Select Page

Google Kalender – AnjrahUniversity.com Awalnya aku iseng buka buka blog, pas mampir di blognya Pak Romi, aku lihat ada yang unik. Di bagian pojok kiri bawahnya ada widget yang memunculkan agenda kegiatannya pak Romi. Setelah aku perhatikan weh dalah, itu pakai google kalender. Bentuknya unik, elegant, dan  fungsinya aku lihat lebih dari sekedar kalender bawaan wordpress biasanya.

Wah, aku perlu banget kalender yang semacam itu. Terutama agar agenda-agenda kerjaku sama aku pribadi bisa rapi tercatat dan mudah aku inget. Kalau mau tahu hasilnya, nih aku pasang di salah satu webku, google kalender untuk mencatat jadwal training bekam:

Google Kalender bagaimana instalasinya?

  1. Meluncur saja dulu ke Google Kalender  atau bagi anda yang sudah punya account email di Gmail, bisa login dahulu. Lalu, pilih menu kalender yang ada di deretan menu sebelah kiri atas, di atas logo GMAIL. Misalkan tidak terlihat, klik saja tanda panah kecil ke bawah pada more atau selengkapnya di deretan menu-menu tersebut.
  2. Bagi yang melalui  https://www.google.com/calendar/ silakan lanjutkan dengan login terlebih dahulu. Masukan username dan password email GMAIL anda (Misalkan belum punya email di GMAIL berarti Anda butuh membuat accountnya terlebih dahulu). Jika proses login berhasil maka muncullah halaman kalender google.
  3. Untuk bisa memasang Google Kalender di wordpress, kita dapatkan code embednya. Kode embed ini tersembunyi pada menu setting di kolom my calendars. Klik Setting-pilih nama kalender yang mau ditampilkan (misal baru buka, berarti cuma ada satu list kalender yang bertuliskan alamat email Anda, klik itu saja). Lalu scrool ke bawah temukan yang bertuliskan Embed This Calender. Sisi sebelah gambar preview ada code embednya. Misal mau diotak atik warna tampilan atau design google kalendernya, silakan klik menu customize the color, size, and the other options. Misal sudah selesai mengedit, copy Embednya.
  4. Lanjutkan pemasangan Google Kalender dengan login ke WordPress Anda. Masuk menu widget, pilih widget yang teks, pasang widget tersebut pada side bar/postingan/halaman yang anda inginkan. Paste kode embed tadi ingat untuk mengsavekan hasil settingan kita. Insyallah dah mantap jaya web kita sudah ada google kalendernya.

Demikian tips mempercantik wordpress menggunakan kalender uniknya google. Semoga bermanfaat. Bahasan lain mengenai Google Kalender insyallah akan dibahas pada kesempatan yang akan datang.