Select Page

Pagi-pagi aku mikir, berapa ya Biaya SEO Kontes itu? apa sebabnya? sebabnya aku seharian pagi-pagi tadi melihat hasil-hasil pengumuman SEO kontes yang masih berlangsung sama juga ada yang sudah dihasilkan keputusan. Mengapa jadi memikirkan Biaya SEO Kontes gini ya aku? Mengapa ndak memikirkan hal lain?

Namun dasar sudah kadung penasaran ingin tahu berapa sih sebenarnya Anggaran Biaya SEO Kontes di internet, aku malah lanjtukan dengan melakukan browsing pake google. Bener-bener aku pengen tau. Mulai deh aku mampir ke beberapa blog yang diasuh oleh para blogger senior. Ada seperti blongnya mas wahyu winoto, mc famous, blognya Om vulkanisir, sampai blognya pakdhe cholik yang ciamik.

Lalu hasilnya bagaimana? sudah dapat kesimpulan Biaya SEO Kontes?

Pertama, aku sih ndak membahas berapa biaya dulu. Hanya aku jadi terinspirasi, bahwa membuat kontes begitu jelas-jelas ujung-ujungnya semacam bisnis PTR ya. Seseorang dibayar secara konkret menuliskan sesuatu di blognya sambil nanti menaruh link ke arah web si pemberi jasa. Ya manfaatnya jelas, backlink yang luar biasa dari banyak blogger yang terlibat kontes.

Biaya SEO Kontes jawara jawaranya gambar

Jawara Kontes SEO

Katakan saja, dalam sekali kontes di ikuti oleh para blogger senior, dan sudah tahu diketahui jamaknya yang sering menang itu blog-blog full optimasi. Ibarat mesin motor atau mobil itu blog sudah di tune up. Nggak main-main tune upnya dibelanag mesin web dipasang booster macem apa saja atau ketekunan seperti apa. Maka sampai kita bisa lihat dari pagerank blog yang bermain di SEO kontes ada yang rata-rata sudah PR 3 ke atas.

Selain itu, jelas ada efek branding sekaligus penancapan keyword yang kuat di google atas brand milik juragan yang menggelar kontes, terutama yang punya gawe itu pemilik brand besar kayak mercedes benz, kemarin dia buak SEO kontes, juga top 1 motor oil. Saya pikir Biaya SEO Kontes yang mereka lakukan sudah murni biaya marketing dan branding perusahaan.

Biaya SEO Kontes bervariasi…

Saya mengamati biaya yang dikeluarkan demi menggelar SEO Kontes sepertinya bermacam-macam. Sebab depen on pada target dari tujuan SEO kontes itu sendiri termasuk cakupan market pasar produknya. Misalnya, SEO kontes dengan tujuan persaudaraan seperti yang rutin digelar oleh pakdhe kholik melalui blog campnya maupun yang lain jelas berbeda dengan kontes terkini seperti kontesnya rajakamar beda lagi dengan kontesnya mercedes kemarin, juga kontesnya kerajaan hosting.

Rincian Pengeluaran Biaya SEO Kontes

Apa saja biaya yang diprediksi keluar demi menyelenggarakan kontes SEO?

  1. HADIAH. apapun bentuknya, mau uang, mau hadiah fisik, award, atau apapun biasanya mengandung sejumlah biaya. Biasanya jura I dapat 5-6 juta, lalu juara II dapat 3-2 Jutaan, sampai rincian biaya bagi juara favorit [kalau ada]
  2. Biaya marketing kontes SEO itu sendiri. Lewat banner-banner, bikin web, blog, atau melalui forum dan sebagainya
  3. Membayar dewan Juri. Atau apresiasi tertentu bagi para dewan juri yang sudah secara profesional menilai atau memberikan analisis dari para kontestan yang masuk.
  4. Biaya backoffice persiapan kontes SEO
  5. Biaya kirim hadiah pemenang lomba
  6. Biaya lain-lain sebagai operasional menggelar acara besar ini. Ya SEO kontes tetap aja dinilai sebagai sebuah acara, kita butuh serangkaian manajemen EO juga didalamnya.

Namun, pada dasarnya, pemberian kontes sendiri menurut saya ndak selalunya harus dimaknai sebagai sesuatu yang materiil saja. Pada beberapa kesempatan saya yakin, pemenang KOntes bukan sekedar mencari uangnya, namun lebih pada aktualisasi diri atas hoby ngeblognya. dari sesuatu yang disenanginya, eh bisa dapat sesuatu yang lebih kan lumayan. hehehe,, wallahu a’lam,, Itu uraianĀ Biaya SEO Kontes ala aku gimana pendapatmu? hehe..