Cara memasang penghitung pengunjung web wordpress

Cara memasang penghitung pengunjung web wordpress | Visitor| Meliora Cogito| kalau mau diperhatikan disetiap website terdapat semacam aplikasi yang berguna mencatat berapa jumlah visitor yang berkunjung ke website kita. Hanya saja masih ada temen temen terutama yang masih newbie belum tahu Cara memasang penghitung pengunjung web wordpress tersebut. Maka, semoga share kali ini bermanfaat.

Sebenarnya ada banyak jenis counter yang ada. Kalau anda menggunakan google, pasang pakai google analitics juga bisa, kita cek dari cpanel bagian awstats juga bisa, atau bermacam-macam penghitung pengunjung web lainnya. Bagi pengguna wordpress, juga tersedia banyak plugin yang bisa dijadikan pilihan penghitung visitor. Klik aja pada form add new plugin klik tag “stats” atau yang mengarah ke situ. Bisa juga langsung ketik  di kolom search plugin dengan keyword visitor/ counter/ stat dan yang sebangsanya. Hanya pesenku, hati-hati, ada beberapa stats yang saking lengkapnya bikin load web kita kurang kenceng.

Cara memasang penghitung pengunjung web wordpress

Pertama jelas kita perlu punya account di histats dot com. Lalu carilah menu dikolom kanan bawah yang bertuliskan add a website klik menu itu. Nantinya setelah diklik akan hadir kolom URL, disitu anda masukan URL web yang mau dipasang penghitung pengunjung. Lalu sesuaikan pengaturan waktu dan jamnya. Isi title web dan deskripsinya (bisa disamakan dari menu title dan deskripsi dari plugin All In One SEO Pack yang anda pasang).  Setelah itu jangan melewatkan untuk mensetting stats visibilities. ada dua pilihan disitu, semua orang bisa buka data statsnya, atau dibuat private. Usul saya ya dibuat private aja.

Lalu klik continue. Setelah itu anda akan mendapatkan semacam ID dari histats. Kalau sudah jadi, klik nama web yang mau dipasang penghitung pengunjung, klik IDnya. lalu cari menu code counter.  Dilanjutkan mengikuti pemilihan bentuk counter yang dikehendaki. Pilih yang dua line, satu line, atau yang empat line, setelah di klik pada salah satunya anda bisa memilih apa yang mau ditampilkan. Jumlah user onlinenya, jumlah bukaan pagenya, jumlah total page viewnya atau ditampilkan semuanya. Bisa milih sendiri sesuai kesukaan yang ada. setela memilih klik menu Save pada bagian bawah. Kalau sudah jadi, nanti muncul lah nomer counter ID, yang ketika Anda klik akan muncul kolom preview disebelah kanan dan dibagian bawahnya ada kode javascriptnya.

COpas kode javascript itu ke area widget wordpress yang mau anda taruh. Pilih-pilihan jenis text pada area widget untuk menaruh code penghitung web itu. Tarus diside bar, kasih judul dibagian widget itu misalkan web statistik. Agar memastikan penghitung pengunjungnya sudah jalan apa belum, silakan setelah disave, klik nama web anda dibagian atas dekat dashboard lalu perhatikan apakah sudah berfungsi apa belum. Uniknya hi stat hanya mencatat IP yang sama sekali, jadi insyallah ndak ada salah hitung sebab ada orang yang berkunjung berkali kali pakai IP yang sama.  Demikian penjelasan Cara memasang penghitung pengunjung web , semoga bermanfaat selalu.

 

Tag: Cara memasang penghitung pengunjung web,histats,cara memasang histats,peghitung visitor web,penghitung wordpress.

 

 

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?