Select Page

KULINER Khas Kudus ::anjrahuniversity.com:: Memori KKN yang sampai sekarang masih teringat salah satunya adalah petualangan kulinernya. Alhamdulillah dulu KKNnya dapat lokasi di kecamatan Undaan, kabupaten Kudus. Sebuah kabupaten yang punya banyak citarasa masakan tradisionalnya. La, Apa yang enak dari aneka macam masakan kudus?

KULINER Khas Kudus Beberapa yang masih aku apal antara lain lenthog sayur, lenthog oser, sate kerbau, jamu coro, dan garang asem. Masing-masing enak dibeli pas waktunya masing-masing. Misal, sore hari dicuaca dingin, enaknya beli jamu coro. Siang-siang pas momen makan siang sipnya makan sate kerbau atau garang asem jeroan ayam. Pas malam hari males masak, mending ke warung lenthog untuk beli lenthog sayur atau lenthog oser.

lenthog sayur,

Lentog tanjung Kuliner Khas Kudus Gambar Asli makanan

Lentog tanjung

lenthog oser,

sate kerbau,

Sate kerbau kuliner khas kudus gambar enak sekali mencari oleh oleh

Sate kerbau

jamu coro,

dan garang asem

Sebenarnya masih ada lagi sih KULINER Khas Kudus lainya, ehm, namanya masih aku coba ingat-ingat. Kayak semacam nasi kuning sih, cuma di bungkus pakai daun jati, dan isinya kayak ada urabnya. Dulu  pas di kudus aku sering mencarinya di pasar kalirejo, kecamatan undaan. Soto dan sayur kuthuknya juga luar biasa enaknya.

Banyak deh lainnya, namun yang aku suka adalah garang asem. Garang asem khas masakannya ibu dan pak ulin (bapak ibu kosku pas KKN), rasanya khas dan mantap jaya. Lah tapi nek aku ceritakan gimana detail masakan enak dari makanan kuliner khas kudus di atas, aku ndak jadi tidur cepat. Semoga bermanfaat.