Jika Pacar Meminta Untuk ML Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Jika Pacar Meminta Untuk ML Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Pertanyaan masuk ke Anjrah University dengan tema, “Jika Pacar Meminta Untuk ML Apa Yang Harus Kita Lakukan?”.  Ini adalah pertanyaan baik darimu kepadaku. Ayuk kita diskusikan di sini bagaimana dan sebaiknya apa yang harus di lakukan. Info aja buatmu, pada kesempatan lain aku sudah menulis juga “Cinta Bukan Sebatas Urusan Keperawanan Saja” dan “Prediksi Sikap Suami terhadap calon Istrinya yang sudah tidak perawan“.

Detail jawaban mengenai pertanyaan di atas? mari kita kupas lebih dalam …

Ya, kita memang hidup di jaman teknologi dan informasi demikian bebas disebarkan serta mudah didapatkan oleh siapa saja. Hanya semata mata batas moral, agama, batas iman, norma kemasyarakatan serta kualitas kepribadian yang menjadi benteng terakhir kita. Seseorang yang berkualitas bisa benar benar terlihat, mereka yang manusia ecek ecek tak diharapkan masa depannya juga dengan mudah kita ketahui.

Seperti ketika kita bertemu pada kondisi sekarang, kog ada orang yang berani mengambil sesuatu yang bukan haknya. Padahal sudah jelas, aturan agama, aturan kemasyarakatan, aturan hukum melarangnya. Maka manusia seperti apakah dirinya?

Kita sudah tahu, sama sama tahu. Berhubungan intim hanya sah dan dibolehkan bagi mereka yang sudah menikah resmi. Pernikahan itupun diatur dengan tata aturan yang lengkap. Harus jelas walinya, jelas ada mas kawinnya, ada keridhoan dari pasangan pria maupun pasangan wanitanya menjalani proses pernikahan. Kog ada sosok pria / wanita yang nekat mau memaksa pacarnya berhubungan intim / ML? Padahal sadar bahwa laki lakinya belum mengucapkan ijab qobul pernikahan kepada wali / orang tua si gadis?

Kualitas Manusia yang Meminta Untuk ML Kepada Pacarnya Wajib dipertanyakan….

Sejenak, mari kita simak untaian syair dari Ustadz Felix Siaw. Syair bagus, bukan saja untuk temen temen yang beragama islam, juga untuk lainnya. Yuk dibaca:

banyak yang mengkhawatirkan masa depan yang belum pasti |

namun tak takut dengan kerugian sekarang yang tak disadari

khawatir bila menikah tak cocok lalu berpacaran |

menikah belum tentu namun sudah rugi kehormatan

takut tiada lagi yang mencintainya lalu rela dirusak kesuciannya |

dia lupa bahwa kesucian itu modal utama untuk berkeluarga

 

dia khawatir mendapat pasangan yang tidak setia kepadanya |

namun dari sekarang melatih pasangannya tak setia pada Tuhannya
asal tahu saja orang yang sebelum menikah bermaksiat |

setelah menikah dia akan lebih berani lagi berbuat bermaksiat

 

sebelum menikah janji-janji diucap dengan mudahnya |

setelah menikah janji-janji itu mudah buat wanita lainnya
sering kami berpikir berulang masa |

“jika bukan karena Allah apa alasan kami untuk setia?”

bila bukan karena Allah |

pandangan mata istri bisa saja dikelabui | maksiat bisa saja ditutupi
bila bukan karena Allah |

selingkuh bisa diluar kota | tak setia bisa dengan berbagai cara

 

takut pada Allah itu yang jadi jalan | bagi suami untuk memuliakan istri | bagi suami setia pada pasangan hati I takut pada Allah itu yang jadi sebab | menutup diri dari maksiat selingkuh | mengusahakan agar keluarga tetap utuh
lalu setelahnya masih ada wanita yang berpikir | bahwa suami yang baik didapat dari jalan pacaran? | you wish!

Apa Maksudnya? Temen temen memahami apa yang sudah disampaikan dalam syair di atas?

>> Pacarmu yang mengajakmu ML, sudah jelas dia belum pasti menjadi suamimu. Kalaupun menjadi suamimu, pas pacaran aja dia berani tak setia dengan Tuhannya mengajakmu berhubungan intim, apa jaminannya nanti dia setia terhadapmu? Kepada Tuhan yang Mahamelihat, Mahamengetahui, Maha Memberikan Azab Yang Pedih aja dia berani berkhianat, apalagi terhadapmu yang lemah dan bisa dengan mudah dikelabui dengan berbagai modus?

Kalau dia setia terhadap Tuhannya, pasti dia mengamalkan ajaran Tuhannya untuk berhubungan badan dengan perempuan / laki laki yang memang halal baginya. Sudah sah dinikahi, sudah sah melalui perkawinan yang benar bersumpah janji.

>> Pacarmu yang mengajakmu ML, dia tak lagi mencintaimu. Itu bukti kalau ‘cintanya’ selama ini kepadamu PALSU SEMATA. Bahasa cinta adalah basa halus aja “pancingan” peluluh agar dirimu mau memberikan “aneka gratisan” kepadanya.  Betapa banyak cowok / cewek di jaman sekarang yang tak bermodal, memilih mencari pacar untuk ‘cari solusi’ ketidak mampuan dirinya menjaga hawa nafsunya. Dirimu mau jadi budak pelampiasan syahwat grraaaaaaaatiiiiiiisaaaaaaan buat sosok tidak bermoral begitu?

Kalau dia mencintaimu dia akan memikirkan benar benar masa depanmu. Dia sadar betul, kesucian itu modal utama untuk berkeluarga. Tidak hanya kesucian fisik, kesucian hati juga. Banyak lho yang ‘rasa tidak nyaman’, ‘rasa kotor’, ‘rasa sudah menghianati calon suami’, serta perasaan yang lahir dari penyesalan atas dosa dulu pernah berzina sama pacarnya terus terusan menghantui pasangan suami istri ketika sudah berkeluarga. Ini belum bahas masalah dosanya.

sampai ada yang mengatakan, “kadang pelacur saja jauh lebih terhormat dari dirimu. kamu bolak balik ‘dipakai’ sama pacar mu gratisan. sementara mereka, dapat uang untuk menghidupi keluarganya”. Idih ogah banget, hanya demi ‘cinta palsu’ diri sampai jauh lebih rendah dari seorang pelacur..

>> Pacarmu yang mengajakmu ML, dia merupakan pribadi yang kalau ditelisik lebih jauh adalah manusia yang kepribadiannya bermasalah. Lihat saja ke lingkunganmu, ada ndak temanmu, saudaramu, tetanggamu, atau siapa yang hamil diluar nikah? Kayak apa latar belakang orang tua mereka, bagaimana pendidikan dirinya di keluarga, bagaimana nasibnya dia di kemudian hari? Pria / wanita yang kepribadiannya bermasalah itu dia mengurus dirinya sendiri saja susah. Dia mengurus impian, tujuan hidup, masa depannya aja kesulitan, mana bisa memimpinmu / membantumu memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik?

Sebelum mengajakmu ML, suruh aja dia memperbaiki kualitas kehidupannya. Kalau dia beragama, suruh aja dia kembali ke agamanya, periksa gimana hubungan dirinya dengan tuhannya. Periksa dan suruh perbaiki bagaimana hubungan dirinya dengan kedua orang tuanya. Ajak dia berpikir untuk bertanggung jawab terhadap kehidupannya sendiri, prestasi sekolahnya gimana, jauh sebelum nanti eh kog kebablasan jadinya suruh ngurusmu sebagai suami / istri lebih lebih mendidik anak.

Singkatnya, Jika Pacar Meminta Untuk ML Apa Yang Harus Kita Lakukan? TOLAK!

Penyesalan Hamil Karena ML sama Pacar
ML berbuntut panjang buat pria dan wanita
  • kamu sudah siap mengasuh bayi? TIDAK? So katakan pada pacarmu, “Aku belum siap ngurusin bayi”
  • kamu sudah siap malu dihadapa orang tuamu bahwa dirimu ketahuan sudah tidak perawan? TIDAK? so katakan pacarmu, “Datangi orangtuaku dulu sana, lamar dan nikahi aku, nanti aku serahkan ‘semuaku’ untukmu”
  • kamu sudah siap mengurusi semua urusan kerumah tanggaan ( ngurus anak, nyuci, masak buat suami, terkurangnya jatah main bersama temanmu, nyetrika, dll) sementara teman teman yang baik baik diluar sana bebas melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, karirnya bagus, orang tua mereka bangga padanya, cita cita diri bisa terpenuhi? TIDAK? so katakan pada pacarmu, “Ijinkan aku kembangkan diri lebih dahulu, namun kalau kau sudah siap, nikahi saja aku terlebih dahulu, kita gapai cita citaku bersamamu”
  • kamu sudah siap membayar azab dan balasan dosa perzinaan yang kau lakukan nanti disisi Allah? TIDAK? so katakan pada pacarmu, kembalilah kepada Allah, banyak banyak ngaji, banyak banyak istighfar agar dimudahkan jalan rejekinya buat menikah. Pelajari lebih jauh keharaman pacaran dan dosa zina di sini.
  • Simpelnya, pas Pacar Meminta Untuk ML, tanya balik, “APA ALASANNYA SAYA HARUS MENURUTIMU / MELAKUKAN MLM HARAM PRANIKAH BERSAMAMU?”.  Dia pasti akan mikir, langsung terangin aja lagi. “Alasannya cinta? owh, sejak kapan cinta definisinya jadi hubungan seks? elu mau dianggap keren sama gengmu kalau elu sudah pernah ML sama pacar? bisa kasih alasan yang bermutu?” . Hampir 100 %, tak pernah ada alasan rasional, bermutu, berkelas, apalagi halal buat melakukan Hubungan Seks sama pacar yang belum resmi jadi istri / suami kita!

Semoga sudah jelas ya paparan paparan diatas menjawab pertanyaanmu. Aku jawab secara lebih mendetail agar lebih mudah dicerna dan lengkap gambarannya. Semoga Jika Pacar Meminta Untuk ML Apa Yang Harus Kita Lakukan dirimu sudah bisa memberikan solusinya. Katakan tidak untuk SEKS BEBAS, karena Seks bebas semacam itu adalah ZINA. Zina besar dosanya di sisi Allah serta banyak kerugian duniawi yang akan kau dapat. Ya, BUANG sekarang juga PACAR monster MESUM sebelum kau jadi korbannya!

57 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Pak saya ingin minta solusi,jadi saya punya pacar,tapi dia tau masalalu saya buruk. Dulu saya sama mantan pernah melakukan hal yg dilarang,tp saya ngerasa keperawanan saya gak sampe ilang sama mantan.saya sangat nyesal dan terpuruk setelah kejadian itu,bener2 kecewa.saya ceritakan semua kepada pcr saya, Cuma pacar saya kecewa karna saya pernah melakukan itu,pacar saya bilang “oke aku terima sama kamu yg kondisinya “bekas org” tapi aku minta keadilan dari kamu,aku bakal bertanggung jwb,aku akan nikahi kamu” . saya nolak,karna gamau kejadian dulu keulang lagi,saya bener2 trauma akan hal itu. Tapi pacar saya marah karna ngerasa saya gak adil sampe2 dia bilang “cari aja sana cowo yg mau nerima kamu yg udah diapapa2in sama cowo lain,cuma aku yg mau nerima kamu dan mau nikahi kamu” saya hrus gimana pak?

  2. Kak kalau cuman ngeluakuin ciuman,pelukan,pegang payudara,terus pegang bokong aja itu gimna?apa itu termasuk zina??saya sama pacar saya soalnya udah sering ngelakuin itu,walau dulu aku pernah nolak dia tapi dia ttep aja mau aku udah larang dia buat ngelakuin itu tapi alasan dia karena dia sayang bangett dan cara ngebuktiin sayang nya ya gitu, terus dia pernah ngajak aku ke penginapan biar bebas katanya ngelakuin nya,jadi apa imi bener??apa yang harus aku lakuin sekarang?

  3. kak .. saya waktu itu pernah tinggal dipenginapan dengan pacar saya tetapi waktu itu saya semalaman gak tidur karna takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan . tetapi sekarang dia mengajak ML dan saya menolaknya lalu dia bilang bahwa saya sudah tidak perawan lagi karna sudah direnggut waktu dipenginapan itu . saya tidak percaya karna saya sama sekali tidak merasa pernah melakukan hal itu tetapi saya juga takut kalau seandainya itu benar . saya memang yakin saya gak tidur tetapi selintas saya takut jika waktu itu ternyata saya ketiduran. dia mengancam akan menyebarkan foto saya jika saya menolaknya . saya sangat takut dan saya sangat menyesal waktu itu pernah keluar sama dia .
    apa yang harus saya lakukan sekarang kak ,mohon beri solusi .. terima kasih

  4. Mas Anjrah, sya ada tman yg sdah prnah trlnjur sma pcar’y brkali”. Tpi dia bru mnyadari skrang”. Sbener’y dlu wktu bru” diajk pcar’y dia ttep kekeh mnolak ajkan’y tpi krna iman dia gk kuat jdi dia bsa trpengaruh oleh rayuan dn tipudaya pcar’y. Msalh’y skrang dia mau mnyadari dn ingin mmutuskan pcar’y krna dia gk mau trjrumus lbih jauh lgi. Tpi dia bingung krna pcarnya psti gk bkal mau klw diptusin. Tpi tmen sy ini dia udh gk prcya lg bkal bisa hdup sjahtera sma cwok’y itu.
    Mnta sara’y y mas buat tmen sy ini

  5. Man anjrah, saya F, saya pcran Ldr-an. Tapi kadang kami melakukan vcs (videocallsex). Dan sudah terlanjur melakukan hbungan intim sama pacar kalo ketemu (krna kami ldr). Yg pertama saya trpaksa, yg kedua tidak ada paksaan (tapi ttp saya merasa takut). Setelah sprti itu saya meminta ke dia utk tdk melakukan lagi kalo ketemu. Tp dia memberikan bnyak argumen, sudah bbrp kali kami brdebat. Skrg sepertinya dia marah, dan kecewa. dia mmberikan jwban ‘aku tdk akan meminta apapun lagi sama kamu. Itu kan yg km mau’ .
    Saya sadar saya jg salah krn dr awal sudah mmbuka pintu mnuju hal tsb (saya msh trbawa pengaruh prgaulan bebas. Dulu saya trmasuk ‘nakal’)
    Tp skrg saya ingin mnghindari.. dan ttp msh ingin punya hbungan sm dia krn saya cinta dia dan org tua pun sudah stuju, hnya keuangan yg blm bisa. Saya ingin mnhindari tp dia sudah trlanjur enak dan susah melepaskan rasa tsb.
    Saya harus bagaimana mnghadapinya? 😢

    1. saya sangat prihatin mendengarnya, naudzubillahmindzalik. Allah melarang suatu perbuatan, karena pasti didalamnya ada banyak keburukan. Allah larang mendekati zina, allah larang pacaran, karena memang ujung ujungnya hanyalah kerusakan dan keburukan.

      jika masih nekat, merasa enak. silakan saja dilanjutkan, namun Allah pasti kasih kamu, entah pula anakmu, ganjarannya akibat dari perbuatan dosa yang dilakukan. taubat masih ada waktu, kalau enggak sanggup menikahi, hukum diri seketika pengen ML lagi. tubuhmu kudu di hajar, dkasih tahu bahwa kamu yang masih mengkontrolnya.

      masak badan gede, pendidikan tinggi, malah jadi budak alat kecil bernama penis / vagina saja.

  6. Mas. Saya Denis. Saya punya adik yg saat ini sedang terpuruk bahkan seperti orang gila. Awalnya saya melarang ia untuk berpacaran, tetapi justru ia dirayu oleh seorang lelaki untuk berpacaran diam2. Mereka bertahun2 berpacaran dan baru ketahuan oleh saya setelah adik saya ngedrop dan akhirnya menceritakan semuanya bahwa lelaki itu sudah berkali2 memintanya untuk melayaninya layaknya suami. Kehormatan adik saya bahkan materinya habis untuk lelaki itu. Jika tidak mau memberikannya lelaki itu mrh pada adik saya dan terus memaksa. Adik saya sangat lugu dan ia ditipu daya oleh lelaki itu dgn janji2 bahkan lelaki itu sangat berani mengatasnamakan demi Allah, Rasulullah dan Al-Qur’an berulang kali bahwa lelaki itu akan bertanggung jawab pada adik saya dan akan menikahinya setelah adik saya mau melayaninya dan menuruti apa yg dia mau. Sangat banyak janji2 & sumpah yg telah lelaki itu ikrarkan pada adik saya. Adik saya mempercayainya karna janji2 & sumpah deminya itu yg mengatasnamakan Allah, Rasul & Al-Qur’an. Adik saya memberikannya pada lelaki itu. Lalu pada akhirnya adik saya ditinggalkan dan lelaki itu tidak bertanggung jawab atas apa yg sudah ia lakukan pada adik saya hingga adik saya sudah seperti orang gila sampai saat ini karna ini pertama kalinya dalam hidupnya dijebak oleh lelaki itu. Apa yg harus saya lakukan mas saya benar2 hancur melihat adik saya sangat depresi dan saya khawatir ia akan melakukan hal yg menyakiti dirinya. Saya sudah beri ia nasihat dan support atas yg terjadi pada dirinya tetapi ia sangat depresi dan tidak mempan semua perkataan saya. Tolong sarannya mas :'(

    1. mas denis. sy turut sedih dibuatnya. jika masih ada orang tua, pelan pelan di komunikasikan ke ortu.
      hanya, sampaikan ke ortu, ini adalah musibah bersama.

      menghukum / memarahi adikmu, tidak menyelesaikan masalah, malah memperuwet keadaan.
      kalau semakin ditekan, keadaan depresi adikmu makin parah.

      adikmu butuh bantuan psikolog remaja yang profesional. psikolog ga sembarangan, dia harus kamu cek, agamanya bagus
      agar tak saja dia bantu secara psikologi, juga bantu secara agama untuk taubat dll.

      semoga segera ketemu solusinya. adikmu dalam kondisi begitu butuh dukungan dari denis, dan keluarga.
      doakan dia. bertaubatlah sekeluarga, karena bisa jadi musibah ini terjadi juga karena keluarga denis jauh dari Allah.

  7. Permisi, mau cari solusi, saya cowok lugu, ketika pacaran saya di ajak ml cewek saya, tapi saya gak mau pacaran saya itu sampai ke jenjang yang lebih jauh sebelum menikah, bagaimana solusi buat saya untuk menolak ajakan2 yang bisa menjerumuskan ke dalam dosa, padahal saya pacaran hanya untuk cari penyemangat belajar, gak lebih, terimakasih

  8. Kak saya pacaran udah 6 bln. Pacar saya dulu pernah pacaran sama cewek yg nggak bener. Dia udah gk perawan. Kalau lg pengen pasti ngjakin pacar saya berbuat macem-macem. Akhirnya pacar saya terbiasa dgn hal semacam itu. Selama pacaran dengannya saya bahagia. Tp akhir akhir ini saya takut. Dia menginginkan berhubungan namun nggak sampi ML katanya. Sebelumnya kalau pacaran saya tdk pernah pegang tangan,ciuman,pelukan apa lagi ML. Tp sejak sama dia saya mulai berani pegang tangan sampai ciuman. Kemarin pacar saya ngajakin saya mainin dada dan v saya. Dia jg ingin saya mainkan p nya.dia bilang gk bakalan smpai Ml. Tp saya takut. Saya nyoba nolak. Tp saya sayang sama dia. Saya nggak mau pisah dngan dia. Tp selama ini ada tekanan batin jg karena udah pernah ciuman dan pelukan. Aku mau menolaknya kak. Tp juga mau menyadarkan dia.tolong kak gimana caranya.

    1. jangan mau. sekali kamu mau mainan ‘seks’, hampir pasti terjurumus ke ML. stop sekarang.

  9. kk saya mau bertanya. saat kami pcaran kami tdk pernah melakukan hal seperti itu. tetapi prnh melakukan hal lain yg mendekati zina. setelh saya memutuskannya, karna saya rasa dya tdk baik unk saya. dya malah berbuat nekat apapun unk bsa kembali pada saya, bahkan dya ingin
    bilang keortu saya bahwa sy sdh tdk prwn lg, seolah2 dy berpikir itu adalah jln yg bsa membuat dy kembali pada saya. saya mohon solusi kk apakah saya hrs bnr2 menjauh dri dy?

  10. Kak saya mau sedikit cerita cowo saya ngajak saya ML dan saya menolaknya dia ngajak saya gitu karna saya selingkuh dulunya dan kemarin kemarin saya chat dgn mantan dia baca chat itu jujur tapi semua itu gak ngurangin rasa sayang saya kedia saya selingkuh karna saya jenuh dengan dia yg cuek tp sbnrny saya sayang banget sama dia dan dia minta ML agar saya bisa menghargai dia tapi saya ga mauu dia malah bilang bahwa saya pasti akan selingkuh lg kalo blm ada jaminan harga diri saya kedia gmn ka cara saya menjawab kata kata dia yg seperti itu?

    1. ML hanya alasan saja. dia tidak menghargaimu, putuskan saja. sabar, jangan pacaran lagi.

  11. mas Anjrah : Saya mau minta solusi nih .. Saya punya pacar umur 25th pacar saya sudah mulai meminta ke saya untuk melakukan hubungan intim tapi saya menolaknya,,tapi pacar saya juga bilang tidak akan meminta itu lagi dan pacar saya juga bilang tidak mau merusak kehormatan saya .. saya coba uji dia dengan saya mengajaknya putus tapi pacar saya malah mmenjawab alasannya minta putus dari pacar saya kenapa ….. saya bingung mau jawab karna saya tidak menyukai gikiran dia yang seperti itu di sisi lain juga dia udah berjanji kalo dia tidak akan meminta lagi kepada saya … kasih solusinya dong mz

    1. yang sudah berani mengingkari komitmen dalam hal sederhana
      akan BERANI mengulanginya lagi dalam hal lebih besar.

      TETAP PEGANG KOMITMENMU. Hubungan seksual, hanya diberikan ketika sudah halal selepas ijab kabul di KUA / setelah pernikahan. TITIK.
      berani nego, putusin. Karena kalau tidak diputusin, dia nggak pernah mau berubah.

  12. mau curhat nih pcrku syg bgt sm aku dia maksa aku buat k penginapan dia maksa aku buat ML tapi aku berhasil buat menghindar trus dia menyesal udh paksa aku katax dia lakukan it krn dia gk mau aku jadi milik orang lain
    ap yg harus kulakukan aku syg bgt sm dia tapi dia kukuh hrus ML demi buktikan klo aku serius sm dia
    minta saranx donk apa yg hrus aku lakukan

    1. alasan dia itu semuanya bulsit. dia cuman inginkan tubuhmu, tak ingin hal yang lebih. apalagi masa depan bersamamu.

    2. Kak saya mau tanya,aku kan punya pacar terus niat kita buat seriusan tapi dia gak percaya kalo aku belum pernah melakukan hubungan terlarang karna saya lama bekerja disebuah PT hanya daerah itu sangat terkenal buruk pergaulannya dan meminta saya buat membuktiinnya, dia berjanji akan menikahi saya, tapi saya menolaknya dan berusaha buat yakinin dia dengan cara lain, dan saya juga saranin buat shalat malam kalau memang gak yakin ma saya, tapi dia tetep dengan pendiriannya karna pengalaman dia sebelumnya yang selalu dibohongin jadi dia takut kalau saya bohong, terus saya harus gimana? karna saya sayang dan gak mau kehilangan dia tapi aku juga gak mau buat melalukan hubungan terlarang dengannya, aku udah berusaha buat menjauhinya tapi tetep gak bisa karna dia selalu hubungin saya dan bilang kalo dia mau kita nikah tapi dengan syarat dia itu kak

      1. Allah dulu, baru yang lain.
        jaga agamamu dulu, baru yang lain.

        karena, Allah lebih bisa dimintai pertolongan dan perlindungan
        dibandingkan yang lain

        Allah yang lebih bisa ditepati janjinya
        So, tetap pada fokusmu, ‘kasih’ kalau sudah halal di KUA.

  13. Kak anjrah sy mau tanya tmn saya sudah melakukan hal itu beberapa kali kepada pacarnya. Tetapi si cewenya sudah merasa sayang sekali sama cowonya hingga dia memberi terus.lantas bagaimana cowo yg sprti itu apa harus diputuskan.cwenya itu termasuk anak yg rajin dalam hal beribadah lantas harus sprt ap sy memberi masukan kpadanya?tlong dibalas

    1. agak panjang.
      karena ketika sudah ‘terkena seks’
      nalar seseorang ‘agak kacau’.

      dinasehati sebisa yang kita lakukan.
      contoh, ML ini sekedar sarana ibadah (jika dikerjakan secara halal)
      dan jadi sarana pengundang azab neraka jika dikerjakan dengan tidak halal.

      Sayang sayangan ketika dalam format zina
      sayang sayangan yg hanya akan buat pelakukan masuk neraka.

      coba ingatkan dia mengenai ortunya, apa mau kasih dosa dosa ini ke ortunya?
      sebagaimana kalau dia amal shalih, amal shalihnya juga akan nyampe ke ortunya.

      bila perlu, laporkan ke ortunya.
      bawa bukti yg cukup. agar jera.

  14. saya wanita berumur 23 tahun , saya pernah memiliki kekasih yang baik tapi semua berubah ketika memasuki 2 tahun hubungan kami , dia selalu minta yg macem-macem ke saya , saya tetap bisa menjaga kesucian saya sampai hampir 5 tahun kita berpacaran dan akhirnya saya memutuskan untuk putus dari dia , alhamdulillah sekarang saya memiliki kekasih yang mampu menunggu hingga nnti kami menjadi halal , terkadang dia masih sering menghubungi saya membandingkan saya dengan kekasihnya yg baru , dia blg dia menyesal tp mungkin dia kelelahan sendiri karena saya sama sekali tidak merespons padahal dia sudah memiliki kekasih bahkan mereka sudah pernah melakukan hub suami istri , saya sadar sekarang kenapa Allah menjauhkan saya dari pria itu 😊
    pesan untuk kalian para wanita jadilah baik untuk mendapatkan yang baik .

    1. kasus qt sama mba dia ngajak aku ML tapi aku berhasil tolak katax dia ngajak aku bgtu agar aku gk jadi milik orang lain katanya dia syg bgt sm aku aku jg syg bgt sm dia tapi aku gk mau ML sebelum nikah tapi dia gk bsa buat lanjutin krn dia blng aku gk serius sm dia klo aku blm buktikan bsa ML sm dia
      minta saran donk apa yg hrus ku lakukan

      1. lepaskan dia. cowok minta ML diluar pernikahan, ciri dia bukan manusia berkualitas. agama apapun. selama apapun sudah pacarannya.
        ML hanya dibenarkan kalau sudah dalam ikatan pernikahan, cewek dan cowok baik akan berorientasi ML secara halal.

  15. Jika yg minta perempuan bagaimana? Dan sebelumnya dia sudah melakukan dengan mantannya, sedangkan si lami laki tidak pernah sama sekali .trims

    1. jangan membuka jalan kerusakan ke orang lain. hal keliru itu aib dan dosa. mau laki laki apa perempuan yang memulai. dosa, dosa, dosa dan pasti akan di adili di akhirat kelak.

  16. seringkali wanita justru takut jika dibilang tdk cinta oleh pacarnya yg minta zina kelamin saat pacarnya meminta ‘bukti cinta’
    janganlah wanita menjadi bodoh karena kelemahan itu,waktu pacar minta zina kelamin,dirinya harus merasa TERHINA,dan bentak saja laki2 itu dengan kata2:”aku memilih putus darimu,semata mata karena yang kamu minta,aku memilih putus darimu karena takutku pada Allah”
    percayalah jika pacarmu itu tersentak dengan ucapanmu namun kalian menikah juga,kata2mu akan teringat sampai matinya bahwa dirimu adalah wanita yang bertekad menjaga kesuciannya,ia akan respek selamanya.
    jika ia kemudian menjauhimu,ucapkan:”alhamdulillah”,dirimu sudah terlepas dari laki2 kotor,Allah akan berikan laki2 soleh lainnya untukmu.

  17. Saya lagi galau calon suami saya sll mnta saya sprti itu trus kl saya menolak dy sll berdalih ingin memutuskan smuanya pdhl saat sprti ne kan sudh matang pembicaraan org tua masak mau d batalin gt ajah dy tdk mau menunggu di blg nikahnya msh lama pdhl 4 bln lg d sisi lain say bgg kl meh blg g nti kedua org tua saya gmna perasaanya kl hrs batal d sisi lain prinsip saya sprti itu saya bgg dg smua ini

    1. selalu ada pilihan dalam kehidupan. hanya, akan lebih sakit orang tua nanti di kehidupan yang akan datang kalau sampai ada hubungan seksual di luar pernikahan. tetaplah komunikasi yang baik dengan dia, SURUH BERSABAR. sampaikan ke dia akan indahnya malam pertama dimana penasaran yang lama akhirnya bisa tertunaikan.

      seperti kalau umat muslim puasa, sungguh nikmat makan ketika berbuka. Ya karena dia bersabar menahan keinginanan makan seharian, lalu Allah halalkan untuk makan di sore hari.

      sebagaimana engkau sudah tahu ini sudah matang, dia aslinya juga sudah tahu kalau keputusan kedua orang tua kalian sudah matang. dia nggak akan semudah itu juga ‘bilang nggak jadi’…

      Kalau pun beneran nggak jadi, bersyukurlah. kamu diselamatkan dari orang yang ‘mentalitasnya buruk’. walau ya setiap kualitas suatu peningkatan yang baik ‘selalu ada harga yang dibayar’.

    2. oya astri, bayangkan yang terburuk. ni cowok dengan mentalitas seperti itu bisa malah: dia sudah mengambil keperawananmu, dia pergi meninggalkanmu, dan acaramu semua batal.

      mentalitas begitu bisa sampai semacam ini. maka tegaslah sejak awal, kalau mau, nunggu sampai halal setelah pernikahan. PEGANG ERAT ERAT KOMITMENMU itu. Keuntungannya, kalau kamu jadi beneran sama dia, kamu mendidik dia jadi pria baik. Dia tahu kamu sosok yang berkomitmen. Kalaupun nggak jadi, “tubuhmu selamat”, masih punya “daya tawar” buat cowok baik lain di kemudian hari.

    1. dalam agama, harus bertaubat. tak boleh lagi mengulanginya.
      urusannya berat sampai kehidupan akhirat kalau nggak mau bertobat.

      dosa di akhirat jauh lebih berat kepedihannya dibanding cuman diputusin pacar.

  18. Sangat bermanfaat dn mudah untuk di fahami.. Sya juga seorang laki-laki tpi alhmdulillh sya gk prnh nglakuin hal yg lbih sma pacr sya. Krn sya tidk ingn mlm prtma sya mnjdi mlm yg biasa-biasa sja. Sya ingn mlm prtma sya mnjdi mlm yng luar biasa.

    1. pikirkan jg sampai anak anak wanitamu kelak. mau dapat ‘karma’ karena ulah bapaknya? :)
      sikapmu sudah tepat. lanjutkan menjaga kesucian dirimu.

  19. aku Satrio seorang laki” aku sangat bersyukur kena terjauh dari perbuatan zina ku gk pernah pcran ku pcran pernah tpi gk pernah ktemua kena rumahnya jauhku bersyukur dan Allah sangat sayang n cinta sma saya kalian harus bisa menjaga kehormatan kalian

  20. Kak , kalo misalnya pacarku udah aku bilangin biar tobat tapi dia malah bilang aku sok suci gimana?

    1. tetap fokus pada apa yang baik buat dirimu. ORANG LAIN TAK PERNAH puas dengan segala perilaku kita.
      jadi baik di komentarin, jadi buruk diri kita rugi,tetap juga dapat komentar.

      So, fokus aja, pasang kacamata kuda. lanjutkan tobatmu, abaikan apa kata orang. konsistenlah.

  21. Bang, saya nita saya termasuk salah seorang yang bisa di bilang saat ini lg mengalami situasi sperti ini tp sampai saat ini blm saya kasih kpd pacar saya. Stiap saya menolak pacar saya selalu minta buat buat mutusin saya sedangkan saya belum bisa tanpa dia saya masih butuh dia dlm hal apapun termasuk materi. Tolong solusinya..

    1. tetap pada keyakinanmu. orang baik pasti akan mau menunggu ‘saat halal buat mendapatkannya’.
      nggak ada jaminan, NGGAK ADA JAMINAN, kamu kasih pun dia tetap bersamamu, nggak ada.

      so, jangan sampai rugi banyak. dosa, hilang hal yang penting dari diri kita, kehilangan dia juga.
      kembalilah kepada Tuhan, DIA JAUH LEBIH bisa mencukupi segala kebutuhanmu, ketimbang manusia yang lemah… tanamkan keyakinan ini, sambil terus berusaha mandiri dengan upaya sendiri mencukupi kebutuhan sendiri.

      semangat selalu!

  22. Sungguh sangat bermanfaat,aku memang seorang cowok,ingat…
    Jika cinta,jangan dirusak,jika sayang dijagain,makasih yah atas infonya…..

    1. semoga bermanfaat kak, makasih apresiasinya. :) jangan sungkan menshare ke facebook atau temennya, kali suatu hari dihadapkan pada pilihan yang demikian, sehingga sudah bisa tahu apa yang harus dilakukan.

  23. mas Anjrah, aku request donk: selama ini kan bikin artikelnya kenakalan remaja mlulu ya, sekali kali donk bikin artikel bertemakan KENAKALAN ORANG TUA. biar fair gtu,coz bnyk tuh aku liat disekitar ku bnyk ksus kek gtu.

Apa Komentarmu tentang Bahasan di Atas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *