Analisis Faktor

Analisis Faktor   – Analisis faktor merupakan nama umum yang menunjukkan suatu kelas prosedur, utamanya dipergunakan untuk mereduksi data atau meringkas dari variabel yang banyak diubah menjadi sedikit variabel, misalnya dari 15 variabel yang lama diubah menjadi 4 atau 5 variabel baru yang disebut faktor dan masih memuat sebagian besar informasi yang terkandung dalam variabel asli (original variable) (Supranto J, 2004).

Analisis Faktor statistik multivariat

Analisis faktor merupakan salah satu tehnik analisis  statistik multivariat, dengan titik berat yang diminati adalah hubungan secara bersama pada semua variabel tanpa membedakan variabel tergantung dan variabel bebas atau disebut sebagai metode antar ketergantungan (interdependence methods).

Proses analisis faktor mencoba menemukan hubungan antar variabel yang saling independen tersebut, sehingga bisa dibuat satu atau beberapa kumpulan variabel yang lebih sedikit dari jumlah variabel awal sehingga memudahkan analisis statistik selanjutnya (Wibowo A, 2006).

tujuan Analisis Faktor

 Tujuan yang penting adalah menyederhanakan hubungan yang beragam dan kompleks pada beberapa variabel yang diamati dengan menyatukan faktor atau dimensi yang saling berhubungan pada suatu struktur data
yang baru yang mempunyai beberapa faktor yang lebih kecil. (Wibisono, 2003).

Analisisa faktor dipergunakan  di dalam situasi sebagai berikut :
1. Mengenali atau mengidentifikasi dimensi yang mendasari (Underlying dimensions) atau faktor, yang menjelaskan korelasi antara suatu set variabel.
2. Mengenali atau mengidentifikasi suatu set variabel baru yang tidak berkorelasi (independent) yang lebih sedikit jumlahnya untuk menggantikan  suatu set variabel asli yang saling berkorelasi di dalam analisis multivariat selanjutnya.

3. Mengenali atau mengidentifikasi suatu set variabel yang penting dari suatu set  variabel yang lebih banyak jumlahnya untuk dipergunakan di  dalam analisis multivariat selanjutnya.

 

regresi liner berganda dan analisis faktor

Secara matematis, analisis faktor agak mirip dengan regresi liner berganda, yaitu bahwa setiap variabel dinyatakan sebagai suatu kombinasi linear dari faktor yang mendasari (Underlying dimensions). Jumlah varian yang disumbangkan oleh suatu variabel dengan variabel lainnya yang tercakup dalam analisis disebut communality.  Kovariasi antara variabel yang diuraikan, dinyatakan dalam suatu common factors  yang sedikit jumlahnya ditambah dengan faktor yang unik untuk
setiap variabel.

Faktor yang unik tidak berkorelasi dengan sesama faktor yang unik dan juga tidak berkorelasi dengan  common faktor.  Common faktor sendiri bisa dinyatakan sebagai kombinasi linear dari variabel-variabel yang terlihat/terobservasi  (the observed variables) hasil penelitian lapangan.

Statistik kunci yang relevan adalah sebagai berikut : Bartlettís test of sphericity yaitu suatu uji statistik yang dipergunakan untuk menguji hipotesis bahwa variabel tidak saling berkorelasi (uncorrelated) dalam populasi.

 

 

Sumber materi Analisis Faktor :

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/16935/4/Chapter%20II.pdf

Ada Ide Berkaitan dengan Postingan di Atas?