Tujuan Osis buat apaan Sih?

7 8109

Tujuan Osis -  Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang biasa disebut OSIS hadir disekolah memiliki tujuan mulia. Salah satu Tujuan Osis mengharapkan agar siswa bisa berlatih hidup dalam struktur sosial kemasyarakatan dalam miniatur di lingkup institusi pendidikan. Maka tidak heran saat kita berada di OSIS kita temukan ada struktur keorganisasian mirip di kehidupan nyata.

Katakanlah kehadiran ketua OSIS. Ketua Osis menduduki kedudukan bak lurah dalam struktur di desa. NAmanya lurah, lurah memiliki banyak pembantu demi pelaksanaan berbagai kepentingan serta tujuan saat dirinya mengajukan diri menjadi seorang lurah. Bahasa kerennya, visi misi menjadi lurah. Katakanlah visi misinya waktu itu bertekad selama 3 tahun kepemimpinannya, masyarakat bisa mendapatkan benih padi unggul secara merata. Maka, Pak Lurah mengangkat pembantu-pembantunya berbagai bidang yang pas mensupport pencapaian visi padi unggul tadi. MIsal mengangkat bidang pertanian, bidang pengembangan bibit unggul, sampai bidang penyuluhan pertanian dengan bekerja sama bersama dinas pertanian setempat.

Tujuan Osis diwujudkan dalam praktek pemilihan ketua OSIS

Kembali pada dunia OSis, karena Tujuan Osis salah satunya bisa memberikan pelajaran kehidupan bermasyarakat kepada siswa, maka diadakan pemilihan ketua OSIS. Bisa jadi diadakan pemilihan seperti kalau kita pemilihan presiden yang melalui beberapa tahap pengajuan calon, kampanye, pemilihan, serta pengukuhan. Maka siswa membentuk kepanitian agar bisa menjalankan proses politik pemilihan presiden para siswa itu di sekolah.

Apabila proses itu berjalan lancar, maka bisa diawali dengan pengajuan calon, dimana biasanya ada fungsi MPK alias MPRnya siswa. MPK diwakili dua orang anggota tiap-tiap kelas mengumpulkan suara siapa saja yang mau dicalonkan sebagai ketua OSIS. Kalau sudah berkumpul, maka MPK menggelar rapat pemilihan calon ketua OSIS sebagai representasi siswa sesekolah.

Kalau sudah ada keputusan, beberapa calon itu diumumkan dan diminta melanjutkan tahap pemilihan selanjutnya seperti kampanye penyampaian visi misi dirinya saat nantinya menjadi pejabat OSIS. Ya sekali lagi Tujuan Osis itu kan melatih siswa, kalau ada keliru salah pas tahap-tahap itu, tugas pembina osis yang wajib memberikan pengarahan.

Tujuan Osis juga memberikan ilmu Teamwork

Kalau saja kita mau membaca harga training yang ada di dunia demi mempelajari ilmu leadership dan team work, kita akan temukan harganya jelas jutaan. Cek saja, program outbond ala anak-anak di kota yang sekedar program weekend saja, tiap peserta tidak kurang dimintai dana belajar seharga Rp 250.000-500.000. Itu belum ongkos transportnya, uang jajan, uang ibu dan ayah saat mendampinginya belajar.

Asiknya, Tujuan Osis mewadahi kesempatan belajar itu. Enak nggak sih, belajar memimpin sekian ribu orang dalam setahun secara gratis. Belum lagi diberikan akses mengolah dana demi pembelajaran teman se sekolahan. Maka, luar biasa bisa aktif dan berkegiatan di OSIS. Oke, semoga artikel yang membahas Tujuan Osis ada disekolah kita ini bisa memberikan manfaat bagi temen-temen semua.

Baca Juga:

Trik melatih dari Osis Kepada Anggotanya di Sekolah

Cara Ketua Osis bisa berlatih manajemen anggotanya di Sekolah

Suka Artikel ini? Dapatkan Updatenya GRATIS via Email!
author
Aku Geek Psikologi. Trainer. Pembicara Publik. Passionku sekarang utak atik wordpress dan Jualan Melalui Internet. Pastikan Like Fanspage Kami ya di Fanspage Anjrah University agar bisa terus dapat info terbarunya. Makasih.
7 Responses
  1. author

    Mohammad Bagas Ramadhan3 months ago

    Add a comment…

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University3 months ago

      silakan menulis komentarnya baru submit :D

      Reply
  2. author

    Anonymous1 year ago

    thanks :D

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University1 year ago

      oke gan, sama sama. makasih sudah berkunjung dan komen,, :)

      Reply
  3. author

    Asep Sahliar1 year ago

    sip

    Reply
  4. author

    Ikhwanul Muslimin2 years ago

    Semoga OSIS tahun ini bisa menjadi wadah aspirasi yang nyata bagi seluruh siswa Smansabun, dan mampu mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab. Amiin.

    Oh ya kak, tolong itu Security Question-nya diletakkan di atas tombol Submit Comment, biar pengunjung nggak lupa menjawabnya. Aku aja sampe 3 kali, kepencet Submit Commentnya duluan…

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University2 years ago

      weik, gt ya? aku terima kasih atas masukannya, aku coba cek nanti untuk security questionnya.

      Reply

Leave a reply "Tujuan Osis buat apaan Sih?"