Cara Memindah File Android ke Laptop Via Sinyal Hotspot

cara memindah file android lewat wifi / hotspot menjadi tema perbincangan kita pagi ini. Kita tau kemanfaatan HP android sangat banyak sehingga tidak jarang banyak aktivitas bisa langsung dikerjakan skaligus melalui gadget pintar kita itu. Permasalahannya kadang pada proses memindah filenya ke komputer/ laptop kita.

Saya sendiri termasuk pribadi yang hampir selalu berada dalam sinyal hotspot. Kebetulan rumah saya juga saya design dengan fasilitas wifi. Dari anugrah wifi itu saya berpikir, "wah, bagaimana caranya agar kerjaan yang ada di android bisa saya pindah ke laptop atau komputer tanpa kabel USB, tanpa pake bluetooth sekalian memanfaatkan sinyal wifi / hotspot semata?".

Akhirnya saya melakukan pencarian ke android market (sekarang sudah ganti nama menjadi Google Play) kira-kira aplikasi apa yang bisa saya gunakan. Setelah beberapa percobaan, saya cocok dengan aplikasi Wifi File Transfer. Aplikasi android itu saya install, lalu saya ujicobakan untuk memindah file android lewat hotspot tanpa kabel usb dan alhamdulillah bekerja dengan baik.

Langkah cara memindah file android lewat hotspot itu gimana?

Tahapan cara memindah file file androidnya sangat sederhana. Bagi yang awam menggunakan android, silakan bisa mencermati beberapa inspirasi instalasi dan cara kerjanya berikut:

1. Masuk ke menu handstet android anda, cari menu google play. Anda pastikan android anda bisa terkoneksi dengan internet

2. Carilah wifi file transfer dari smarterd droid pada menu searchnya. Ketika sudah menemukan, download, lalu install.Tunggu proses instalasi selesai. Aplikasi wifi file transfernya memiliki logo seperti dibawah ini

data transfer android melalui wifi tanpa usb bluetooth pake pindah kartu to pc

aplikasi Wifi File transfer

3. Ketika proses instalasi sudah selesai. Carilah menu baru di android anda menu wifi file transfer. Silakan klik aplikasi itu. Setelah aplikasi sudah berjalan akan muncul tombol start. Klik Start untuk memulai proses pemindahan data yang anda perlukan.Maka kan muncul tulisan untuk mengakses file android kita melalui IP Address tertentu.

4. Ketik alamat IP addres yang ditampilkan oleh aplikasi wifi file transfer tadi. Misal IP addresnya adalah http://192.168.1.101:1234. Maka ketik saja alamat itu di firefox, internet explorer, crome atau apapun browser anda. Setelah di klik nanti terbuka jendela file explorer milik aplikasi wifi file transfer yang itu langsung mengakses aneka data yang ada dalam hp android anda.

5. Fungsi fungsi yang bisa dilakukan melalui http://192.168.1.101:1234 lumayan cukuplah dalam kepentingan kita sekedar memindah data. Ada menu delete, copi, paste, sampai mencompress dalam format zip ketika harus memindah multiple data.

Semoga informasi  cara memindah file android lewat hotspot tanpa kabel usb maupun bluetooth ke PC atau laptop maupun sebaliknya bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Aku juga sebelumnya sudah share mengenai antivirus android yang bagus sama game gratis android berjudul sniper pilihan buat android silakan dicek :).

 

Suka Artikel ini? Dapatkan Updatenya GRATIS via Email!
author
Aku Geek Psikologi. Trainer. Pembicara Publik. Passionku sekarang utak atik wordpress dan Jualan Melalui Internet. Pastikan Like Fanspage Kami ya di Fanspage Anjrah University agar bisa terus dapat info terbarunya. Makasih.
10 Responses
  1. author

    Anonymous9 months ago

    itu sama aja didownload lagi filenya y

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University8 months ago

      itu mindah antar device perantaranya wifi gan.

      Reply
  2. author

    deka11 months ago

    like this njrah..

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University11 months ago

      makasih mas deka, sudah berkunjung :D, inget share ya ke komunitasmu, kali membutuhkan informasi semacam itu juga :D

      Reply
  3. author

    Icahbanjarmasin1 year ago

    Terima kasih banget nih bang atas Tutorialnya.

    Reply
  4. author

    Muslimedica2 years ago

    hp saya masih nok 1202, saya instal android hingga hari ini belum bisa-bisa ^_^ (rohah)

    Reply
    • author
      Author

      Anjrah University1 year ago

      wah kalau itu jurusnya aku ndak ngerti. butuh super mastah yang bisa jawab.

      Reply
  5. author

    Gugun3 years ago

    wah pengen nyoba tapi gak punya hp android WiFi juga gak ada hahaha

    Reply

Leave a reply "Cara Memindah File Android ke Laptop Via Sinyal Hotspot"