Select Page

biodata martin heidegger| Bagi pecinta dunia filsafat pasti sangat mengenal martin heidegger. Beliau adalah seorang tokoh filsafat yang sangat terkemuka. Heidegger memandang bahasa sebagai realitas terdalam. Meski demikian bahasa yang diunakan sangat sulit dipahami termasuk oleh pakar-pakar sastra. Ia menyebut puisi sebagai bahasa yang paling otentik. Pemikiran-pemikirannya banyak menggunakan puisi sebagai ilustrasi.

Martin Heidegger dilahirkan di Baden-Württemburg pada tahun 1889, pada mulanya  ia berkeinginan menjadi imam. Pada tahun 1909, ia masuk ke Universitas Freiburg untuk belajar filsafat. Ia menjadi dosen pada tahun 1915. sesudah mengikuti wajib militer, Heidegger kembali ke Freiburg dan menjadi asisten Husserl. Pada tahun 1923, ia pindah ke Marburg. Di sinilah ia menulis bukunya yang terkenal dan banyak dijadikan acuan dalam memahami pemikirannya, yaitu Sein und Zeit (Ada dan Waktu).

biodata martin heidegger di era NAZI

Pada tahun 1929, Martin Heidegger kembali ke Freiburg dan empat tahun kemudian ia menjadi rector di sana pada tahun 1933. ketika ia juga diimplementasikan kebijakan-kebijakan Nazi. Ia bahkan juga membuat siaran radio yang mendukung Hitler. Tidak sampai setahun menjabat sebagai rector, dalam biodata martin heidegger dijelaskan bahwa  ia mengundurkan diri dan tidak lagi mengambil bagian dalam dunia politik.

Bagiamanapun label pro-Nazi sudah melekat padanya. Ketika perang dunia II berakhir dan Prancis menduduki Jerman, ia taidak diperbolehkan mengajar sampai tahun 1950. Pada tahun berikutnya biodata martin heidegger diberikan statuis Emeritus. Ia terus melanjutkan menulis sampai 1961 ketika ia mempublikasikan bukunya tentang Nietzsche dalam dua jilid. ia meningga dunia di Freiburg pada tahun 1976.

biodata martin heidegger ditengah pengaruh hermeneutika

Pemikiran Martin Heidegger sempat memudar di tahun 1960-an, bersama dengan pemikir eksisensialisme yang lain. Saat ini ia memiliki pengaruh dalam hermeneutika, post-strukturalisme, dan politik hijau. Sampai tahun 1927, Heidegger mempelajari filsafat Husserl, hermeneutika Dilthey dan antroplogi Scheler, tetapi ia menulis dalam gaya modestly dan konvensional.

Semua ini berubah ketika penulisan Being and Time yang berisi bahan yang aneh dan dalam cara yang ferociously difficult. Heidegger tidak pernah menyelesaikan pekerjaan ini: seksi ketiga dari Bagian Satu, dan seluruh Bagian Dua, yang dimaksudkan untuk memeriksa Kant, Descartes, dan Aristotle tetap tidak ditulis bersamaan biodata martin heidegger.

Heidegger secar a bertahap memperluas bidang-bidang minat ini, dan backtracked dari ada dan waktu. Heidegger berusaha menemukan jalan baru melihat dunia, dan forge bahasa yang cocok.

Heidegger terus aktif menulis sampai 1961 ketika ia mempublikasikan bukunya tentang Nietzsche dalam dua jilid. Di akhir hidupnya, ia hidup dalam kesendirian di Todtnauberg, Schwarzwald, Freiburg. Selama hidupnya, Heidegger tidak pernah meninggalkan Jerman. Ia meninggal pada tangga 26 Mei 1976 dan dimakamkan di pemakaman Meßkirch, desa kelahirannya.

demikian uraian singkat biodata martin heidegger semoga bermanfaat selalu