan apa lagi.

Beberapa basic stronghold crusader yang harus dipahami antara lain:

  1. Game stronghold crusader merupakan game pertempuran. Maka keseimbangan dari segenap elemen menjadi penting. Keseimbangan meliputi berapa jumlah penjaga stok logistik berpusat pada granary (lumbung), sejumlah prajurit pertahanan, sejumlah pekerja (penebang kayu, penambang besi, penambang batu, atau penambang pitch/ minyak), Karwayan yang membuat senjata perang,dan prajurit yang disiagakan untuk menyerang.
  2. Pertahanan terbaik adalah menyerang. Maksudnya, sering kali kita terkecoh untuk membangun pertahanan yang sangat bagus meliputi tembok-tembok yang membumbung tinggi, tower pemanah, sampai membuat saluran air, hanya saja malah lupa membuat man power buat penyerangan itu sendiri. Karena apa, sekuat apa bangunan fisik yang dibuat, kalau saja man powernya kurang dengan beberapa catapult saja bangunan itu akan roboh.  Maka balancenya prajurit dengan pertahanan fisik perlu diseimbangkan.
  3. Makanan dan lumbung [granary] menjadi pusat serangan utama musuh kepada kita, itu juga sebaliknya, granary juga titik lemah dalam peperangan di stronghold crusader. Ketika lumbung terbakar, efeknya pekerja akan berhenti bekerja, banyak karyawan meninggalkan area kerjaannya, dan tentu semangat juang prajurit juga kurang.
  4. Rumah itu berfungsi sebagai penentu jumlah man power yang ada. Kalau rumah kurang, sudah pasti kita akan kekurangan prajurit maupun pekerja. Maka, kalau mau mengurangi skala produksi jumlah pekerja maupun prajurit bisa dengan mudah dengan menghancurkan bangunan rumah yang Ada. Rumah habis, nggak akan bisa produksi banyak man power.
  5. Tiga kelengkapan properti yang sering dilupakan buat mendukung kinerja permainan adalah Stock Field [lapak area tengah untuk menaruh batu, besi, dan hasil tambang yang tidak masuk ke area granary] , Granary [gudang produk makanan], dan Armory [gudang senjata]. Tiga point ini ketika dibuat harus menyesuakan kebutuhan, kalau kebanyakan (kecuali stock field) malah hanya membuang resourches yang ada.
  6. Penting dan agar selalu diperhatikan adalah agar mula-mula dalam  basic stronghold crusader kita tu membangun market. Market sangat dibutuhkan ketika kita butuh apapun dalam permainan, pas awal sangat penting buat barter barang apapun dengan barang yang kita butuhkan.

basic stronghold crusader perlu tahu agar nggak kalah konyol

 Saya pikir basic stronghold crusader sederhananya itu saja. Tujuannya agar jangan sampai pas permainan sudah berjalan, gara-gara kurang memperhatikan basic-basic itu kita jadi kalah dengan konyol. Padahal bisa di lakukan tindakan prefentif sesederhana enam point diatas. Kalau masih ada yang mau nambahi, silakan usulkan kepada kami :D. terima kasih.

Topik Diskusi:

cara mengulangi misi stronghold crusader