Mengenal Yesus Seri Kapan lahir dan nama bayinya

Mengenal Yesus – Belum lama sepulang laptopku diservis sebab super duper lemot, aku buka-buka bagian program untuk mengecek apakah program-program yang vital sudah di instal semua. Ups, aku nemu ada program instalan yang ‘asing’ bagiku. Maklum, saya seorang muslim sedangkan program yang di instal di laptopku judulnya Al kitab 2.60.  Entah ini ada unsur kesengajaan atau ya mbuh lah, ambil positifnya aja. Lalu aku gunakan aja buat Mengenal Yesus.

Mengenal yesus?

Ya iyalah, Mengenal Yesus. Agama saya (islam) kan juga sebenarnya mengenal nama Yesus yang tidak lain sering dikatakan sebagai Nabi Isa alaihi salam. Sekalipun pada perjalanan kisah Yesusnya antara yang diceritakan dalam islam agak berbeda dengan versi agama nasrani. Nah, mumpung ada al kitab, hayoo coba mengenal kayak gimana sih aslinya Yesus dalam Kitab Suci Al kitab.

 

Pertama, Kapan ya Yesus dilahirkan?

Menurut Lukas 2: 1-2 dikatakan “Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia …. 2:6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan”.  Jadi, berdasar penjelasan ini, Yesus lahir pada tahun 7 Masehi. Sebab, menurut perhitungan sejarah, Kaisar Agustus melakukan sensus pada tahun 7 Masehi.

Menurut Matius 2:1 di katakan “2:1. Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem”.  Sejarah menyatakan bahwa Raja Hedodes hidup di kurun waktu 37 – 4 sebelum masehi. So, artinya kurang lebih berdasarkan penjelasan Matius 2:1 maka Yesus paling lambat lahir di tahun 4 Masehi.

 

ehm, bagi yang sudah Mengenal Yesus, lalu mana diantara penjelasan berikut yang lebih tepat nih?

  1. Yesus lahir di tahun 4 SM (sebelum masehi)?
  2. Yesus lahir pada tahun7 SM?
  3. Apakah mungkin malah ada dua sosok Yesus?
  4. yesus yang dikenal sampai hari ini, Yesus yang lahir tanggal berapa?


Kedua, Nama kecil yesus, eh Siapa Nama yang diberikan oleh Tuhan kepada bayi Yesus?

Aku penasaran Mengenal Yesus, apakah sejak kecil Yesus itu bernama Yesus. Nah, ada dua keterangan nih di alkitab.

Menurut Matius dijelaskan bahwa  “1:23 Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita. 1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya”. Kita tahu dari sini nama bayi yesus adalah Imanuel.

Menurut Lukas 2: 21 dijelaskan “2:21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya “. Ada keterangan lanjutan di Matius  1:25 bahwa “tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus“.

ehm, lalu mana nih yang benar?

  1. Immanuel?
  2. Yesus?

Wah, udah jam 21.05 WIB, udah dulu ah utak atik Alkitabnya. Kapan-kapan bisa dibuka-buka lagi. Semoga melalui artikel “Mengenal Yesus” pembaca lebih mengerti sejarah dan keterangannya dalam Al Kitab yang kita tau sendiri yang konon Al Kitab kan Firman Tuhan yang terjamin ‘kebenarannya’.  Wallahu a’lam.

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?