Select Page

::Anjrahuniversity.com:: bisnis online – Aku bertanya-tanya pada diri yang aku iringi dengan mengejar literatur-literatur serta mencuri pengalaman dari para pelaku bisnis online mengenai pertanyaan, “apa sih yang paling penting saat kita menjalankan bisnis online?”. Benar-benar saya ingin belajar dan mengejar yang esensial dari berbagai model yang ada di internet. Mengapa pertanyaan itu penting dijawab?

 

Macam macam bisnis online

Mari kita diskusikan bersama. Pertama, bisnis di internet ada banyak sekali macamnya. Ada banyak sekali jalan yang ditempuh. Ada yang bisa sukses bermodalkan blognya saja, ada yang sampai membikin toko online full otomatisasi pelayanan, dan ada yang sekedar rutin upload gambar di facebook juga sudah ratusan juta omzetnya. Tidak mungkin kita menggunakan semua jalur bisnis itu.

Bak sinar. Sama-sama sinar, akan tetapi mengapa sinar laser bisa demikian kuat membakar sesuatu yang menjadi objek sorotnya saat operasi bedah, namun sinar lampu senter ketika diarahkan pada suatu objek, objek tersebut sekedar mendapatkan terangnya saja. Jelas, salah satunya berpusat pada tema focus. Sinar senter berkasnya tersebar, sedangkan sinar laser sangat terfokus sehingga dapat membakar apapun yang dilewatinya [tentu menyesuaikan kadar lasernya].

Maka, apa yang paling penting dalam bisnis online? Aku pikir bisa kita rumuskan dari pertanyaan:

  1. Apa produk/jasa yang kita mau jual?
  2. Media online yang mau kita pakai apa?
  3. Provider yang memang pas mensupport kita?
  4. Siapa network yang siap menjadi patner kita?

Sebab dari yang sudah ada, memang produk/jasa itu penting. Akan tetapi produk yang bagus jika media online yang digunakan untuk mengkomunikasikannya kurang tepat, kurang kredible, juga kurang bagus efek marketingnya. Terkait provider, produk dah bagus, media sudah tepat, namun provider tempat kita hostingkan web sering trouble, sehingga load webnya sangat berat bahkan sering hang. Wah, jelas bermasalah. Jika semuanya sudah oke apa yang paling penting dalam bisnis online selanjutnya? jelas network. Network bikin segala sesuatunya jadi mudah. Mulai lah membangun komunitas atau masuk kekomunitas yang tepat sesuai tujuan bisnis kita, maka percepatan laju order akan sangat terasa. Oke, semoga bermanfaat info bisnis online ini.

Mau pesan toko online, bisa ke sini