Select Page

::anjrahuniversity.com:: Ada ayat Allah yang benar-benar bisa dipakai sebagai senjata pamungkas yaitu ketika mengingat Allah hatipun jadi tenang. Ya barangkali memang sudah berasal dari diri terdalam, fitrohnya kita itu mempunyai sesuatu yang bisa digunakan bersandar, mengadu, serta memasrahkan diri. Baik orang yang beriman sampai kafir sekalipun memiliki perasaan terdalam ini.

Mengingat Allah Hatipun Jadi Tenang

Mengingat Allah Hatipun Jadi Tenang

Simaklah manusia paling ingkar di alam dunia, Fir’aun, yang bahkan sudah menyebut dirinya tuhan pada akhir hidupnya ditengah ancaman nyawa terlepas diapun berusaha kembali kepada Allah. Hanya saja, waktunya sudah terlambat serta jalur tulisan takdir Allah atas dirinya menentukan lain.

Contoh lainnya ada pada kalangan musyrikin, pada saat aman-aman saja mereka menyembah tuhan-tuhan selain Allah, hanya saja ketika sudah sampai pada guncangan musibah, mereka mengingat Allah.

Kembalikan segala sesuatu padaNya, jadikan hati lebih tentram

Begitu juga diri kita. Saat ada tantangan hidup, ada musibah, ada bencana, ada sesuatu yang membuat kita khawatir, pilihan sikap kita untuk mengembalikan segala sesuatu padaNya jadikan hati lebih tentram. Maka memang patut sekali kita dapati dalam Al Qur’an, Allah subhanahu wata’ala berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram (QS. 13:28)”.

“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang (QS. 20:130)”.

Sebab mustahil Allah akan mendzalimi hamba-hambaNya. Ia menguji pun sebatas yang Ia pahami bahwa diri kita mampu menjalaninya. Allah pantau terus diri kita dengan kasih sayang yang berupa berbagai limpahan nikmat. So, apapun, kapanpun, ingatlah selalu bahwa mengingat Allah jadikan hati kita tenang.

Selain artikel mengingat Allah, kami rekomendasikan: Apa benar pacaran itu dilarang? dan Cara Menghargai Diri Sendiri