Select Page

optimasi theme | Meliora Cogito | Bagi anda yang menyukai CMS wordpress, tentu senang sekali sebab mempunyai banyak referensi template theme yang bisa memperindah penampilan blog atau website anda. Akan tetapi berdasarkan pengalaman, sebenarnya kita tidak perlu gonta ganti theme kalau sekedar mau cari variasi dari tampilan. Kita hanya sedikit memerlukan optimasi theme aja dengan mengedit pada theme editor yang telah tersedia folder stylesheet/ style.css. Langkah optimasi theme nya mudah kog dan saya sarankan menggunakan browser mozilla firefox [artikel ini based on mozilla soalnya] serta satu add on mozilla yang firebug.

 

Optimasi theme berpusat pada dalaman wordpress saja

Optimasi theme sebenarnya juga bisa melalui editor yang ada pada cpanel saudara sekalian. Akan tetapi, itu tidak kita bahas, kali ini kita optimasi theme melalui menu dashboard –> appearance –> editor –> stylesheet/ style.css. Ya coba saja dengan melakukan login wordpress dahulu. Lalu mengikuti petunjuk tanda panah barusan.

Warna bisa dirubah dengan sedikit trik optimasi theme pakai add ons mozilla

Setelah memasuki area theme editor, langkah optimasi theme bisa kita mulai. Misalnya dengan melakukan perubahan warna latar belakang theme. Langkahnya adalah dengan melakukan pencarian, mudahnya bisa dengan menggunakan control key ctrl+F. Menu find akan muncul disebelah kanan atas browser firefox anda. Setelah muncul menunya, masukan disitu background-color. Maka, nanti firefox akan menyorot kalimat kode css yang mengandung tulisan itu. Nah disebelah tulisan background-color biasanya ada kode warna. Misalnya background-color:#000000;, nah kode #000000, artinya hitam. Kode kode warna bisa dicari dengan melakukan googling dengan keyword “kode warna HTML”. Anda pilih salah satu web yang memberikan penjelasan mengenai kode kode warna.

Atau misalnya anda sudah memiliki blog referensi, langkah optimasi theme nya adalah menggunakan tool add on mozila bernama firebug. Cari area menu atas, tools –> add ons –> di kolom pencarian ketik aja firebug. Oya, sama sekalian agar mudah sekalian install add on berbasis colour picker bernama colourzilla atau kalau aku pakai rainbow. Install semuanya, kalau sudah aktif, akan muncul menunya di menu tool atau di area bawah sebelah kiti layar browser mozilla anda.

Trik optimasi theme dengan copas web blog favorite kita

Kalau sudah hidup, datanglah ke web yang ingin anda contek designnya.  Hidupkan firebug anda di pojok kiri bawah, atau klik kanan pada halaman yang mau anda tau cssnya, lalu pilih “inspect element”. Agar memastikan nantinya file css yang anda copi di pilihan menu firebug bisa bekerja di theme anda, samakan dulu theme yang anda pakai dengan theme yang pengen anda tahu cssnya.

Ingat, setiap footer web yang pakai wordpress,insyallah selalu meninggalkan nama theme. Klik aja di nama themenya, biasanya akan diredirect ke source asli themenya. Download, install, gunakan firebug anda mengcopy css di blog yang anda gemari, paste kan di halaman css editor worpress anda. Insyallah hasilnya akan sama. Semoga tips optimasi theme ini bermanfaat bagi anda sekalian. terima kasih.