Select Page

Toko Online menjadi media pilihan para pecinta buku yang ogah repot keluar rumah sekedar membeli buku. Tadinya, mau belanja buku harus jalan kaki, keluar ongkos untuk angkot, atau korban beberapa digit bensin. Yah, sekarang, mudah, cuma buka laptop, pasang koneksi internet, lalu mampir ke google, udah aneka toko online sudah berjejer di di depan mata.

Mau survei-survei harga dulu, Bisa..

Belanja ditempat yang termurah, atau di kota mana juga bisa.

Mau cari varian produk, juga pokoknya bisa.

Internet benar-benar memanjakan para penggunanya.

Keistimewaan Toko Online

Ya seperti saya pagi ini. Mencari buku idaman, survey harga, menentukan beli di toko mana, dan segera kirim pembayaran. Nanti bukunya dua atau tiga hari sudah sampai dirumah.

tapi,, ada tapinya nih.

Ada sejumlah toko online yang aku pikir kurang ramah sama customernya. Di salah satu toko online yang bukunya sangat lengkap, aku sudah memilih beberapa buku yang saya inginkan. Eh giliran mau membayar,ternyata penulisan nomor rekeningnya sudah jadul. Kalau jaman sekarang kan rata-rata jumlah angka rekening itu 10 digit number, la rekening toko online itu masih pakai 8 digit. Karena itu pas aku  menggunakan pakai klik bca , sistemnya menolak dengan muncul penjelasan rekening BCA yang dimasukan salah.

Yah, ilfill jadinya, “Niat cari duit apa ndak ni toko??”

Aku awalnya masih berbesar hati, oke deh, aku buka bagian “contact Us” barangkali ada nomer HP yang bisa dihubungi agar bisa aku SMS. Setelah ku buka, “Busyet Dah, Isinya nomer telepon semua. Lah Mosok suruh telepon, orang belanja cari murah, kalo buat nelepon dulu berapa banyak extra fee yang keluar??”. Ilfiil kuadrat jadinya.

Toko Online beserta adab adabnya

Dari Situ, aku ambil pelajaran yang saya harap bisa memberikan pencerahan, ya buat kita kita aja.

  1. Tidak semua pengunjung itu murah hati mau menelepon telepon kantor toko online kita,bukalah kontak buat SMS. Tulis aja, tanya-tanya SMS ke sini. Kasih warning sekalian “jangan nyepam SMS!”.
  2. Support Online, nek perlu 24 jam. Hari gini kan jaman BB, mosok yo bisa buat toko online yang sofwarenya minim-minimnya 500rbnan dengan koleksi buku yang banyak ndak mampu bikin support YM apa facebook online?
  3. Konsekuen kalo pasang nomer contak di internet. Mosok ditelepon beberapa kali ndak ada yang ngangkat. Bisa dicontoh tuh beberapa toko online yang menampilkan jadwal kapan bisa dihubungi. Nah, aku sengaja cek, mereka pasang jadwa jam 09.00 WIB, lalu aku coba telepon jam 09.09 WIB ternyata bener-bener dah ada yang menerima. Begini nih baru mantap jaya.

Yah, gitu deh pengalaman belanja di toko online pagi ini. Pengalaman yang bisa menjadi pelajaran mengenai pentingnya online support demi kenyamanan pengunjung. Ya minimal ada YM Onlinenya, Kontak SMS, dan variasi nomer kontak telepon yang tersedia. Beberapa juga perlu ada mesin Fax untuk transaksi bisnis yang lebih besar. Ingat pula untuk menulis jadwal kapan online support itu hidup. Sehingga kapan pengunjung datang lagi dah siap siap menunggu anda online. Jia yooo,,,

misal mau beli toko online siap pakai bisa di sini atau secara umum bagaimana cara membuat website bisa juga di baca di sini