Select Page

karier – Karir merupakan sesuatu yang menjadi perbincangan hangat setiap hari. Ya bagaimana tidak dalam pergaulan sosial kalimat “sekarang kamu berkarir dimana” sangat sering diucapkan oleh rekan rekan kita. Ndak temen sekolah SD dulu, kolega, sampai ya calon mertua biasanya menanyakan lima huruf itu. Lah apakah pekerjaan sama dengan karir, apakah relevansinya antara karir dan pekerjaan? lalu adakah pekerjaan atau peluang karier abadi?

karir yang abadi bukan pekerjaan abadi anda

Aku juga kemudian melakukan pencarian apa itu karir, apa itu pekerjaan. Pemaknaan diantara keduanya dan kaitan diantara satu dengan lainnya. Pada ujung pencarianku, aku sementara berpendapat bahwa karir tidaklah sama dengan pekerjaan. Ringkasnya, pekerjaan ‘sekedar’ berkaitan dengan kita mendapatkan kompensasi [uang/ barang / sesuatu yang bernilai lainnya] dari  kontribusi [bisa ide, tenaga, pikiran] yang kita berikan.

Sedangkan karir itu sendiri terkait dengan passion, jalan kehidupan dari perilaku yang kita pilih karena memang kita suka, yang bahkan kita tidak dibayar saat melakukan itu kita tidak kehabisan energi untuk mengerjakan. LUar biasanya, dari yang begini ini manusia malah mendapatkan keberkahan yang melimpah dari sisi kebahagian dihati, ketenangan pikir, sampai harta.

Sekedar bisa disampaikan,, sudah banyak contohnya pemilih karir yang abadi..

macem bill gates. Bill gates sampai keluar dari perusahaan yang telah membesarkan diri dan melambungkan karya karyanya microsoft corporation. Dia tinggalkan pekerjaannya sebagai CEO Microsoft dan sekarang memilih menjadi seorang programmer sofware dirumahnya. Bill gates menyatakan bahwa passionnya di coding program, dan itulah karir yang dia pilih.

Serta masih banyak Bill gates-bill gates yang lain, bisa jadi pekerjaannya sebagai karyawan bank, namun karirnya sebagai photograper.   Pekerjaannya sebagai pemusik, karirnya di bidang modeling. Ya pekerjaan terkait kontribusi, karir terkait passion yang biasanya bermula dari hobby atau kesenangannya.

Aku benar benar  ingin memiliki dan hidup dalam karir yang abadi

Boleh kita suatu hari memiliki pekerjaan ini dan itu, namun karir tetap jalan. Ndak peduli apa saja pekerjaannya, insyallah di masa depan, karir yang abadi benar-benar bisa kita rasakan keberkahannya. Mengapa kita perlu membedakan karir dengan pekerjaan, ya bagaimanapun dalam dunia pekerjaan akan ada kata akhir. Siapapun bekerja, bagi yang pegawai negeri akan pensiun atau dipecat, jangan sampai pas sudah pensiun malah dalam hatinya dia merasa belum melakukan apa-apa bagi hidupnya [kurang mengembangkan sense of karir/ karir itu sendiri]. Bagi karyawan swasta juga kemungkinannya kalau sekarang masih bekerja itu ada dua dia keluar dari pekerjaannya atau dipecat oleh perusahaan tempatnya bekerja.

So, yang terbaik sih, kita bekerja pada karir yang memang pas dengan diri kita sehingga menjadi karir yang abadi. Lalu ingatlah baik baik, lowongan pekerjaan terbaik hari ini adalah lowongan kerja mengisi karir yang pas ke dalam hidup anda. Lamar sekarang juga!

Ya itu semua sekedar pilihan melihat karier dan menyikap peluang karier yang ada.