Select Page

Pernahkah anda merasakan, “kog internetku lemot banget ya?”.  Lalu apa yang anda lakukan? Sebatas mengeluh? atau jangan-jangan hanya perasaan Anda saja yang mengatakan bahwa koneksi internet yang ada kecepatannya sedang melemah? Konkretnya segera saja ukur kecepatan koneksi yang ada dengan menjajal tools gratis bernama speed test.

Katanya sih banyak tools gratis yang memang bisa digunakan, namun pengalamanku, aku biasa menggunakan tools pengukur kecepatan koneksi dari speedtest.net. Caranya bagaimana?

  1. Anda wajib terkoneksi dengan internet.
  2. Akses saja halaman speedtest.net dengan browser Anda
  3. Setelah muncul halaman speedtest.net, di deretan atas ada beberapa menu. Klik saya menu “Your Resutl”. Lalu tunggu hasilnya keluar.
  4. Contoh hasil pengukuran koneksi adalah seperti gambar di bawah ini. Real angka-angkanya ada pada bagian yang saya lingkari merah atau diberi tanda panah merah. Bisa dibaca disitu bahwa kecepatan download saya saat pengukuran adalah 0,17 MB dan kecepatan uploadnya 0,09 MB.

Hasil pengukuran kecepatan koneksi dengan speedtest dari laptopkuSpeedtest memberikan kita kepastian angka kecepatan koneksi internet yang kita gunakan. Sehingga tidak lagi menggunakan ilmu kirologi, alias kiro-kiro saja. Semoga bermanfaat.

baca juga: cara setting wi fi thetering android / wi fi portable