Sharing, Bagaimana Cara Mengubah Kartu 3G Axis Menjadi 4G?

Sharing, Bagaimana Cara Mengubah Kartu 3G Axis Menjadi 4G?

AnjrahUniversity.com – Semangat pagi, Kita pagi ini share yang ringan saja, bagaimana cara mengubah kartu axis 3g ke 4g. Sudah pada tahu kah? Saya yakin sebagian belum. Oke, cek paparan lengkapnya.

Sadarkah kamu jika teknologi semakin memudahkan aktivitasmu? Apalagi dengan adanya bantuan internet yang membuat teknologi berjalan dengan sangat baik. Keberadaan internet pun seringkali dibutuhkan untuk menggunakan ragam teknologi yang berkembang sekarang ini.

Internet dikenal masyarakat sebagai jaringan yang membantu proses penyediaan informasi. Jaringan ini juga mengalami perkembangan, hingga saat ini masyarakat mengenalnya sebagai jaringan 4G.

Jaringan 4G (fourth generation) merupakan generasi keempat dari GPRS (General Packet Radio Service). Jaringan ini merupakan pengembangan jaringan sebelumnya, yaitu 3G. Kini 4G digunakan sebagai standar komunikasi oleh hampir seluruh jaringan telekomunikasi di dunia.

Meski kehadiran jaringan ini belum merata di seluruh Indonesia, kini hampir seluruh operator telekomunikasi di Tanah Air sudah menggunakan jaringan ini. Bahkan operator-operator tersebut mulai mengimbau para pelanggannya untuk menggunakan jaringan 4G pada ponsel yang mereka gunakan.

Axis adalah salah satunya.

Sejak 2016 silam, operator ini mulai memperkenalkan jaringan 4G terbaru kepada pelanggan setianya. Para pelanggan kini bisa mengganti kartu seluler 3G yang mereka gunakan menjadi 4G, dengan cara yang mudah dan gratis.

Cara Setting 3G Axis Menjadi 4G

(sumber: axisnet.id)

Namun, bagaimana cara mengaktifkan 4G Axis? Nah, jika kamu adalah pelanggan Axis yang masih menggunakan kartu berjaringan 3G, maka kamu perlu membaca tulisan ini. Pasalnya, dalam tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti kartu seluler 3G menjadi paket 4G axis tanpa perlu meminta bantuan operator.

Tapi, sebelum mengarah ke sana, mari kita bahas terlebih dahulu, apa saja perbedaan mendasar antara kedua jaringan tersebut.

Perbedaan 3G dan 4G

Jaringan 3G sudah hadir sejak tahun 2000-an. Jaringan ini tentu telah mendukung proses pengunduhan dengan maksimal. Namun, kamu akan merasakan perbedaan jika sudah menggunakan jaringan 4G.

Dengan jaringan 4G, proses unduh dan unggah yang dilakukan akan lebih cepat dan mudah ketimbang menggunakan jaringan 3G. Bahkan jaringan terbaru ini bisa digunakan dengan kecepatan hingga 185 Mbps saat mengunduh dan 41 Mbps saat mengunggah.

Cara mengaktifkan 4G Axis paket 4G axis terbaru

Sumber gambar: ciricara.info

Jaringan ini akan memudahkan kamu menangkap data gambar atau suara. Hasil yang didapatkan pun sangat maksimal dibandingkan saat kamu menggunakan jaringan 3G.

Menjelajahi jaringan 4G dengan operator Axis bisa kamu lakukan hanya dengan menyalakan paket internet di ponselmu. Namun pastikan kamu memiliki sejumlah pulsa sehingga memudahkan kamu mendapatkan pengalaman menarik saat menggunakan jaringan tersebut.

Jika kehabisan, pulsa tersebut bisa kamu dapatkan lewat transaksi secara daring. Salah satunya melalui halaman Traveloka.com. Selain itu kamu juga bisa mendapatkannya langsung dari aplikasi terbaru Traveloka.

Cara Mengaktifkan 4G Axis dan Tutorual Setting 4G Axis

Sebelum kamu menggunakan jaringan 4G, pastikan kamu telah mengganti kartu operatormu. Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kartu 4G tanpa harus mengubah nomor telepon selulermu, yakni:

1. Menghubungi *123*46#


Penting halnya buat kamu untuk menghubungi nomor ini. Ketik *123*46# pada layar ponsel. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi di layar ponsel. Pilihlah menu layanan “Upgrade Kartu ke 4G”. Selanjutnya akan ada permintaan konfirmasi dan balas dengan angka “1” yang berarti “Ya”.

2. Konfirmasi Penting


Pasca balasan tersebut, kamu masih harus melakukan konfirmasi sesuai aturan yang tertera pada layar ponsel. Kamu cukup membalas dengan “Ya”. Selanjutnya akan tampil notifikasi yang menjelaskan proses lanjutan yang perlu kamu lakukan.

3. Cabut kartu


Setelah membaca notifikasi yang menyatakan bahwa kamu perlu mencabut kartu 3G lama dari ponselmu, maka kamu perlu untuk melakukannya sesegera mungkin. Cabutlah kartu lamamu, dan ganti dengan kartu 4G yang telah kamu beli sebelumnya. Pastikan kamu menyesuaikan ukuran kartu baru yang sesuai dengan slot kartu pada ponselmu.

4. Konfirmasi pasca upgrade


Pasca kamu mengganti kartu baru, bukan berarti kamu telah sukses melakukan proses upgrade. Kamu masih harus melakukan konfirmasi ke *123*46#. Pilih menu 2 “Konfirmasi setelah upgrade” yang tertera pada layar ponselmu. 

Setelah memilih menu 2, maka kamu akan mendapatkan notifikasi yang meminta kamu melakukan konfirmasi. Balaslah dengan 1 yang berarti “Ya” untuk melakukan  aktivitas selanjutnya.

5. Restart ponsel


Setelah membalas notifikasi tersebut, maka kamu perlu melakukan restart ponselmu. Melakukan start ulang akan membuat proses upgrade berjalan lebih cepat dan sempurna.

6. Memastikan nomor

Proses upgrade sudah selesai, hanya saja kamu tentu perlu memastikan bahwa nomor yang kamu gunakan tetaplah nomor lamamu sebelumnya. Lakukan pengecekan dengan menghubungi *123*46# dan pilih menu 5 “Info nomor”.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan informasi bahwa nomor 4G yang kamu gunakan serupa dengan nomor lamamu saat menggunakan jaringan 3G. 

Jika nomor tersebut telah sama, maka kamu bisa segera menggunakan kartu dengan jaringan 4G.

Namun, jika terjadi perbedaan, segera hubungi customer care Axis guna memudahkan kamu melakukan upgrade kartu dengan benar. Selamat mencoba Ya kawan kawan. Bagaimana apakah informasi cara mengaktifkan 4G Axis ini bermanfaat?

Apa Komentarmu tentang Bahasan di Atas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *