Select Page

Youtube lagi booming tutorial memakai jilbab modis yang disponsori oleh salah satu jilbabers community. Ehm, saya menyambut baik gerakan berjilbab yang kebetulan memang kemarin seiring dengan peringatan hari jilbab sedunia tanggal 4 september.  Hanya saja, perlu dipahami oleh muslimah sekalian bahwa semangat muslimah mengenakan jilbab harus juga diimbangi dengan kesadaran bahwa mengenakan jilbab itu sebagai wujud taqwa, bukan wujud ikuti trend mode sesaat.

Taukah dirimu, asal mula 4 september diperingati sebagai Hari Solidaritas Jilbab Internasional” (International Hijab Solidarity Day) sebab ada peristiwa apa di dunia? Ya benar, Hari solidaritas itu diluncurkan oleh lembaga Perlindungan Jilbab (Protect Hijab) yang berbasis di London, Inggris, tahun 2004 sebagai protes terhadap pelarangan jilbab di sekolah-sekolah oleh pemerintah Prancis.

Kembali ke laptop, seperti halnya perintah shalat lima waktu, berjilbab merupakan salah satu bentuk ibadah umat islam. Kita tau kalau kita shalat ada rukun, ada syarat syahnya, juga ada tuntunan detail harus memakai busana seperti apa pas shalat ada penjelasaanya dari Al Qur’an maupun hadist rasulullah. Begitu juga dalam jilbab ada norma-normanya.

Jilbab Gaul wajib mengikuti Kaidah Jilbab Syar’i

Simaklah realita cara berjilbab jaman sekarang, bagaimana cara muslimah berjilbab  lalu bandingkan dengan bagaimana jilbab yang wajib di ikuti alias jilbab syar’i.  Simaklah gambar berikut:

bagaimana berjilbab secara syar i sesuai sunnah dan rasul

Persoalan jilbab bukan sekedar menutup tubuh!

Ibarat Bumi dan Langit

Lalu harus bagaimana?

  1. Nasehat saya bagi ‘yang membuat mode’, bertaubatlah. Ajarkan kaidah berjilbab yang menjadikanmu kekasih Allah dan menjadi amal shalih yang mengantarkanmu ke syurga
  2. Nasehat bagi ‘follower jilbab modis’, alhamdulillah Allah tunjukan kamu dengan hidayah untuk berjilbab. Ayo, tambah belajar sedikit lagi :). Ketika makin syar’i, makin modis di sisi Allah

Apa pasalnya? sama sama mengenakan jilbab, ketika jilbab dengan benar, itu artinya kita mengamalkan ajaran islam. Allah melihatmu anggun mengenakan jilbab syar’i, Allah jadikan dengan kemurahanNya, sepanjang waktu ketika kau niatkan berjilbab karenaNYa, pahala yang tak berhenti. Amalan yang kaum laki laki jelas susah ikut berkompetisi di sini, nggak mungkinkan laki laki ikutan pakai jilbab? :). Ada orang lain melihatmu, terinspirasi mengenakan jilbab syar’i sepertimu, dia ikutan berjilbab, dirimu mendapatkan pahalanya. Jika sebaliknya (memaksakan diri mengenakan jilbab modis yang nggak syar’i) ? Masya Allah.. dosa demi dosa yang terjadi.

Wah, kalau gitu, mending nggak berjilbab kalau nggak siap mengenakan secara syar’i? KELIRU, pakailah jilbab agar disiapkan Allah supaya lebih menyempurnakan jilbabnya sesuai syariah :).

So, bagaimana kita mulai mengenakan jilbab sesuai kaidah syar’i? udah sedikit aku uraikan di cara berjilbab syar’i. Semoga bisa jadi bekal belajar.