Resep NaSi Goreng Merah Makasar |Kuliner Maros

0 2603

Resep Nasi goreng merah Makasar| Makan nasi goreng bagi kita orang jawa mungkin bukan suatu hal yang istimewa, hanya saja berbeda kalau kita di area makassar spesifiknya di Kota Maros. Pagi hari ditengahnya dinginnya pegunungan maros, lapar mendera yang dicari jelas makanan. Eh dapat-dapatnya nasi goreng merah khas makasar.

 

Bedanya apa sih dibandingkan nasi goreng biasa? Ya yang jelas dari warnanya. Warna nasi gorengnya disini berwarna merah. Merahnya itu merah agak ke gelapan, jadi bukan warna merah menyala macem dikasih teres/ pewarna makanan. Katanya sih, resep nasi goreng merah makasar khas warna merahnya itu dari saus tomat atau saus cabe yang memang sengaja dicampurkan saat memasak. Hanya ya itu, saosnya nggak begitu kentara. Mungkin pakai saus spesial.

 

Gimana sih Resep Nasi goreng merah makasar?

Kalau resep nasi goreng merah khas makasar apa aja ya, nek menurut saya yang sekedar mengidentifikasi dari hasil jadi makanannya sih, jelas butuh nasi putih. Nasih putih di makasar, berasnya jangan dibayangin sama dengan nasi di jawa yang putih-putih. Warna nasinya berwarna putih memang, hanya agak kehitaman gimana gitu. Nggak putih-putih banget macem nasi yang biasa dijawa atau nasi putih solok.

 

Terus kalau dipilah pilih, ada daging irisan kecil, ada daun bawang, terus kayaknya kalau dipadukan dengan campuran sosis juga sip nih. Namun sementara adanya sekedar daging ayam dicincang kecil-kecil. Terus bumbu pelengkapnya kayaknya sih semacam bumbu nasi goreng biasa. Oya, ada telur sebagai tambahan lauk plus kerupuk. Jika mau, masih bisa kog resep nasi goreng merah makasar nya ditambahkan sambal. Tapi yo nek pagi-pagi makan sambal bisa terancam kena urus-urus, ke WC melulu.

 

Resep NaSi Goreng Merah makasar [hasil googling]

Bahan :

  1. Nasi putih 1 porsi
  2. telur 3 butir
  3. udang kupas mentah 100 gr
  4. daging ayam 100 gr, potong dadu
  5. daun bawang
  6. 1 siung bawang putih, cincang halus
  7. saus tomat 2 sdm
  8. garam, merica, gula secukupnya

 

Cara :

  1. Tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan ayam, udang, tumis sampai setengah matang
  2. ketuk telur, pecahkan di wajan, tumis sampai berbutir2, masukkan nasi putih, aduk rata
  3. Tambahkan dengan saus tomat, garam, gula, merica, daun bawang aduk rata
  4. Siap dihidangkan.

 

Kesimpulan akhir resep nasi goreng merah makasar

Waha ha,, semoga bisa membantu menciptakan nasi goreng yang berbeda dalam santap makan dikeluarga Anda. Jujur, awal memakan nasi goreng merah makasar aku juga merasakan rasa yang kurang pas. Ya gimana lagi, resep nasi goreng merah makasar ini telah 'mengkaburkan' sensasi bumbu nasi goreng original yang biasa kita makan sehari-hari di jawa. Rasa original bumbu-bumbu dijawa pun beda sekali.

 

Telurnya, mungkin juga lebih enak manakala didesain orak arik dicampurkan pada nasi gorengnya. Jadi tidak digoreng secara terpisah. Lalu, kalau dicampurkan lagi tambahan merica agak banyak sepertinya sensasi panasnya akan lebih muncul sama ada tambahan gurih dari ehm, apa ya namanya, oya kemiri, yang biasa juga dicampurkan dinasi goreng di jawa.

 

Namun, resep nasi goreng merah makasar tetap recomended dicoba saat berkunjung ke makasar. Ya biar berwisata kuliner lah. Ingat, Santap juga sop saudara dan sop conro mantap jaya yang dekat dengan by pas UMI atau gedungnya jawa pos makasar. Ke dua sop itu hampir-hampir bikin perutku meledak, enak sih Mantap jaya!

 

 

Category: NewsTags:
author
Aku Geek Psikologi. Trainer. Pembicara Publik. Passionku sekarang utak atik wordpress dan Jualan Melalui Internet. Pastikan Like Fanspage Kami ya di Fanspage Anjrah University agar bisa terus dapat info terbarunya. Makasih.

Leave a reply "Resep NaSi Goreng Merah Makasar |Kuliner Maros"