Pengertian dokter dalam islam

pengertian dokter (ath-thibb) dalam islam dipahami tidak sekedar sebagai seseorang yang mengerti pengobatan dirumah-rumah sakit saja. Ternyata lebih luar dari itu. Ya maklum, memang khazanah bahasa dalam budaya arab merupakan aset luar biasa.

Beberapa definisi dokter (ath thib)

Secara lebih rinci, kata ath-thibb menurut bahasa Arab dapat dimaknai dengan beberapa pengertian,diantaranya :

  1. Al-Ishlah,perbaikan. Jika kamu katakan “Thabbatuhu”,artinya aku memperbaiki keadaannya.
  2. Al-Luthfu was-siyasah,kelembutan dan pengaturan. Dapat dikatakan kepada… fulan “Annahu thabba bil umuri”,bahwa dia pintar mengurusi segala masalah.
  3. Al-Hidzqu,pintar,pandai. Menurut Al-jauhary,setiap orang yang pintar disebut tabib dikalangan bangsa Arab. Abu Ubaid berkata “makna dasar dari kata ath-thib adalah kepintaran dan kepandaian tetang segala sesuatu. Jika dikatakan, “Thabba wa thabib”,maka memang begitulah artinya,mahir,cakap dan pandai.meskipun belum tentu dia dapat mengobati orang sakit. menurut yang lainnya,seorang disebut thabib karena kepandaian dan kepintarannya.
  4. Al-‘Addah,kebiasaan.Jika dikatakan, “Laisa bi thibby “,artinya itu bukan kebiasaanku.
  5. As-Sihr,sihir. Orang yang terkna sihir disebut “mathbub”,karena mereka menjuluki ath-thibb dengan sihir. Ibnus-Sayyid berkata “kata Ath-Thabb berarti orang yang mengetahui banyak hal.begitu pula ath-thabib” .

 

Ringkasan pengertian dokter menurut islam

Adapun ath-thib menurut makna istilah ialah ilmu untuk mengetahui keadaan badan manusia,dari sisi kesehatannya dan kesehatannya yang berkurang ,agar dapat menjaga kesehatannya dan mengembalikan yang hilang”. ( “Ath-thib Annabawy, Ibnul Qoyyim Al-jauziyah hal 135-137,dikutip oleh Aiman Abdul Fattah di “pengobatan dan penyembuhan menurut wahyu Nabi)

 

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?