Kisah Asli Walisongo Menurut Islam Awal berdakwah Di Indonesia Oleh Adi Hidayat. Lc. MA.

Kisah Asli Walisongo Menurut Islam Awal berdakwah Di Indonesia Oleh Adi Hidayat. Lc. MA.

AnjrahUniversity.com – Kisah wali songo memang menjadi kisah yang selalu dibicarakan oleh orang indonesia. Tapi, yang beredar banyak klenik daripada data sejarahnya. Mau tahu yang lebih akademik? Simak Kisah Asli Walisongo Menurut Islam Awal berdakwah Di Indonesia Oleh Adi Hidayat. Lc. MA. Sebuah kisah yang didasarkan pada fakta sejarah dari buku Sejarawan Senior Indonesia Ahmad Mansyur Suryanegara.

Sebagai pembukaan:

“Sejarah masuknya Islam di Indonesia sungguh penuh dengan carut-marut karena sejak dahulu bangsa Indonesia memang lemah dalam sistim dokumentasi. Akibatnya, sejarah Indonesia sebelum datangnya bangsa Belanda selalu ada beberapa versi karena selalu ada distorsi dari pelaku sejarah maupun dari masyarakat yang meneruskan cerita tersebut kepada generasi berikutnya.

Sungguh suatu hal sangat memprihatinkan, bahwa sejarah lahirnya Islam di Jazirah Arabia yang terjadi pada abad ke-7 Masehi dan lahirnya Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam [581 M], wafat [632 M] dan penggantinya Abu Bakar [632-634 M], Umar Bin Khotob [634-644 M], Usman Bin Affan [644-656 M], Ali Bin Abi Thalib [656-661 M] serta perkembangan Islam selanjutnya dapat terdokumentasi secara jelas.

Namun sejarah masuknya Islam di Indonesia yang terjadi 7 abad setelahnya, justru tidak terdokumentasi secara pasti. Barangkali karena alasan itulah maka sejarah tentang walisongo juga penuh dengan carut-marut.”

Kalau tak benar benar bisa menggali dari sumber sumber yang pas. Bisa terjebak ke paparan yang menyimpang. Oke, coba kita lihat pandangan kisahnya dalam format video ya.

Video Kisah Asli Sejarah Walisongo Berdakwah Di Indonesia

Ada beberapa video, nanti kita simak selengkapnya. Menurut aku sendiri, ini penjelasannya sangat sangat bisa diterima akal, secara keilmuan lebih bisa dipertanggung jawabkan. Langsung besarkan speakernya ya sebelum menonton videonya.

Lalu, lebih keren lagi waktu ustadz  Adi membahas bagaimana alurnya sampai ke pendiri Muhammadiyah dan NU. Simak di bab berikut:

Bagaimana? apakah anda sudah mendapatkan point pointnya?

La, memangnya siapa sih Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA ini?

Dari website sahabat al ihsan kita dapati profil beliau sebagai berikut:

Ust. Adi Hidayat, Lc, MA. lahir tanggal 11 September 1984 di Padeglang Propinsi Banten, Pendidikan Pasca Sarjana di Islamic Call College Tripoli, Libya dan Magister Agama Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung. Aktifitas narasumber beberapa seminar tingkat nasional dan Internasional.

Penulis buku ilmiah berbahasa arab dan Indonesia, diantara buku berjudul Minhatul Jail Bita’rifi Arudil Khalil ( Pengantar Kaidah Puisi Arab, 2010 ), Quantum Arabic Metode Akhyar ( Cara cepat belajar bahasa arab, 2011 ),  Marifatul Insan: Pedoman Alqur’an menuju insan paripurna (2012), Makna Ayat Puasa, mengenal kedalaman bahasa al-qur’an (2012), Al-Arabiyyah Lit Thullabil Jami’iyyah ( Modul Bahasa Arab UMJ , 2012 ), Menyoal hadits hadits populer (2013), Ilmu Hadits Praktis (2013), Tuntunan Praktis Idul Adha (2014), Pengantin as-Sunnah (2014), dan  Buku Catatan Penuntut Ilmu (2015).

Disamping hal tersebut aktif juga mengajar di berbagai ta’lim keagamaan, menjadi dosen tamu dan luar biasa Universitas, narasumber Kajian Islam, Dewan Pakar Masjid Al Ihsan Jakapermai Bekasi, serta Direktur Pusat Kajian Islam Quantum Akhyar Institute.

Semoga paparan Kisah Nyata Walisongo Menurut Islam Awal berdakwah Di Indonesia Oleh Adi Hidayat. Lc. MA. bisa memberikan tambahan wawasan bagi kita bersama.

Apa Komentarmu tentang Bahasan di Atas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *