Apakah fungsi mesin EEG dalam praktek hipnotis?

fungsi mesin EEG | anjrahuniversity.com | Apakah fungsi mesin EEG dalam praktek hipnotis? apakah hipnotis harus menggunakan mesin EEG? apakah fungsi mesin EEG bisa memperdalam trance pasien? apakah fungsi mesin EEG lebih mempermudah dalam memberikan induksi?

fungsi mesin EEG dalam kenyataan di dunia hipnotis

Sebelum jauh berjalan, apa itu EEG? EEG adalah kependekan dari Electroencephalogram. Kalangan kedokteran menggunakan sinyal EEG untuk diagnosa penyakit yang berhubungan dengan kelainan otak dan kejiwaan. Apa pentingnya lebih memakai pakai mesin EEG dibanding mesin pembaca otak lainnya? sinyal EEG dapat mengidentifikasi kondisi mental dan pikiran,serta menangkap persepsi seseorang terhadap rangsangan luar. So, pas banget kalau dipakai dalam dunia hypnosis. Namun spesifiknya kegunaan mesin EEG itu pasnya gimana dalam kita menghipnotis?

Menurut penjelasan pak Adi W Gunawan,  hanya berfungsi sebagai alat bantu untuk “mengukur” aktivitas pikiran yang tercermin dalam pola gelombang otak, yang ditampilkan secara visual di layar monitor. Sama seperti alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk bisa menggunakan tensi meter dengan benar sehingga didapat hasil pengukuran yang akurat. Tensi meter ini tidak bisa mengungkap mengapa tekanan darah seseorang tinggi atau rendah dan tindakan medis apa yang perlu dilakukan untuk mengembalikan tekanan darah ke dalam batas wajar atau normal. Tindakan medis ditentukan oleh pengalaman dan pengetahuan dokter.

memonitor gelombang otak merupakan salah satu kegunaan fungsi mesin EEG

kegunaan  mesin EEG membantu kita ilihat dari pola gelombang otak Beta, Alfa, Theta, dan Delta, saat klien masuk kondisi deep trance maka aktivitas Beta akan berkurang drastis. Hal ini berarti pikiran sadar semakin rileks, fungsi kontrol dan analisanya sangat menurun. Dan ini memberikan kesempatan untuk mengakses pikiran bawah sadar dengan leluasa.  Mesin EEG juga menunjukkan adanya Alpha Blocking atau Repressed Content. Jadi menggunakan mesin EEG kita bisa tahu bahwa ada emosi yang bergejolak di pikiran bawah sadar karena amplitudo Delta meningkat drastis. Namun, kita sama sekali tidak tahu apa konten dari emosi ini. Kita juga tidak tahu apakah emosi ini positif atau negatif. Terapis harus bertanya atau melakukan penggalian untuk bisa mendapatkan data yang dibutuhkan.

Kesimpulan fungsi mesin EEG dalam dunia hypnotis

Jawabanya adalah pada ringkasan pertanyaan yang ditujukan ke pak Adi w gunawan bahwa, “Seberapa penting mesin EEG dalam praktik hipnoterapi?” Jawabannya, “Tidak terlalu penting”. Lalu, “Seberapa penting mesin EEG dalam riset yang berhubungan dengan hipnoterapi?” Jawabannya, “Cukup penting namun bukan yang paling penting”. La bagaimana bisa jadi terpenting la harga  Mesin EEG yang bagus, yang cocok digunakan untuk riset hipnoterapi, berkisar antara USD. 2.000 hingga USD. 3.500. Ini harga di Amerika. Belum termasuk ongkos kirim dan pajak impor yang bisa mencapai 35%.Belum lagi kita perlu membeli komputer atau laptop dengan spesifikasi dan kemampuan memproses grafis yang tinggi agar didapat tampilan visual yang sejalan dengan spesifikasi mesin EEG serta agar fungsi mesin EEG nya  bisa berguna maksimal.

.

Topik Diskusi:

mesin EEG

1 thought on “Apakah fungsi mesin EEG dalam praktek hipnotis?”

  1. iip saepul uyun

    saya sangat tertarik dengan memamfaatkan fungsi otak tersebut.
    pertanyaan:
    1. apakah dari memangfaatkan fungsi otak tersebut bisa lebih berguna untuk membaca aktifitas diri dan lingkungannya?
    mampukah untuk membaca masa depan?
    trims

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?