Select Page

anak bermain internet :: Dalam dunia maya (online) yang terpenting harus diperhatikan oleh orang tua adalah bagaimana memahami bahaya nyata di dunia maya. Menurut hasil survei para ahli peneliti tumbuh kembang anak, bahwa salah satu ketakutan terbesar orang tua adalah jika anak mereka bertemu dengan predator seksual di internet. Tapi kenyataannya, ancaman ini sangat kecil, apalagi untuk anak usia muda/balita. “Predator seksual jarang mencari mangsa anak kecil, mereka lebih memilih anak usia remaja”.

 

Lalu gimana langkah antisipasinya bahaya anak bermain internet?

Langkah utama yang perlu anda lakukan adalah menerapkan peraturan mendasar anak bermain internet maupun fasilitas online lainnya. Begitu anda membuat peraturan tersebut, jangan memberikan kelonggaran sedikit pun, untuk menunjukkan sebagai bentuk keseriusan anda dalam melindungi anak.

Tips menyusun aturan anak bermain internet

Adapun beberapa tips yang sekiranya bisa anda lakukan dalam menyusuun aturan anak bermain internet, mulai dari hal teknis sampai kepada bentuk pencegahan dampak buruk dunia maya (internet online), terhadap tumbuh kembang anak anda, diantaranya ;

–        Letakkan Komputer di Area Umum seperti Ruang Keluarga. Untuk alasan ini, kami anjurkan lebih baik menggunakan komputer keluarga dari pada laptop supaya memudahkan anda dalam melakukan pengawasan terhadap situs-situs yang di klik.

–        Ikut Online bersama Anak. Buat anak menyadari bahwa Anda tertarik dengan teman-teman online dia dan aktivitas apa saja yang mereka lakukan di internet.

–        Ciptakan bookmark atau situs yang telah ditandai khusus untuk anak, dan buat agar anak hanya bisa mengakses internet melalui bookmark. Katakan pada anak anda, ini bookmark situs-situs untuk kamu, kalau kamu ingin membuka situs lainnya bilang pada orangtua dan kita akan membukanya bersama. Atau anda juga bisa membuatkan homepage atau situs khusus berisi jaringan ke situs-situs yang aman bagi anak.

–        Waspada ponsel. Jangan lupa untuk menyalakan parental control pada ponsel anak jika telepon genggamnya bisa digunakan untuk mengakses internet. Tanya penyedia jasa layanan ponsel, jika mereka menyedikan filter akses internet yang bisa diatur berdasarkan kelompok usia. Jika penyedia jasa layanan ponsel anda tidak memiliki system filter, sebaiknya matikan akses internet di ponsel anak.

–        Nyalakan program filter pada mesin pencari situs (search engine) yang digunakan anak. Untuk Google dan Yahoo!,klik tulisan preferensi yang ada tepat di sebelah kotak pencari situs dan pastikan filter SafeSearch diaktifkan pada level tertinggi. Ini kuncinya jika anda mengizinkan anak membuka situs seperti Youtube, dimana mereka sangat mungkin terpapar informasi yang tidak sesuai dengan usia mereka.

–        Sembunyikan tampilan kontrol navigasi dari browser anda – lakukan dengan meng-klik tulisan preferensi. Dengan begini, jika anak ingin membuka satu situs yang baru didengar dari teman-temannya, dia harus membuka situs melalui search engine (yang sudah anda siapkan di bookmark miliknya) dari pada anak mengetik sendiri alamat situs tersebut dan kemungkinan salah ketik sehingga keluar situs lain dengan nama sejenis tapi memiliki isi yang tidak sesuai bagi anak.

–        Awasi dengan baik jika anak anda sedang melakukan riset melalui internet untuk tugas sekolahnya.

–        Tegaskan kepada anak untuk tidak pernah berbagi informasi mengenai dirinya, seperti nama lengkap, alamat lengkap, alamat sekolah, atau nomor telepon.

–        Monitor riwayat penelusuran anak di internet. Katakan bahwa anda akan memeriksa situs-situs yang dia kunjungi setiap beberapa hari, dan jelaskan bahwa hal ini atas dasar keselamatan, bukan karena ingin memata-matai.

–        Beri instruksi spesifik kepada anak jika dia melihat sesuatu yang mengerikan/berbahaya di internet.

Semoga tips membuat aturan anak bermain internet bisa dijadikan sebagai panduan dasar bagi anda selaku orangtua, yang peduli akan dampak negatif perkembangan teknologi, yang dapat mengancam tumbuhkembang anak anda. Atau rasakan akibat kurang bisa mendidik anak sebabaik-baiknya saat mengunakan media internet baik di HP atau apapun. Sumber: Artikel anak bermain internet.

Baca Juga: Bagaimana berbisnis blog dan Sumber uang dari bisnis blog