Akademi teknologi kulit, 75 % biaya kuliahnya ditanggung negara

::anjrahuniversity.com:: Akademi teknologi kulit (ATK) Yogyakarta sebenarnya sekolah dibawah dinas perindustrian yang sangat prospektif dimasa depan. Bagaimana tidak, kebanyakan sekolah yang berada dibawah suatu dinas, biasanya sekedar mencetak karyawan bagi dinas itu sendiri. Bukan mengarahkannya kepada area-area entrepreneurship yang berbasis kemandirian setelah mengikuti perkuliahan.

Satu-satunya perguruan tinggi dibidang perkulitan se asia tenggara

Berbeda dengan Akademi teknologi kulit yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi dibidang perkulitan se asia tenggara yang memungkinkan sekali para alumninya nanti membuka lapangan kerja. Ya, aku pikir dari masa studinya yang juga tidak terlalu lama, pilihan jurusannya seperti teknologi bahan kulit, karet dan plastik, Teknologi pengolahan kulit, desain teknologi sepatu, serta desain teknologi kulit dan dan produk kulit mahasiswa bisa fokus mengambil spesialisasi sesuai peminatannya.

Akademi teknologi kulit, biayanya 75 % ditanggung negara, Murah banget

Dinilai dari biaya ATK Yogyakarta juga aku pikir lumayan murah. Karena enam semester pihak Akademi teknologi kulit sudah mematok biaya sekitar 10 jutaan saja. Bisa dibandingkan dengan sekolah sekolah lain yang baru biaya masuknya saja sudah diharga sekitar lima sampai enam jutaan. Harga yang pantas bagi sebuah skill yang benar-benar bisa diterapkan sepanjang hidup. Wah daripada kuliah-kuliah secara umum, mending ambil jurusan yang beginian aja yang mengarah pada kesempatan berwirausaha.

Jurusan ATK dari tahun ke tahun 

Atas dasar Kepres 15 Tahun 1974 tersebut diatas, kemudian ditindak lanjuti dengan Keputusan Bersama antara Menteri Perindustrian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 276/M/SK/VI/1981 0187/0/1981 tanggal 6 Juni 1981, tentang Penetapan ATK yang berada dibawah pengelolaan Departemen Perindustrian, merupakan Lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang menyelenggarakan Program Diploma Tiga (D.III) bidang Teknologi Kulit. Pembinaan lebih lanjut terhadap ATK dilimpahkan pada Perguruan Tinggi Pembina setempat yaitu Univeritas Gajah Mada Yogyakarta. Sampai dengan tahun Akademik 1998/1999 ATK mempunyai 3 (tiga) Jurusan/Program Studi, yaitu:

  • Teknologi Bahan Kulit, Karet dan Plastik
  • Teknologi Pengolahan Kulit
  • Teknologi Barang Jadi

Namun sesuai dengan Kebijakan Departemen Perindustrian dan Perdagangan, melalui pengarahan dari Kepala Pusbinlat Departemen Perindustrian dan Perdagangan, maka pada tahun Kuliah 1999/2000 ATK kembali ke “Core Education” semula yaitu peninjauan kembali jurusan, penyempurnaan kurikulum serta menetapkan bahwa mulai tahun akademik 1999/2000, ATK memiliki 2(dua) Jurusan/Program Studi, yaitu:

  • Teknologi Proses Pengolahan Kulit
  • Desain dan Teknologi Sepatu/Produk Kulit

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, maka mahasiswa yang telah lulus pendidikan di ATK berhak mendapat sebutan Ahli Madya Teknologi Kulit (A.Md TK).

Kemudian menjawab kebutuhan spesifikasi unggulan yang akan menentukan kualitas lulusan, mulai tahun 2004 diterapkan Kurikulum Baru Berbasis Kopetensi yang mengacu pada Keputusan Mendiknas Nomor: 232/U/2000 dan 045/U/2002, serta untuk memenuhi kebutuhan industri dilakukan perubahan dan pengembangan program studi menjadi empat (4), yaitu :

  • Teknologi Bahan Kulit, Karet dan Plastik
  • Teknologi Pengolahan Kulit
  • Desain dan Teknologi Sepatu
  • Desain dan Teknologi Produk Kulit

Sumber: www.atk.ac.id dan wikipedia

Cek, LIST SEKOLAH KEDINASAN LAINNYA.

2 Comments

  1. saya Vitaloka, saya Mahasiswa Baru ATK Yogyakarta tahun 2015. saya mau tanya apakah lulusan ATK bisa bekerja di BUMN ? Jika bisa apakah harus dites terlebih dahulu atau langsung. terima kasih

    1. biasanya akan mempergunakan seleksi. tetap memakai seleksi. kalau yang langsung diterima namanya ikatan dinas, tp saat inih udah jarang.

Apa Komentarmu tentang Bahasan di Atas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *