Cara Membalas Orang Yang Menyakiti Hati Kita Menurut Mario Teguh

Cara Membalas Orang Yang Menyakiti Hati Kita Menurut Mario Teguh

Anjrah University – Disakiti, siapa sih yang mau. Lebih lebih, disakiti oleh dia yang kita masih mencintainya. Maka, butuh strategi tersendiri bagaimana mengatasinya, ini ada Cara Membalas Orang Yang Menyakiti Hati Kita Menurut Mario Teguh, cara yang sangat elegan dan daya pukul baliknya teramat besar.

Mau tahu bagaimana strateginya?

Balasan terbaik Untuk Orang yang Menghianati Cinta Kita Buat Cowok Maupun Cewek
Balasan terbaik Untuk Orang yang Menghianati Cinta Kita Buat Cowok Maupun Cewek

Paham Kak? Selama ini kan kalau membalas identik dengan kita membuat dia menderita. Membalas balik dengan sikap atau perbuatan yang malah semakin membuat PENEGASAN KEPADANYA bahwa dirimu memang sangat layak disakiti.

Apalah gunanya kalau dia selingkuh, kita balas dengan selingkuh. Apalah artinya kalau dia suka berkata dan berbuat kasar, kita balas dengan melakukan hal yang sama. Kalau kita membalas dengan hal sama kan sama aja artinya kita sendiri tidak jauh berbeda kualitasnya dengan dirinya.

Balas dengan Membuat Diri Kita Jauh Lebih Baik, Balas dengan membuat kita menjadi orang orang yang di inginkan oleh orang yang jauh lebih baik daripada dirinya. Bukankah penyesalan yang terbaik ialah dimana dia menyesal telah meninggalkan sosok yang sebenarnya kualitasnya jauh lebih tinggi? Kesadaran terlambat yang bisa jadi ketika ia menyadarinya anda sudah jauh lebih bahagia mendapatkan yang lebih baik.

 

80 Comments

  1. Saya sudah lama putus dari pacar saya, tapi saya masih tetap berhubungan layaknya seorang kekasih. Dia bilang kalau dia masih belum siap untuk kembali karena dulu aku pernah melakukan kesalahan. Dia juga bilang kalau aku masih mau menunggu dan bersabar untuk menunggu dia kembali padaku, aku bahkan baru kali ini memperjuangkan seorang laki2. Aku lakukan segalanya untuknya. Tapi, dia sendiri melakukan sebuah kesalahan dengan menjalin hubungan dengan kakak tiriku. Dia berbohong kalo sebenarnya dia tak pernah menyukai kakakku, tp hasilnya? Semua orang bilang bahwa mereka ada hubungan . . dan aku, aku yang lama menunggu selama 7 bulan hanya mendapat sebuah pengkhianatan dr kakak dan orang yang aku sayang .kakakku pun tak mengakui kesalahannya. Tapi aku sudah mengetahui segalanya dan mereka dibelakangku ada hubungangan. Kakak dan mantanku itu pandai berbohong. Dan sadisnya adalah kakakku sendiri juga sudah punya seorang tunangan, tapi dia tetap saja ingin memiliki mantanku. Mantanku dia bersikap seakan2 hanya aku dihatinya. Dia perhatian padaku. Bahkan aku diperlakukan seperti pacarnya. Aku sudah berkali2 bilang pada kakak dan mantanku “jika kalian sm2 suka. Aku relakan” tp mantanku tidak mau bersama kakakku. Dan Sekarang aku bertingkah bodoh dengan terus memperjuankan dia, aku berfikir tak pernah bs hidup tanpa dia. Aku bingung harus gmn dengan masalah ini. Aku sunggu lelah selama ini dikhianati oleh kakakku dan dia yang aku cintai

  2. Pak anjrah, aku sudah berhubungan 1 bulan dengan pacarku.. tapi dari pertama dia kenal sama aku…dia bilang kalo dia akan serius sama aku dan lain2 dia akan ngejaga aku. Terus karena mungkin dia ngebathin karena saudara2ku menganggap kalau dia bukan laki laki yang baik. Aku selalu cemburu sama dia karena aku sayang, dan disuatu hari dia bilang kalo dia uda biasa sama aku…dan alasan dia, aku disuruh fokus UAS…dan masing2 dulu…kata dia suatu saat ada waktu yang pas untuk mempeebaiki semua ini…tanpa ada kata putus, udah hampir sebulan aku dan dia masih kontak2an…tapi dia tiba2 menghapus namaku di statusnya dan menghapus mengenai aku ultah di sosmed…dan dia mulai berbicara dengan kata “lo” dan “gue” ke aku tidak seperti biasanya….dan saat aku bertanya sama dia mengapa statusku dihapus…dia melewatkan semua pertanyaan yang aku berikan, dan setiap aku bilang aku masih mencintai dia sampai kapanpun dan aku akan terus berjuang demi dia…dia hanya berbicara terima kasih. Dan aku selalu meminta kesempatan ke dia untuk memperbaiki semua…padahal aku tidak pernah menghianati hubungan kita dengan adanya orang ketiga…karena saja memang kita jarang keluar bareng…paling hanya pulang bareng atau bertemu dikampus… dan tiba2 dengan mudahnya dia bilang dia udah gak sayang aku. Dan dia bilang “belum waktunya, tuhan tau, dan gak ada yang tau” dia memang laki2 yang penuh teka-teki…dan membuat aku selalu memikirkan dia dan sedih dan dalam sholat dan doaku ku selalu mendoakan dia atau hubungan kami…sekarang dia tega mempost foto bersama temannya atau pacar barunya…dan mengumbar kata2 sayang…aku berharap dia akan menyesal karena dia tidak tau bahwa ada perempuan yang bisa menerima dia apa adanya, tidak pernah mau merubah apa yang dia suka dan tulus mencitai dia sampai sekarang yaitu aku. Sampai detik ini aku masih mencintainya dan aku akan belajar ikhlas untuk melepasnya..dan membebaskannya kalau dia punya hati pasti dia akan sadar kenapa aku tidak mengganggu dia lagi…tidak melalukan kebiasaan ku yang selalu menyapa dia mengingatkan dan sebagainya

    1. kamu mah masih mending 1 bulan
      klw aku udah 4 tahun
      pas cwe itu masuk kerja dy selingkuh n lebih memilih cwo yg baru dy kenal

  3. saya punya masalah dengan murid baru kakak kelas saya, dia ingin saya membantunya untuk kenal dengan teman saya, tapi teman saya itu orangnya munafik dan saya sudah bilang tentang keburukannya ke dia. tapi malah saya yang di salahin dan di musuhin… bagaimana ya???

  4. Saya punya temen di SMA tapi temen saya itu suka bikin saya kesel dia selalu panaspanasin mulu sama dia saya sudah sabar untuk tidak kesal atau pun marah sama dia karna dia masih teman saya trus saya bisa apa kalo dia selalu berbuat itu kepada saya apakh saya harus sabar menghadapi semua ini!!

  5. Om gimana caranya ngatasin hubungan yg rumit, dia sudah memiliki pasangan tetapi saya dan dia saling mencintai kamu jalani hubungan dengan penuhi kayakinan Saya ingin sekali selalu hidup bersamanya selalu ada di dekatnya tetapi saya ragu tetapi Dia meyakinkan saya bahwa kita kan selalu bersama Dia meyakinkan saya akan menikahi saya dan dia berjanji akan menyelesaikan semua masalah dan dia mengatakan semua akan baik-baik saja Seiring berjalannya waktu kamu cukup tenang dan selalu ada untukku Dia berkata seperti itu dan dia berhasil meyakinkan saya tetapi ada keraguan dan kebingungan di benang saya Apa yang harus saya lakukan apakah saya lanjutkan hubungan ini atau saya akhiri mohon solusi mohon solusinya agar hati saya tenang terima kasih

    1. agar tidak rumit, sederhanakan.
      percaya sama Yang Di Atas, pasti ada jalanNya.
      kalau kamu kehilangan keyakinan dalam hal ini,
      maka, saran lain nggak ada guna :)

    1. tidak juga.

      tp dalam konteks pacaran, terbaik ini kadang hanya tipuan belaka.
      waspadalah.

  6. Bagaimana cara menyikapi ortu ( ayah ) ketika kita merasa disakiti hatinya..
    Terkadang amarah ingin membalas itu ada,tp slalu terfikir itu hal tidak baik.. Tlong bantu pencerahan nya pak.. Trumakasih

    1. pertama: coba diselami, mungkin ada hikmah yg kita nggak tahu padahal baik buat kita
      kedua: ucapkan dalam hati, saya memaafkan ayah saya. ya, pengobatan terbaik adalah dengan memaafkannya.

  7. Om saya punya pacar udah selama 2 tahun,kita sudah tunangan
    Tapi sikap dia dari dulu ga pernah baik ke saya,terlalu mengekang dan cemburuan,
    Omongan saya ga pernah d hargai.
    Dia kalo marah suka bentak bentak,dan sering main kasar pada saya.
    Apa dia bisa berubah om ? Atau saya harus bagaimana ?

  8. Pak dulu saya pacaran sama dia orang tuanua merestui hubungan kami, tapi karena dia uda bohongin saya jalan sama cwok lain, saya sempat emosi kasar sama dia karena emosi saya gak bisa di kontrol lagi. Jadi pas saya kasar ayahnya tau saya kasar sama dia, jadi saya di putusin dan sampe 6 bulan. Setelah itu saya balikan lagi sama dia, saya berjanji gak kasar lagi. Tapi sekarang malah orang tuanya tidak merestui pak, tapi saya masih sayang sama dia pak. Cemana solusinya pak?

  9. Aku pacaran sudah 8 Bulan. Brpa minggu ini dia berubah.. Beratem slalu tanganin saya. Sebenar ya saya gak kuat sama semua ini. Saya pengen berakhirin hubungan ini. Tapi saya masih syng dan gak bisa lupain dia.. Bagai mana om menurut om

    1. putuskan, segera cari yang lain. orang baik banyak di muka bumi ini kalau kamu mempercayainya.

  10. Pak saya pacaranhampir 3 tahun, tibatiba dia berubah jadi suka main sama temen2nya tanpa bilang ke saya. Karna saya kesal saya putusin, dan dia bilang dia mau fokus sama karirnya. Tapi ga lama dari itu dia ternyata punya pacar lagi tapi dia tetep bohong sama saya. Jadi gimana pa agar cepat lupa sama dia?

    1. punya target kesuksesan 5 tahun kedepan. fokus mencapai itu.
      orang baik akan datang dengan sendirinya.

  11. Saya lg ngerasain ini sekarang.saya pacaran sudah 1th lebih. Awalnya hubungan km direstui sama orang tuanya pada saat saya mutusin buat mulai merintis usaha.awalnya dia sangat mendukung niat saya itu karena ini buat masa depan kami dan saya pulang ke daerah saya awalnya kami kenal kami kérja ditempat yg sama didaerah dia tinggal kita beda kota paling jaraknya bisa ditempuh slama 2jam. Dan dibulan pertama kami jalani hubungan LDR dia masih trus ngasih semangat aku.dan dia setiap hari kirimin aku foto dia lg ngapain. Dan pada akhirnya aku ga tahu krena masalah apa dia mulai jauhin aku. Dia blokir seemua alat komunikasi kami.aku tlpon ga diangkat dan ga mau bls smsku. Itu berlangsung slama satu bulan dan disaat itu aku juga masih fokus sama usaha yg baru aku rintis dan blm bisa ditinggal. Sampai akhirrnya aku kesana dan minta penjelasan….. woww apa yg dia bilang ternyata dia sudah jadian sama orang lain.alasan dia krena itu kemauan orang tuanya yg pingin dia nyari pasangan yg satu daearah. Krna dia cuma tinggal berdua sama ibunya yg juga sakit stroke. Semua saudaranya sudah netap di luar kota…. sebenere aku tahu klo dia masih sayang sama aku tp krena dia pingin berbakti dan nurutin kemauan orang tuanya yg tinggal satu2nya. Dan dia ngomong sebenere dia ga suka sama pacar dia sekarang.sebelum aku mitusin buat buka usaha sendiri didaerahku aku sudah ngomong jarak ini hanya sementara klo usaha ini sudah bisa jalan aku bakal balik lg ketempat dia dan ngembangin usahaku disana. Tp semua brjalan tidak sesuai yg aku harapin.dia mutusin aku secepat itu disaat usaha aku baru berjaln 2 bln.dia jadian sma orang lain disaat kita masih ada hubungan memang kita lg ada masalah karena jrak. Meskipun begitu kita masih temenan walupun sebenere ht ini ga bisa nerima perlakuan dia. Ya intinya mungkin Allah punya rencana lain buat aku dan mungkin aku harus lebih fokus sama usaha aku karna ini buat masa depan aku dan sebenere buat masa depan kami.makanya aku mutusin keluar kerja dan memulai membangun usaha buat masa depan. Gmana ya seumpamanya dia ngajakin balikan disaat aku sudah bisa sukses dgn usahaku ini…… klo perasaan sayang sampai detik ini aku masih sayang waluapun aku tahu dia sudah berhianat

    1. fokus ke bisnis dan jalur suksesmu. tuhan sudah siapkan orang baik yg menemanimu di kemudian hari.

      1. Apakah rasa sakit harus selalu kita pendam?menutupinya dgn kesendrian apa wanita harus mengalah? Saat Cinta membodohi akal sehat kita?

        1. dimaafkan. cintai dirimu dengan melakukan hal yang jauh lebih baik dan bermutu. dibodohi cinta hanya bisa terjadi kalau kita menyerah dan memang MAU dibodohi.

  12. saya punya pacar hubungan kita udah 1 tahun dan di hari 1 tahun itu dia tiba tiba mutusin saya tanpa sebab dan tidak ada masalah sama sekali…
    kita LDR dan sbelum dia mutusin saya gak ada hal hal yg mencurigakan dia tetep ngasih kabar walaupun tidak setiap hari dan ketika saya udah 2 minggu putus sama dia .. saya mengetahui semuanya dia telah memilih wanita lain dan dia jadian sama wanita itu hubungannya masih dengan saya… jadinya dia mutusin aku karna dia udah jadian sama yang lain… kenapa dan sampai saat ini pun saya belum bisa melihat dia bahagia sama yang lainnya dan semenjak putus sama saya sikap dan tutur kata dia berubahh

  13. asalammualaikum pa, mohon pencarahannya. gini pa,aku sudah hbungan hmpir 2thun jalan semenjak dia ngekos krna ada tugas di sekolah yaitu pkl, gk lma kemudian dia menghianati aku dket sma cowo lain tmen kosannya,dia sering bareng bareng bhkn jlan bareng tnpa sepengetahuaan aku,tpi gk lma kmudiaan penghianatan dia terbongkarlah sudah.trus apa yg harus aku lakukan dan aku harus gimna pa ? apkah aku hrus mengakhiri smuanya atau brthan dngan ketida prcayaan ?

    1. kualitas hubungan tidak ditentukan lama atau sebentarnya pacaran.
      kualitas hubungan ada di sejauh mana dalam hubungan itu kamu makin taat pada Tuhan,
      atau semakin dalam melecehkan aturan Tuhan di dalamnya.

  14. Saya pacaran sdh 7 bulan
    Saya merasa kekasih saya ini tidak menghargai saya seperti contohnya , dia bilang ke saya sudh berhijab tetapi saya tanya teman2 dekatnya dia masih tidak berhijab kalau tdk bersama saya bahkan baju yg minim & banyak sekali hal yg kerap buat saya sakit hati karna kesabaran saya yg gak hilang2 untuk dia
    Pertanyaanya gimana cara saya udahin hubungan tapi buat dia juga apa yg saya rasain tapi bukan menyakiti dia
    Terimakasih pak

  15. Mohon sarannya pak..
    Saya bru mnikah 1,3 thn sdh d karunia ank 1 usia 3 bln. Akhir2 ini sya mlihat medsos suami sya sdang chat mesra dgn wnita lain. Kjdian ini terjdi stlah sya 1 bln mlhirkn.dia bgtu amat mncintai wanita itu pak.. gmn menurut bpk sya sdh tdk sanggup mnahan sakit ini.. ingin pisah tapi anak sya msh kecil.mohon saran terbaiknya pak. Terimakasih

    1. hidup ini adalah pilihan jadi pilih lah untuk selalu hidup berbahagia bersama orang yang menghargaimu,

  16. Pak saya pacaran selama 1thn.Pada hal sya Ndak pernah.sedikitpun tengkar.TPI dia tega amet Ama aq.dan tinggalin saya berhungan Ama lelaki lain sampek dia bertunangan Ama orang lain.ampek skrg hati ini nyesek.
    Saya minyak solusi yg pak biar saya bisa ngelupakan dia.

  17. Pak gmana sih mendapatkan seseorang yg bisa nrima aq apa adanya.KLO ada cara tolong pak ksih tau.

  18. Saya punya teman cewe, dan saya sangat menyayangi nya , seiring waktu saya berkorban buat dia, saya mati2an demi apa yg dia mau, hanya agak timpang ketika tidak ada respon yg saya dapat kan, dan adapun respon itu hanya ketika dia memang lagi butuh aja, dan pada akhir nya saya tau kalau saya hanya dianggap abg nya, dan dari cara nya dia sudah punya pilihan lain (teman saya sendiri) , sekarang dia tlp/sms saya terus, ga tau apa maksud dan status nya saat ini, yg jelas persaan ku dia sudah hancur kan , dan membuat aku muak untuk mengingat nya,,, pertanyaan saya, saya harus bagaimana menghadapi ini, terimaksih buat bpk, sudah menjawab (salam supel)

  19. Saya pernah nyakitin pcr saya karna dulu saya sering bhong sering ddk sama kwn cwok tpi saya memang mencintai dia hubungan kami udh swrius udh berencana buat nikah tpi dia berubah menjadi sifat saya yh dulu skrg dia sering mrh mrh suka blg putus tpi dulu saya gaj pernah bilang kata putus .sering sensi tiba tiba gk percaya lgi dgn selama sebulan ini saya asik nangis trus .dia sering skitin saya .saya cuman bisa buktiin saya hrus gmna pak saya cnta kali sama dia niat pcran dgn dia tujuan nya buat nikah

    1. Gima pak .kalo dulu kita juga sering bohong dan nampak sama dia gak nge hargai dia .saya juga sering dekat cwo karna saya lebih suka main sama cwo dari pada cwe .tapi lama2 saya keasyikan bohong dan anggap dia remeh .tapi saya sayang banget sama dia pak .
      Udah 2 bulan saya di putusin hingga akhirnya saya tak bisa jauh dari dia .dia balas dendam ke saya .mlakukan hal yg lebih dari apa yg saya lakuin dulu .gak pernah mncari saya lagi .dan kasar.tapi saya ttp brtahan dgn kekasaran nya trhadap saya .karna saya tahu dulu dia mrasakan nya juga .
      Saya gak mau jauh dari dia .gimana supaya dia baik lagi ke kita pa .

  20. Pa saya sudah pacaran 2 tahun dia itu udaa selinkuh 2 kali alasanya dia itu dendam sama aku gara gara aku deket sma tmen cwo kn itu cman rekan bisnis aja. Tpi saat dia selingkuh aku selalu memaafkanya dia udah janji sama aku dia engga akan ngsms selingkuhanya lgi tapi kenyataan nya cewe nya yg selalu nge ganggu kami. Pa apakah saya salah klo saya marah sma perempuanya?. Apa yang harus aku lakuin?

  21. pak, saya sudah pacaran hampir 7 tahun. Kami telah sepakat akan menikah tahun ini, 6 bulan yg lalu kami sudah mulai mencari rumah berdua untuk kami tempati. rencana masa depan pun sudah kami diskusikan. tetapi 4 bln yg lalu dia bilang rasa cintanya berkurang dan sikap nya dingin sekali. saya bingung pak, kenapa dia berubah dgn cepat sedangkan keluarga besar saya sudah mengetahui rencana kami menikah tahun ini. sekarang dia sudah tidak pernah menemui saya lagi dgn alasan sibuk. padahal rumah kami lumayan dekat. komunikasi pun sudah jarang. pak, kira kira apa yg saya harus lakukan? dan kenapa hal ini bisa terjadi? apakah laki laki sangat mudah melupakan wanita secepat itu?

    1. menikah tak ada yang sukses hanya karena cinta. cinta bahkan tak selalu harus hadir dulu di awal pernikahan. ada banyak pernikahan yang hari ini sukses bahkan tanpa ada cinta di awalnya. Bahkan jauh lebih langgeng tanpa harus ada pacaran dulu.

      Kok bisa? bagaimana bisa?

      Iya, karena yang jauh lebih kuat mempersatukan dua insan dalam pernikahan ialah visinya. visi yang kuat dan bermutu ini yang akan mengikat erat dua hati yang bisa jadi sangat sangat berbeda bahkan belum mengenal sebelumnya.

      Cari laki laki yang bervisi secara konkret. Sesuai dengan visi hidupmu. Jadilah kalian teman yang saling bahu membahu mewujudkan visi itu. maka nanti dah nggak ada urusan cinta naik turun lagi. :)

  22. Sy udh pacaran selama satu tahun lebih. meskipun cowok sy bikin sy marah atau apa sy gapernah sampe minta putus dan gak akan balikan lagi:’ . Tapi waktu berjalan dgn cepat seakan dia sudah merasa diirinya di sia siakan.. alasannya saya gak bisa berubah dgn sikap saya yg menurut dia itu gak baik. dia gak suka klo saya itu deket2 sm cowok lain. tp udah saya lakuin:’ tetep
    aja dia selalu blg km gabisa berubah dan sy bingung.. dia memutuskan cinta saya:'( padahal masihhhh sayangg bangettt sm dia. sehabis diputusin sy ngomong ke dia klo sy itu menyesal udh nyia nyiain dirinya.. tp setiap sy chat dia dia selalu membalas chat saya. dan apakah dia msh mau menjalin cinta lg sm sy? apa yg harus sy lakukan agar ia kembali?:(

  23. Bagaimana jika mantan punya pemikiran bahwa kita belum move on tapi kita yakin bahwa kita sudah move on namun ia tak percaya kita move on dengan cepat

    1. :) capek memang melayanin sosok yang sudah trust sama orang.
      pilihannya, bisa ganti, atau sabar pelan pelan dengan banyak pembuktian.

      paling simpel, buktikan komitmen dengan pernikahan.

  24. Saya pacaran sudah 4 tahun, tapi dia selingkuh dengan cewe yg dulu pernah dia kenal sebelum kenal denganku. Dan dia sekarang malah memilih cewe selingkuhannya. Apakah ada penyesalan dia di kemudian hari, dan bagaimana cara supaya dia mengemis meminta balikan kepada saya?

  25. Pak mario kalau jika ada seseorang yang ingin kita perjuangin dan ingin kita berikan kebahagiaan dalam suka maupun duka tapi dia menyakiti kita lebih memilih sseorang yang memberikan kesenangan sesaat, apa dia akan menyesal? Dan kita harus bagaimana apa kita harus tetap memperjuangin atau berhenti melihat dia bahagia

  26. Saya udah 1 bulan putus sama pacar saya, tapi saya belum bisa melupakannya bahkan saya belum ikhlas dia putus dari saya karna saya udah nyaman dan sulit mencari lelaki seperti dia jadi saya harus gimana pak ?

  27. Saya pacaran uda 4bln, tapi selama ini saya dibohongin trnyta dia masi sayang sama mantannya.. Dan dy membagikan syangnya ke saya dan mantannya. Mana ada sih cwe yg mau digituin?? Saya harus gimana ?? :(

  28. Saya pacaran udh hampir 6 tahun , pacar saya udh selingkuh 2 kali itu pun sama org yg sama !! Kadang kalau lgi bersama dia selalu mengingat mantanx dia ,, pernah juga saya membalas dgan selingkuh juga . Tpi setelah lama brpisah dia minta balik . Dan saya mau aja kasih kesempatan lgi !! Gk tau knpa belakangan ini muncul pikiran yg dlu2 dia lakukan , apa lgi selingkuh dgan sang mantanx . Gimana dong apa yg harus saya lakukan ??

  29. sya pacaran sdh 4tahun lebih sma diq , dlu sya berjuang mendapatkan hatinya atelah semua yg sya inginkan terwujud , sekarang dia kembali menjadi sosok seperti 4tahun lalu ,yg sangat cuek bahkan sperti menganggap sya tdk ada , jujur perasaan ini sangat menyiksa sya , sya tdk tau apa yg membuat dia berubah lagi .

  30. Sya pcran bru 6bulan, tetapi selama pcran ini sya merasa sya yg berjuang sendiri, dulu bru 10 hari pcran tepat mantannya ulang tahun dia pergi memberi suprice kepada mantannya tnpa sepengetahuan sya, lalu sebulan pertama pcran dia jujur kalau dia mash syg mantanya itu, tp sya mash memaafkannya lalu memberi kesempatan lg, tapi skrang dia mengulanginya lg, dia memakai hp dua tanpa sepengetahuan saya, lalu selama 3minggu dia jalan breng mantannya itu, sampe dia lupain saya, sampe dia blg kemantannya bhwa saya dgn dia sudah putus, tp saya mash memaafkannya dan dia memilih sya saat mamanya menyuruh milih antara sya dgn mantannya, sya mau tanyak apakah dia bener2 sayang dan cinta sama saya? Apakah sya harus bertahan lg dgn sikap dia yg dingin skrg sma sya?

    1. Dia masi ragu ka, aku jg perna ..pdhl kita uda sayang bunget ..saranku bicrakan lg, kalo aku masi brusaha lepas dr dia

  31. Move on sejatiny masalah waktu dan kemauan bukan? Pertanyaanny adalah, bagaimana carany, ataw apa kunciny u bisa tetap konsisten meng ikhlaskan semuanya. Walaupun ketika qt dalam kerinduan dan ke hampaan karna tau atw melihat dia bahagia bersama co lain?

  32. Saya sedang dekat dengan wanita….saya suka am dya tapi dya ta anggap saya apa2. Tapi klo ada apa2 dia minta ya ama saya…apapun yg dya mau .dta minta kesaya. Tpi sya bukan pacrnya…..lalu tiba2 dya bilang klo dia udah punya pacar…..trus apa salah klo saya marah dan mngambil apa yg saya kasih selma ini am dya

    1. itu namanya dirimu masuk jebakan friendzone :).
      di ikhlaskan aja, jangan di ulangi.

      sibuk karir aja, kalau dah sukses, cewek baik tinggal kita pilih.

  33. Saya sudah setia dengan seseorang.tetapi dia menghianati saya.itu sudah yang ke 5 kalinya.saya selalu mengalah.jika saya pergi dia mengajak untuk kembali,tapi dia masih melakukan hal yang sa a seperti dulu, berkhianat lagi dengan wanita yg sama.saya tidk tahu apa mksdnya

    1. keledai saja tidak terjatuh di lobang yang sama.
      jika lebih pintar dari keledai, please.. sadarlah.

  34. Kalau selingkuh dibalas selingkuh itu gimana pak…? Saya adalah pihak yg dibalas selingkuh… Rasa sakit n kehilangan kepercayaan begitu menghantui, karena ternyata semua perbuatan baik dan semua pemaafan darinya hanyalah tipu daya agar saya kembali ke pelukannya kemudian dia melakukan pembalasan dendamnya…? Saya tidak pernah menyangka dia bisa melakukan seperti ini, karena menurutku dia cowo baik2, tapi ternyata begini akhirnya..

    1. fokus untuk lakukan hal hal yang baik saja.
      punyailah goal yang dikejar, agar sibuk ke pencapaian goal itu
      bukan sibuk dengan hal remeh.

  35. Saya sdah 3 thun pcran nmun tdak prnah d knlkan pda org tua ny krna wktu ny blum pas ktany,
    Dia trlalu overprotektif kpada saya tpi dia jga sring slingkuhi saya jdi skrang saya harus bgaimana ap yg dpat saya lakukan mhon jawabanny y pak.

  36. saya udh pcaran 1 thun semula orang tua saya merestui hbungan kami , tapi 5blan ini orang tua sya melarang hbungan kami karna pcar saya dulu sering nyakitin saya selingkuhin saya bhkan prnah chatan sma sodara saya tapi dia sllau minta maaf dan brjnji akn berubah, saya slalu ngasih ksempatan ke dya smapai saat ini saya msih brhbungan dngan pcar syang walaupun diem”man, tapi saya ngerasa kalau pcar saya blum brubah, pa mario tegus apa yg hrus sya lakukan: )

    1. umur masih terlalu muda, sibukan untuk kejar prestasi.
      jodoh baik akan datang ke orang orang yang sibuk berbuat kebaikan.

  37. Ada nih pak tetangga saya ngak tau ngapa kayak benci bener dngn saya ngurusin orang ja kerja nya kadang sampe kesel salah saya apa tolong kak

  38. dia dah janji sama saya kalo dia sayang sama saya.dan dia sudah rela ninggalin pcarnya demi saya.tpii karna ibu nya menginginkan balik sama mntan nya tuu dia ngikutin kta ibunya buat blik .pdahal saya sdah teerlanjur sayng sama dia dan dia jg dah beri hrapan ke saya saya jga rela jauin orang2 yg ingin dket sma saya.tapi mudah kli dia ninggalin saya bgitu saja.sya jdi benci sma diaa tapi rasa sedih t masii ada
    gmna caranya buat ngelupain dia .soalnyaa satu sekolahh juga .agak susah lupainnya .bantuu saya,apa yg hrus sya lakukan???

    1. sabar. sebentar lagi lulus. tak mungkin sekolah disitu terus kan? :D
      perluas pergaulan sosialmu, melupakan itu cuman urusan nambah kenalan baru, lokasi baru, dan pengalaman baru.

  39. Saya punya teman,tapi teman saya engga suka terhadap saya karena cowok yang dia suka,suka nya sama saya,teman saya pun berkata kepada saya kalo saya telah merebutnya dari dia,setiap hari di sekolah saya selalu di cuekin selelu di bicarakan,bagaimana tidak sakit ahti coba setiap hari mendengar omongan yang kurang enak,,bagaimana saya untuk membalas perlakuan dia terhadap saya????

    1. membalas, buang buang waktu, energi, dan pikiran.
      fokus berkarya, belajar, beribadah kepada-Nya.

      tak usah terlalu menghiraukan ‘gangguan’ tak bermutu semacam itu,
      sayangi waktu dan hidupmu.

  40. saya punya tmn nama nya alfia fia tu suka banget manas2 sin saya dia juga suka sama pcr saya .cara ngadapinya nya gimn

  41. mau minta saran.. saya pacaran uda 8 tahun.. nama saya madun dan dy runny… dr sma smpe kul.. sya ditemenin dy trus 8 thn brsama… dy orangnya pendiem.. 8 thn aja sy masih kurang jelas.. dy tertekan dngn ekonominya.. dy synk bngt ma ak bgtu jg ak syank bngt… brulang kali kami brtngkar.. suatu saat saya masih kul.. smtr 4 dy g betah kerjaaa.. dy minta serius dinikahin.. dngn trpaksa ak branikan untk nanyain ortunya… tp ksepakatanya ak hrs lulus kul dlu.. stelah lulus ak minta komitmen dy… tp dy blg g siap.. dy blg gra2 ak krg dewasa… memang sblumnya smua salahku.. sering brantem dan sama2 egois.. bhkan ak kasar.. ngmngnya kmna2 smpe nyakitin dy… ak tau dia setia bngt ma ak… tp gilitan ak mau serius .. knp dy pergi… krna dlu ak labil kuliah sambil kerja.. pikiran banyak kontrol emosi kurang… shngga kt2ku nykitin dy… pdhal smua ak lakuin buat dia.. lulus krja buat dia… mngapa dy pergi…… ak intropeksi pnuh sekarang.. menebus semua kesalahanku… cm bisa diam .. takut mnyakiti orang lain lagi.. bahkan orang tua ku sendiri g ak dengarkan ketika ak skt ht .. 3-5 bln pun ak g bisa get up .. trpuruk… orang yg sll mnjadi penyemngatku hilang… gt aja.. ninggalin ak gr2 sikapku sndri… dlu trlalu posesiv memang, mengekang dan pemarah g ada baiknya ak dimatanya wesan… ak cm malu mempermalukan orangtuaku dan orang tuanya… yang dlu ak sdh bener2 tulus.. mncintainya serius mempersuntingnya skg komitmenya berubah… smpe skg sprti hdupku kosong hilang gt aj… mksih

  42. Sy pcaran udh 2 thun lbih… Tp pas ad cewe itu blik dri pondok dy lgsung ningglin aq… Tp aq blm trima aq msh syng ma dy aq hrs gmna biar dy kmbli lg aq mhon ksih sya nasehatt

    1. nasehat terbaiknya, sadari bahwa berpacaran itu dosa dan termasuk perbuatan maksiat. Fokus pada perbaikan diri, pengembangan diri secara positif. Kelak, kalau sudah waktunya Allah pasti kasih kita jodoh yang memang pas dengan diri kita.

      Imanlah kepada Allah, Allah pasti kasih yang terbaik buat yang memang baik.

  43. 3 tahun pacaran, semua udah dilalui dengan berbagai kisah, dan dalam waktu 3 tahun pun disitu juga saya merasa kecewa beberapa kali dgn sikap pasangan saya, dua kali selingkuh, dan masih saya beri kesempatan, sampai hari ini pun dia masih menyembunyikan rahasia, akan tetapi sya sekarang lebih memakai logika dalam hubungan ini , saya terus berfikir positif, loe enak yah gue yang antar jemput, gue yang biayayain banyak hal, surprise dan banyak yg tdk bisa di sebutkan, trus sekarang apa balasan nya, selingkuh : ‘) , cewe paling munafik yah luu itu

    1. bersyukurlah kalau anda sekarang diselamatkan dari hidup bersama cewek yang kurang baik.

  44. Saya baru 2bulan pacaran tapi dia suka chat sama mantan nya dan bahkan dia cht’an dngn teman saya sendiri . Tpi saya mau pisah dia nya tidak mau pak ? Bagaimana membalas nya apakah aku harus diam dan lihat kedepan nya bagaimana :’)

  45. Saya pcr an sma dy bru 5 bln tpi hub an kta ptz nyambung saat mantan.xa blng lewat fb klau dy ngajak saya brantem tpi saya hnya diam … saat tman saya blng ke pcr saya ” dy mau plih siapa saya atau mantan.xa ” mlh dy blng di fb klau dy plih mantan.xa jujur saat itu hati saya skit skali ….
    Pak mario saya hrs bagaimana ?

    1. kamu bikin pilihan sendiri atas pilihan yang lebih mantap di hatimu. nggak pacaran nggak bakalan meledak kok isi kepala kita kan? :)

  46. Saya pacaran baru 1 th sama dia,saya sudah 3x diselingkuhin,mana ada sih yg pcran diselingkuhin tetep bertahan,tpi saya trus bertahan,ssekarang baru aku merasakan rasanya sakit diselingkuhin untuk yg ketiga kalinya dia ketahuan selingkuh,tpi dia tetep memilih saya,saya bingung,bagaiman menyikapin sikap dia,saya rasannya sakit bgt,bagaiman untuk membalasnya rasa dia nyakitin saya,apa saya bersikap babydol -utopia,sama dia

    1. cara membalas terbaik ialah dengan mendiamkannya. ikuti kata mario teguh di atas. jadi orang yang lebih baik, dapatkan pasangan yang jauh lebih baik dr yang sekarang tapi NANTI. tunggu saatnyalah.

    2. Lebih baik tinggalkan sebelum menyesal.. karna kalo udh selingkuh skali pasti ttp d ulang .. lebih baik sendiri fokus pada diri perbaiki diri.. nanti jg dpt jdoh yg baik .. karna jdoh baik itu cerminkan dr kualitas diri kita sndiri :)

Apa Komentarmu tentang Bahasan di Atas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *