Select Page

Cara menulis blog | Aku ditanya bagaimana cara menulis artikel menggunakan CMS (content management service) wordpress. Sebuah pertanyaan yang aku pikir setiap orang sudah mengetahuinya, namun ya memang namanya ilmu, diketahui oleh yang mengetahui dan tidak diketahui oleh yang memang tidak diketahui. Sekalipun sekdar cara menulis blog di internet. Oke, insyallah disini akan aku sedikit sharekan, semoga bermanfaat.

Cara menulis blog di mesin web wordpress

Apakah hanya wordpress yang bisa dijadikan mendia menulis? tentu tidak, masih ada diluar sana mesin web lainnya yang bisa digunakan sebagai sarana menulis. Banyak yang gunakan fasilitas dari blogspot, tumblr, maupun CMS buatan provider dalam negeri lainnya.  Ya intinya dua mesin web yang digunakan yang paling populer memang CMS  wordpress dan blogspot. khusus disini, cara menulis blog menggunakan wordpress.

Khusus dibahas cara menulis blog menggunakan web berbayar, tapi secara umum sama

cara menulis blog bisa digunakan saat menggunakan wordpress yang gratisan maupun yang berbayar. Gratisan artinya kita menggunakan web wordpress yang berekstensi panjang dan memang gratis. Misalnya, bagi anda yang bernama budi wirawan, anda bisa membuat web wordpress gratis dengan nama budiwirawan.wordpress.com. Caranya? anda kunjungi pusat web wordpress di wordpress dot com. Mulai mendaftar disitu. Mengenai prosedur mendaftanya, insyallah akan saya share kapan-kapan, atau bisa googling sekarang juga. Disini, saya sharekan cara menulis blog dengan wordpress berbayar yang mesinnya bisa diunduh diwordpress dot org. Ciri web wordpress berbayar, biasanya menggunakan namadomain dot com [dot comnya bisa pakai variasi lain .info, .web.id, .org, .sch.id dll).

Langkah awal sebelum menulis, cara menulis blog nya perlu login dulu ke menu utamanya

Login apa sih? login ibaratnya, kita mau masuk rumah. Rumah kita itu terkunci, maka kita musti masukan dulu kuncinya, lalu kita cekrak cekrek sehingga pintu terbuka. Ya begitulah website, agar tidak semua orang bisa menggunakan web kita, perlu dikunci, namun ketika anda yang punya web, anda kan punya username dan password. maka gunakan dua perkara itu dulu sebagai kunci masuk.

dimasukan ke mana? silakan  anda ketik www. nama domain anda .com [sesuai alamat domainanda] lalu ketik /wp-admin. Jadi contohnya belajarwebsite.com/wp-admin, muncul disitu form username dan password. Masukan username dan pasword anda, lalu klik enter. Setelah masuk, lihat deretan menu disebelah kiri, pilih menu post, klik menu add new [atau yang semaknanya, biasanya kalau yang versi bahasa indonesia di tulis tulisan baru]. Maka setelah di klik, muncul kolom kolom penulisan.

Kolom penulisannya mirip banget dengan Ms. Word, so, pakai saja langsung. Isi judul dikolom paling atas, lalu kolom lebar dibagian bawah sebagai badan artikelnya. Tulis/ copas dari file-filemu. Kalau sudah menulisnya selesai, klik menu publis kalau mau ditampilkan langsung di internet. Misal mau disimpan dulu, klik menu save draft. Misal mau dibuang, klik aja move to trash. Semoga bermanfaat.