Select Page

::Anjrahuniversity.com:: Saat aku baru membeli domain baru, aku kaget, lho ini menu fantasticonya kemana? Biasanya aku mau install-install CMS ada menu Fantasticonya. Waduh, apa harus menginstall secara manual? Owh tidak, dah kebayang repotnya. Lah baru nyadar setelah ada yang ngasih tahu bahwa Cpanel yang baru dah nggak pakai fantastico, namun pakai Softaculous. Ya baik untuk menginstall wordpress maupun CMS lainnya.

Softaculous Lebih cepat dan lebih lengkap daripada fantastico ada 200 CMS siap pakai

Ya sebagaimana yang dijanjikan softaculous, loadingnya memang sangat cepat. Aku pakai modem evdo biasa saja yang paling maksimal kecepatannya 3,1 Mbps nggak kerasa mak sreeet saja wordpress sudah terinstall. Lebih detail cara menginstall wordpress tanpa fantastico lewat cpanel sebagai berikut:

  1. Login masuk ke cpanel web anda. Caranya dengan mengetikkan http://webanda.com/cpanel, lalu tekan enter. Atau misal anda pakai .info maka http://webanda.info/cpanel.
  2. Setelah keluar halaman cpanel, anda diminta login ke dalamnya maka masukan username cpanel dan pasword cpanel yang anda punyai. Misalkan anda belum tau, tanyalah kepada penjual jasa tempat anda membeli domain dan hosting. Setelah login akan keluar halaman cpanel.
  3. Pada halaman cpanel ada dua kolom. Sebelah kiri berisi data domain anda, kolom yang kanan ada banyak pilihan aplikasi. Anda cari di kolom sebelah kanan pada tabel menu yang judulnya sofware/service. Disitu ada aplikasi CGI Center, Site Sofware, Perl Module, terus cari aja sampai ketemu softaculous di deret terakhirnya. Biasanya anda yang menggunakan cpanel terbaru, anda tidak akan menemukan apikasi bernama fantastico, adanya cuman softaculous.
  4. Setelah bertemu aplikasi softaculous, klik saja. Lalu anda terbawa masuk ke halaman softaculous. softaculous memiliki banyak sekali menu. Di kolom sebelah kiri ada kategori blog, micro blog, portal dan sebagainya, anda pilih kategori blogS. Lalu pilih wordpress.
  5. Setelah terbuka menu wordpress, pindah pandangan anda ke kolom sebelah kanan. Di atas keterangan singkat mengenai wordpress ada berderet menu install, overview, features, dan lain lain. Anda klik menu install.
  6. Selanjutnya mengisi form pada Software Setup.

Mengisi form softaculous sebelum menginstall wordpress

Software Setup
Choose Protocol
If your site has SSL, then please choose the HTTPS protocol.
[Pilih Aja sesukamu, bisa yang https:// atau yang lain]
Choose Domain
Please choose the domain to install the software.
pilih domain yang mau anda install. Mau di domain utama atau bisa juga disubdomain.
In Directory
The directory is relative to your domain and should not exist. e.g. To install at http://mydomain/dir/ just type dir. To install only in http://mydomain/ leave this empty.
Kosongin saja
Database Name
Type the name of the database to be created for the installation
biarkan saja
Database Settings
Table Prefix biarkan saja
Site Settings
Site Name
Site Description
Admin Account
Admin Username
Admin Password
Admin Email
Choose Language
Select Language pilih bahasa english aja

Email installation details to :

Tulis keterangan instalasi mau dikirim ke email mana, bisa disamakan dengan email admin saja. LALU INGAT untuk mengeklik menu “INSTALL”.

 

Ya demikian lah Cara menginstall wordpress dicpanel pakai Softaculous bukan Fantastico. Saya harap bisa membantu anda yang tengah kesulitan. Apabila memang masih belum berhasil, minta bantuan saja ke penyedia jasa hosting anda untuk menginstallkan wordpress atau cms lain yang Anda perlukan. Selamat berwordpress ria.