Select Page

Andy Rubin – Mengapa Android itu penting? Agaknya terjawab oleh postingan seorang temen facebook yang memberikan gambaran paparan Andy Rubin Mengapa Android itu penting dihadirkan dalam pasaran Operating System (OS) di dunia. Padahal kita sudah tahu, OS smartphone sekarang sudah ada macem SYmbian, Blackberry, dan Windows Mobile. Awalnya aku juga bertanya-tanya, apa ndak iseng di google mau masuk ke pasar handphone dengan membeli perusahaan Android inc yang kala itu di pimpin Andy Rubin?

Andy Rubin Mission with Android

Ternyata visinya luar biasa, Kang Andy Rubin yang sekarang njabat  Vice President of Engineering google menjelaskan ada dua VISI penting. Bocorannya, pemaparan dua visi penting inilah yang melahirkan Deal Google membeli Android.inc, mari baca detailnya:

Alasan pertama. Saat ini kita sedang kritis, dan butuh sebuah operating system yang free dan terbuka (open source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di setiap level di dalamnya. Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2″, 3″ atau 4″. Boleh pakai keyboard, boleh tidak, boleh ada kamera depan atau tidak.   Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll.   Akhirnya nanti adalah konsumen yang diuntungkan, mereka bisa menentukan sendiri handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan, kemampuan dan operator yang menjadi pilihan mereka.

Bisa dibuktikan dalam usia balita, android sudah mengisi berbagai merk dari yang murahan sampai handphone igh End berharga selangit [bagi yang nggak punya duit]. Kondisinya pun sangat variatif Andy Rubin katakan android bisa dipakai pada layar 2 “, 3″ , 4″ bahkan 5″ dan 7”. Android pun support-support saja dengan berbagai mulai 300Mhz sampai 1Ghz, bahkan ada yang lebih dari itu.

 Android bahkan juga bisa menerima model smartphone yang berkeyboard, ada yang berlayar sentuh kapasitif, resistif, berkamera depan, berkamera belakang. Bisa ukuran kamera 3MP, 5MP, 8MP serta banyak lagi variannay menyesuaikan dukungan operator yang berbeda-beda, Qadarullah OS android bisa support itu semua tanpa gangguan masalah yang menonjol.

”]Andy Rubin Boos Android di masa depan

Alasan Ke dua. Karena kini google adalah raksasa IT, google punya kemampuan. Kalau google diam saja, maka dunia akan menghadapi Draconian Future (draconian future mengacu kepada jaman Yunani ketika seorang bernama Draco menjadi pengatur hukum disana, dimana pelanggaran kecil saja mendapat hukuman yang berat) masa depan yang “sulit” dimana nanti di depan hanya akan ada:   1 Orang 1 Perusahaan 1 Operating System dan 1 Operator saja yang bisa jadi pilihan konsumen.  Andy Rubin berkata, “That’s the future we don’t want …”.

Pembicaraan Andy Rubin ditutup dengan kata-kata, “Jadi jika kita adalah orang yang   percaya akan  Keterbukaan,   percaya akan Pilihan   dan percaya akan Inovasi yang bisa dilakukan semua orang   Selamat datang di Android!”.     Semangat ini yang membawa Android terus berevolusi sampai sekarang, maka dalam 1,5 tahun kehadiran android, sudah dipercaya oleh 59 Operator, 48 Negara, 21 OEM, 100 ribu aplikasi, 300ribu android baru diaktivasi setiap hari.

Sumber : Mengapa Android itu penting ala Andy Rubin