Sarjana Psikologi, Prospek Bisnis atau Kerjanya Apa?

Kalau ditanya, Apa Prospek Kerja sarjana Psikologi, jawabku, "setiap area kerja yang masih ada manusianya, butuh psikologi". Maksudnya apa? Ilmu psikologi merupakan ilmu yang sangat luas dan membicarakan bidang hidup manusia sejak dari bayi sampai meninggal dalam segala aspeknya. Maka, nggak ada cerita bahwa sarjana psikologi bakalan habis bidang garapannya.

Bahkan dalam tataran bisnis, ada banyak sekali ranah yang bisa dijadikan area bermain para sarjana psikologi. Bukan sekedar area Ke-HRD-an atau personalia saja, bisa juga jasa merekrut karyawan, tes psikologi, tim outbond, jasa servis marketing, pelatihan, sampai penggunaan psikologi dalam bidang-bidang professional seperti saat sesi konsultasi pasien-pasien yang butuh suppot psikologis khusus menjelang operasi medis besarnya. Minim-minimnya bisa bisnis sales letter yang mempunyai daya persuasi tinggi pun mampu.

Bidang-bidang Professional Sarjana Psikologi

Perlu diketahui, lulusan S1 Psikologi belum memiliki gelar sebagai seorang psikolog, namun sarjana psikologi. Ya persis seperti orang yang kuliah di kedokteran umum lulusan S1-nya itu baru S. Ked alias Sarjana Kedokteran saja, belum menjadi seorang dokter. Posisinya, kalau sudah menjadi sarjana kedokteran ingin mendapatkan gelar profesi psikolog ialah melanjutkan pendidikan S2 / magister mengambil jurusan profesi (M.Psi) jangan yang jalur ilmu psikologi yang dulu gelarnya M.Si (sekarang M.A).

Bidang Professional yang biasa dipegang oleh para psikolog secara umum dibagi dalam bidang seperti bidang pendidikan, klinis, industri, perkembangan, dan Sosial. Kalau bidang pendidikan psikolog biasa dijadikan tempat curhat bagaimana mengatasi anak yang susah belajar, lambat belajar, tanya tips bagaimana anak agar bisa lebih smart, serta pengelolaan bekal kecerdasan anak itu sendiri.  Selain itu psikolog juga dilibatkan disekolah selaku pembinaan kepribadian siswa sampai bimbingan konseling.

Bidang Industri mulai dari perencanaan penerimaan pegawai, penentuan pangkat, analisa kepegawaian, HRD, payroll, personalia, test masuk pegawai, jasa pembuatan tes masuk, psikotes, bimbingan karir, konsultasi pengembangan perusahaan, manajemen sampai bagaimana memotivasi tim melalui sesi pelatihan dan seminar secara mandiri maupun kelembagaan. Maka sudah tidak heran kalau alumni psikologi bisa mengisi training seminar-seminar motivasi, pengembangan diri, sampai pemaknaan hidup.

Bidang Perkembangan membicarakan segalanya. Mulai dari persiapan ibu selama kehamilan, menjelang anak lahir, fokus pada perkembangan janin di dalam rahim ibu, sampai nanti perawatan gerontologi bagi eyang kakung kita di panti jompo atau bilik rumah kita.  Bidang psikologi perkembangan merupakan bidang yang sangat terkenal sebab dikit dikit mengatakan development task manusia usai ini itu adalah yang begini dan begono.

Terakhir, psikologi Sosial. Pengelolaan bagaimana mengelola massa yang sedang berdemo membutuhkan masukan dari para ahli psikologi sosial. Psikolog sosial juga dilibatkan saran dan usulannya agar bisa efektif dalam penanganan kasus sosial seperti masalah pelacuran, tawuran, premanisme, aneka kerusuhan, sampai bagaimana community development bisa berkembang secara sukses saat temen-temen mau mengorganisir masyarakat baik di kota maupun di pedesaan.

Yah, intinya banyak bidang garapan sarjana psikologi, magister, maupun doktoral asal dia mau pakai ilmunya berpikir secara divergen dalam melihat bejibun peluang yang bisa digarap. :).. Jia Yo, salam dari Alumnus Psikologi Undip 2004 hehe

Suka Artikel ini? Dapatkan Updatenya GRATIS via Email!
author
Aku Geek Psikologi. Trainer. Pembicara Publik. Passionku sekarang utak atik wordpress dan Jualan Melalui Internet. Pastikan Like Fanspage Kami ya di Fanspage Anjrah University agar bisa terus dapat info terbarunya. Makasih.
3 Responses
  1. author

    nurhasanah2 years ago

    “setiap area kerja yang masih ada manusianya, butuh psikologi”. jaban yg cerdas. saya setuju. krn sy jg menjab seperti itu u/ pertanyaan yg sama.

    Reply
  2. author

    Sienta2 years ago

    apa aku juga bisa melanjutkan kejenjang perkuliahan dengan mengambil jurusan psikologi?

    Reply

Leave a reply "Sarjana Psikologi, Prospek Bisnis atau Kerjanya Apa?"