BEKAM SAYAT, Bekam Kering, Bekam Api = Bekam Kombinasi

Bekam Sayat ::anjrahuniversity.com:: Hijamah atau hijama merupakan istilah dalam bahasa arab mengenai metode pengobatan yang sangat efektif dan telah digunakan sejak beribu tahun yang lalu. Beberapa negara mengenalnya dengan bekam, bekam sayat, kop, dan cupping. Hijamah sendiri dianjurkan oleh rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam kepada seluruh umat manusia sebagai salah satu sarana pengobatan.

Hijamah secara teknis terbagi dalam tiga metode yakni Hijamah jenis basah alias bekam sayat. Pada teknik Hijamah basah terapis memberikan sayatan dengan teknik tertentu pada area yang dipilih, berdasarkan keilmuannya, sehingga bisa dikeluarkan darahnya. Tentu sebelum melakukan bekam basah, terapis akan memberikan anestesi terlebih dahulu. Bukan berupa anestesi dengan penyuntikan bius lokal, akan tetapi anestesinya dengan menggunakan alat bekam itu sendiri.

bekam sayat, tutorial bekam basah, gambar bekam basah

Lalu, hijamah kering, secara teknis tidak jauh berbeda dengan bekam sayat, pembekam hanya mengekopkan alat bekam ke area tubuh yang butuh dibekam berdasarkan analisa penyakitnya. Sangat beda dengan bekam sayat, hijamah kering hanya mengeluarkan angin dari dalam tubuh dan panas. Panas? Iya, kesaksian dari sejumlah pasien yang sedang mengalami panas, dengan bekam kering saja sudah bisa meredakan panas yang sedang terjadi. Subhanallah, kesimpulan mengeluarkan panas juga didukung oleh literatur pengobatan cina.  Sangat luar biasa utamanya yang hobi masuk angin nih, daripada kerikan mendesign gambar ikan teri dalam tubuh, mendingan kita kop, malah indah bertato bulat-bulat hehehehe.

Terakhir teknis hijamah dengan api, atau biasa disebut bekam api. Terapis dari negeri tirai bambu sangat banyak yang menggunakan jenis terapi bekam api. Mangkuk kopnya juga sangat berbeda dengan yang biasanya, mangkok kop bekamnya berasal dari kaca yang gampang sekali pecah. Teknisnya, kita menggunakan teori waktu kita SMP dulu, teori tentang Kalor. Caranya sekedar mencelupkan api ke dalam mangkuknya, lalu dengan cepat di kopkan ke tubuh pasien. Nantinya, sepanjang panasnya pas, mangkok itu akan mengekop sendiri.

Nah, ini dia sedikit uraian mengenai hijamah beberapa teknik bekamnya, bekam sayat, bekam kering, bekam api, dan jenis kombinasinya. Semoga bermanfaat. Detail keilmuan mengenai bekam sayat atau referensi terapi alternatif lainnya dari nabi, bisa mampir di web pencinta bekam sayat. Sebuah media bekam/hijamah online yang kaya keilmuan pengobatan alternatifnya.  Semoga bermanfaat.

Topik Diskusi:

Alumni bekam univercity , bekam , gambar bekam , teknis bekam

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?